Dinamika Perubahan Kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Lirboyo Al-Mahrusiyah Kediri
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menjelajahi dinamika perubahan kurikulum di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Lirboyo Al-Mahrusiyah Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan desain penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum sejak tahun ajaran 2014-2015 hingga tahun ajaran 2017-2018 mengarah pada perbaikan struktur mata pelajaran dalam bentuk penambahan mata pelajaran pada tingkat Tsanawiyah dan Aliyah. Peningkatan kuantitas mata pelajaran pada kedua tingkatan itu memiliki dampak pada problem waktu belajar. Alternatif yang diambil madrasah diniyah untuk mengatasi problem itu sekaligus meningkatan kualitas pembelajaran ditempuh melalui kebijakan baru dengan mendirikan forum musyawarah madrasah diniyah dan Lajnah Bahtsul Masail (LBM). Proses perubahan kurikulum berlangsung secara bertahap berdasarkan hasil evaluasi yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun ajaran.
References
Brosur Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Tahun Ajaran 2018/2019
Chiari, Nisrina Nur. Wawancara. Kediri 4 Desember 2018.
Fikri, Lutfi Najamul. “Dinamika Peninjauan Kurikulum Madrasah Diniyah Tarbiyatul Athfal (MDTA) Gontor”, Muslim Haritage, Vol. I, No. 2 (2016).
Fuad, Jauhar. “Pelaksanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas Katolik (SMAK) St. Albertus Kota Malang (DEMPO).” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 19, no. 1 (2008). https://doi.org/10.33367/tribakti.v19i1.114.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hidayat, Rakhmat. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Khudrin, Ali. “IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PADA MADRASAH DINIYAH AL-AZIZ PONDOK PESANTREN NURUL BUDA II KABUPATEN SLEMAN D.I. YOGYAKARTA.” Analisa: Journal of Social Science and Religion 15, no. 02 (2008): 19–34. https://doi.org/10.18784/analisa.v15i02.331.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi. 4th ed. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
———. Kurikulum Dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Nuha, M. Ulin. Wawancara, Kantor Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah Kediri, 8 Desember 2018.
Penyusun, Tim. Buku HSPK (Hasil Sidang Panitia Khusus) Tahun Ajaran 2014-2015. Kediri: Madin Al-Mahrusiyah Putri, 2014.
_______. Buku HSPK (Hasil Sidang Panitia Khusus) Tahun Ajaran 2015-2016. Kediri: Madin Al-Mahrusiyah Putri, 2015.
_______. Buku HSPK (Hasil Sidang Panitia Khusus) Tahun Ajaran 2016-2017. Kediri: Madin Al-Mahrusiyah Putri, 2016.
_______. Buku HSPK (Hasil Sidang Panitia Khusus) Tahun Ajaran 2017-2018. Kediri: Madin Al-Mahrusiyah Putri, 2017.
_______. Buku HSPK (Hasil Sidang Panitia Khusus) Tahun Ajaran 2018-2019. Kediri: Madin Al-Mahrusiyah Putri, 2018.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam.
Shofa, Rizka Amalia. “Kurikulum dan Dinamika Perubahannya di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia Yogyakarta”, Jurnal Menajemen Pendidikan Islam, Vol. I, No. 1, (2016).Suharto, Toto. “Transnational Islamic Education in Indonesia: An Ideological Perspective.” Contemporary Islam 12, no. 2 (July 2018): 101–22. https://doi.org/10.1007/s11562-017-0409-3.
Umam, Khoirul. “Dinamika Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Multi-Situs Di Kabupaten Jombang).” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 6, no. 1 (May 29, 2018): 1–24. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.1-24.
Wahidah, Nur. Wawancara, Kantor MTs Al-Mahrusiyah Kediri, 13 November 2018.
Copyright (c) 2019 Mayashofa Rhoyachin, Siti Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.