Peran Sekolah Alam Cordova Terhadap Dinamika Keagamaan Masyarakat Kota Probolinggo

  • Moch. Mukhlison Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Moderatisme, Pendidikan Islam, Konservatisme

Abstract

Penelitian tentang gerakan radikalisme dalam dunia pendidikan semakin menguat selama dua dekade terakhir ini. Sebanyak penelitian yang ditemukan, hasilnya adalah proses infiltrasi ideologi pendidikan melalui komponen-komponen penting pendidikan, misalnya bahan ajar, guru dan kegiatan ekstrakurikuler. Sangat jarang penelitian mengakaji ideologi lembaga pendidikan secara utuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berperspektif ideologi pendidikan Narasumber yang dijadikan diwawancarai adalah Ketua Lembaga Dakwah Nahdhotul Ulama (LDNU) Kota Probolinggo, Kementrian Agama (Kemenag) Kota Probolinggo dan mantan pengelola Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong Kabupten Probolinggo. Hasil penelitian ini menemukan Sekolah Alam Cordova berideologi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Identifikasi tentang penyebaran ideologi radikalisme tertera tujuan pendidikan Cordova adalah mencetak Khalifatullah fil ardhi yang berakhlaq mulia. Tujuan tersebut sama persis seperti yang terdapat dalam buku Makalah Muktamar Tokoh Umat Islam 1437 H bertema Syariah dan Khilafah Mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin. Dalam Bagian 5 menjelaskan, konsep Islam Rahmatal Lil ‘Alamin hanya bisa ditetapkan oleh orang yang memeluk Islam secara kaffah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

---------. What Happened to the Similing Face of Indonesian Islam? Muslim Inttelectualism and the Conservative Turn in post Suharto Era. Singapore: RSIS, 2011.

Gunaratna, Rohan. Global Threat Forecast. Counter Terrorist Trends and Analyses: A Journal of the International Centre for Political Violence and Terrorism Research ,10/1, RSIS Singapore, 2018.

Hasan, Noorhaidi. Islamizing Formal Education: Integrated Islamic Schools and a New Trend of Islamic Education Institution in Indonesia. Singapore: RSIS, 2009.

Hasniati. Analisis Muatan Radikalisme pada Buku Teks Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA (Analysis of the Contents of Radicalism in the Text Books of Islamic Education for Highschool). Thesis Submitted to the Faculty of Education, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia, 2017.

Hefner, Robert W. Civil Islam. New Jersey: Princeton University Press. 2000.

Keputusan Meteri Agama RI No. 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah

Lukens-Bull, Ronald A. A Peaceful Jihad: Javanese Islamic Education and Religious Identity Construction. Unpublished Dissertation. Arizona State University, Arizona, USA, 1997.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah).

Published
2018-07-31
How to Cite
Mukhlison, M. (2018). Peran Sekolah Alam Cordova Terhadap Dinamika Keagamaan Masyarakat Kota Probolinggo. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 407~424. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.605