Analisis Konsep Bisyarah Pada Jamaher Network dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Abdur Rohman Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Konsep Bisyarah, Jamaher Nerwork, Perspektif Ekonomi Islam

Abstract

Jika kita menengok tentang perkembangan Multi Level Marketing di Indonesia, bisa disimpulkan karena tidak lepas dari pengaruh makin berkembangnya dunia online. Perusahaan dengan landasan Multi Level Marketing (MLM) dimana dulu hanya bergerak secara offline, sekarang sudah mulai merambah untuk memasarkan secara online. Bahkan pencatatan member yang dulu dilakukan secara manual sekarang sudah beralih serba otomatis yang dikerjakan dengan sistem mesin. Sedangkan kegiatan MLM offline hanya sebatas seminar-seminar atau iklan melalui media cetak.  Banyak keuntungan yang didapat sebuah perusahaan MLM dengan menggunakan sistem online. Dengan adanya sistem online member dapat mengakses dari manapun, dan juga member yang bergabung tidak hanya berasal dari perusahaan MLM itu berada. Tetapi member dari berbagai daerah juga dapat bergabung disini. Antara member upline dan downline juga belum tentu pernah bertatap muka. Jika kita menyimak hal tersebut bisa dikatakan jika perkembangan Multi Level Marketing di Indonesia makin berkembang secara pesat di iringi dengan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah MLM jamaher, pihak ini menyebut bahwa selain MLM (Multi Level Marketing juga bermakna Multi Level Muamalah. Oleh karena peneltian ini menarik untuk  dikaji lebih dalam terkait dengan sytem plan atau marketing www.jamaher.network dalam prespektif ekonomi Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewan Syariah dalam MLM diambil dari http://www e-syariah.com Diakses pada tanggal 27 Maret 2016

Fatwa DSN MUI Praktek Perbankan Syariah dalam http://pengusahamuslim.com/fatwa-dsn-mui-145 Diakses pada tanggal 27 Maret 2016

Harefa, Andreas. 1999, Multi Level Marketing, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,

Jurnal Dirosah Islamiyah, Menyoal Kehalalan Bisnis MLM, Jakarta, Vol.1 No.1 tahun 2003

Rachmat Syafei, Ilmu Ushul Fiqh, Pustaka Setia, Bandung, tahun 1999

Yusuf, Tarmidzi. Strategi MLM Secara Cerdas dan Halal, Cet I, Jakarta: PT: gramedia, 2002

Sayyid Sabiq. Fiqih As-Sunnah, vol. III

As-Syawkani, Nayl al-Awthar, Dar al-Jil, Beirut, 1973, Jilid V

Published
2016-09-05
How to Cite
Rohman, A. (2016). Analisis Konsep Bisyarah Pada Jamaher Network dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(2), 329 ~ 347. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i2.272