Revitaslisasi IPS dalam Perspektif Global

  • Miftahuddin Miftahuddin Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Revitalisai IPS, Perspektif Global

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingtanya revitalisasi IPS dalam perspektif global. Pembaruan kurikulum yang signifikan sebagai jawaban atas Perubahan masyarakat yang begitu cepat sebagai dampak dari kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi, membawa akibat positif dan sekaligus akibat negatif bagi kehidupan. Hingga kini, peran lembaga pendidikan masih tetap menjadi tumpuan harapan yang dapat membawa pencerahan bagi masyarkat yang mengalami perubahan. Namun tidak bisa dipungkiri pula bahwa lembaga pendidikan selalu tertinggal oleh kemajuan yang dicapai masyarakat. Akibatnya lembaga pendidikan perlu melakukan penyesuaian-penĀ  yesuaian terhadap semua perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Tujuan pendidikan IPS adalah mensinergikan berbagai mata pelajaran menjadi kecakapan hidup yang diperlukan peserta didik .Oleh karena itu maka dalam mata pelajaran IPS terdiri dari berbagai ilmu-ilmu sosial, dan ilmu-ilmu sosial itu harus direvitalisasi sedemikian rupa agar mudah dipelajari atau difahami oleh siswa seseuai dengan tingkat perkembangan psikologisnya di sekolah dengan cara menyajikan topik atau tema pelajaran dengan isu-isu yang menrik seperti Hormat pada Guru, Perilaku Nyontek dan Akibatnya, Masalah Narkoba, Tawuran Antar Pelajar, Disiplin. Korupsi, Kulalitas Generasi Muda, Penggunaan Internet, Disiplin dan Etos Kerja, Memelihara Budaya Lokal, Permasalah Orbanisasi, Sektor Informal. UKM dan Globalisasi Trafficking, Global Warning, Pelestarian Lingkungan Hidup Kepedulian Sosial, Bencana Alam, dan lain sebagainya.

Published
2016-09-05
How to Cite
Miftahuddin, M. (2016). Revitaslisasi IPS dalam Perspektif Global. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(2), 267 ~ 284. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i2.269

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.