MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK INTEGRATIF PENDIDIKAN DASAR

  • Dianis Izzatul Yuanita Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Pengembangan, Kurikulum Tematik Integratif, Pendidikan Dasar

Abstract

Tujuan pendidikan ialah perubahan yang diharapkan pada subjek didik setelah mengalami proses pendidikan baik tingkah laku individu dan kehidupan pribadinya maupun kehidupan masyarakat dari alam sekitarnya dari alam sekitarnya dimana individu itu hidup. Adapun tujuan atau cita-cita pendidikan antara satu negara dengan negara lain itu berbeda. Hal ini disebabkan karena sumber-sumber yang dianut sebagai dasar penentuan cita-cita itu berbeda.Tujuan pendidikan yang kita harapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang berlangsung lama dan sangat komplek yang mana di dalam pendidikan menunjukkan proses bimbingan terhadap siswa. Keberhasilan mengajar guru tidak hanya ditentukan penguasaan pengetahuan guru tentang ilmu yang diajarkan tetapi ditentukan faktor-faktor antara lain: tujuan, metode dan cara menerapkan dalam proses belajar mengajar. Karena masing-masing metode mengajar mempunyai kelemahan dan kelebihan maka untuk mencapai hasil yang memuaskan antara metode yang satu dengan metode yang lain perlu panduan mengajar yang tepat, sehingga diharapkan kelemahan metode mengajar yang satu akan tertutup oleh metode yang lain.

References

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Rangkuman Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP. 2006.

Fridani, Lara dan Ape Lestari. Inspiring Eduction; Kisah Inspiratif Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2009.

Hajar, Ibnu.. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik Untuk SD/MI. Jakarta: Diva Press. 2013

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2006.

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2007.

Isjoni. Membangun Misi bersama (Aspek-Aspek Penting Dalam Reformasi Pendidikan). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2006.

Koran Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Edisi 24/ 24 Januari-10 Pebruari 2013. Tulungagung: Gerbang Mas.

Mangunwijaya, Forum. Kurikulum yang mencerdaskan Visi 2030 Dan Pendidikan Alternatif. Jakarta: Buku Kompas. 2008.

Narsoyo Reksoatmodjo, Tedjo. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT Refika Aditama. 2010.

Nurgiyantoro, Burhan. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah (Sebuah Pengantar Teoretis dan Pelaksanaan). Yogyakarta: BPFE. 2008.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press. 2011.

Syaodih Sukmadinata, Nana. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2002.

Published
2016-01-05
How to Cite
Yuanita, D. I. (2016). MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK INTEGRATIF PENDIDIKAN DASAR. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 188 ~ 207. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.265