URGENSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

  • Yasin Nurfalah Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pendidikan

Abstract

Pendidikan karakter mempunyai makna yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Pendidikan yang berbasis karakter lebih mengarah pada penanaman kebiasaan (habituation) tentang hal-hal yang baik, sehingga seorang anak menjadi tahu mana yang baik dan mana yang salah (domain kognitif), mampu merasakan nilai yang baik (domain afektif) dan mau melakukannya (domain psikomotor). Dalam bentuk operasional pada pendidikan formal, maka berdasarkan kajian empirik pusat kurikulum, maka untuk memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter dirumuskan 18 nilai yang bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional. Yaitu: 1. Religius, 2. Jujur, 3. Toleransi, 4. Disiplin, 5. Kerja keras, 6. Kreatif, 7. Mandiri, 8. Demokratis, 9. Rasa ingin tahu, 10. Semangat kebangsaan, 11. Cinta tanah air, 12. Menghargai prestasi, 13. Bersahabat/komunikatif, 14. Cinta damai, 15. Gemar membaca, 16. Peduli lingkungan, 17. Peduli sosial, 18. Tanggung jawab.

Nilai-nilai tersebut secara teknis dituangkan dalam pembelajaran melalui rencana pelaksanaan pembelajaran yang terintegrasi ke dalam seluruh mata pelajaran. Dalam tataran praktik, jumlah dan jenis karakter yang dipilih itu berbeda antara satu daerah atau sekolah yang satu dengan yang lainnya. Hal ini disesuaikan dengan kepentingan, kondisi dan lokalitas daerah masing-masing.

References

Gunawa Heri, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012

Hamdani Hamid dan Saebani Beni Ahmad, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: CV. Pustaka Srtia, 2013

Harta, Idris, Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Artikel diakses dari internet pada tanggal 14 Februari 2016.

Kusuma Dharma, dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Rosdakarya, 2011

Majid Abdul dan Andayani Dian, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Maunah Binti, Ilmu Pendidikan Yogyakarta: Teras, 2010

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

Narwati Sri, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Familia, 2011

Sudarsono, J. Pendidikan, Kemanusiaan dan Peradaban. Dalam Soedijarto (Ed.). Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita,Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2008

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013

Published
2016-01-05
How to Cite
Nurfalah, Y. (2016). URGENSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170 ~ 187. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264