PENERIMAAN MASYARAKAT KEDIRI PADA ACARA MBAHKARSO DI KSTV KEDIRI

  • Amalia Rosyadi Putri Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Analisis Resepsi, Bahasa Verbal Non Verbal, Program Acara

Abstract

Penelitian berjudul Penerimaan Khalayak terhadap Bahasa yang digunakan Mbah Karso dalam Program Acara www. mbah karso. com di KSTV Kediri . Www.Mbah Karso.com adalah program acara di KSTV. Bahasa verbal dan non verbal yang digunakan dalam program acara www. mbah karso. com dipilih sebagai objek penelitian karena program tersebut merupakan acara talkshow menggunakan bahasa campuran (Jawa ngoko dan Bahasa Indonesia).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan khalayak Kediri terhadap bahasa yang digunakan Mbah Karso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode analisis resepsi (reception analysis). Analisis resepsi digunakan untuk mendeskripsikan sikap, persepsi, dan penerimaan khalayak terhadap bahasa verbal dan non verbal yang digunakan Mbah Karso. Subyek penelitian ini adalah khalayak Kediri penonton acara www. mbah karso. com dengan latar belakang pendidikan, ekonomi, kelas sosial dan jenis kelamin yang berbeda.

Hasil penelitian menunjukkan ada tiga kategori penerimaan khalayak, penonton usia 20 35 tahun berada pada kategori dominan setuju dengan tayangan tersebut. Masyarakat yang berprofesi sebagai pengajar pada kategori negosiasi. Guru bahasa jawa pada kategori oposisi yaitu menolak penggunaan bahasa Jawa ngoko.

References

Buku:
Aryani, Kandi. Analisis Penerimaan Remaja terhadap Wacana Pornografi dalam Situs- Situs Seks di Media Online. Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik. Tahun XIX. Nomor 2,April.ISSN 0216-2407.Surabaya:FISIP Unair. 2006.
Denzim, Norman K dan Lincoln Yvonna S. Handbook of Qualitatvive Research (Edisi Bahasa Indonesia).Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009
Jensen, Klaus Bruhn. ”Media Audience, Reception Analysis: Mass communication as The social Production of meaning” In a handbook ofQualitative Methodologies for Mass Communication Research,Edited by Klau Bruhn Jensen and Nicholas W. Jankowski. London : Routledge. 2002.
Rahmad, Jalaludin. Psikologi Komunikasi, Edisi kedua puluh empat.Bandung: Remaja Posda Karya 2007.
Internet:
http:// tvkuindo.wordpress.com/ledakan –jumlah-stasiun-televisi –swasta-di-
indonesia/, Di akses 26 Oktober 2014
http://lass.purduecal.edu/cca/gmj/sp03/gmj-sp03-moran.htm, diakses tanggal 12 September 2014
http://www.kapanlagi.com/showbis/televisi/53-statiun -tv-baru-ajukan-ijin-siaran hx69ss2.html,Diakses 26 Oktober 2014
http://www.mbahkarso.com/search/label/acara%20tv, di akses 10 September 2014.
http://www.slideshare.net/andreyuda/media-dan-budaya-populer), diakses 29 Desember 2014
indonesia/, Di akses 26 Oktober 2014
Www.kstv.co.id, di akses tanggal 12 september 2014
www.kstv.co.id,di akses 10 September 2014
Www.wikipedia.com yang di akses tanggal 25 Oktober 2014
Published
2016-01-05
How to Cite
Putri, A. R. (2016). PENERIMAAN MASYARAKAT KEDIRI PADA ACARA MBAHKARSO DI KSTV KEDIRI. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 65 ~ 83. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.259