Efektifitas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren

Keywords: Efektifitas, Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan Islam, Pesantren

Abstract

Artikel ini membahas bagaimana efektifitas kepemimpinan lembaga pendidikan Islam konteks pesantren (khususnya di Jawa). Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan dengan lembaga pendidikan Islam selainnya. Diantara perbedaan tersebut ialah fenomena perilaku kepemimpinan yang dianut oleh pesantren, dimana kepemimpinan pesantren sangat terkesan ottoriter-patternalistik, yaitu kepemimpinan yang semua keputusannya terpusat pada fatwa seorang kyai dan hubungan kyai dan bawahan menunjukkan sifat kekerabatan.

Kerangka teoritik sebagai pisau analisis dalam artikel ini adalah pendekatan manajerial grid, dimana kepemimpinan berkecenderungan pada dua hal, yakni hasil produksi di satu pihak dan kelompok organisasi di pihak lain.

Perilaku kepemimpinan yang dijalankan oleh seorang pemimpin pesantren cenderung menggunakan model kepemimpinan ini tergolong pada perilaku kepemimpinan yang cenderung rendah perhatiannya pada hasil sekaligus rendah perhatiannya pada kekompakan anggota. Sehingga secara rasional perilaku kepemimpinan ini sangat kurang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Ali. Pembaruan Penddikan di Pesantren Lirboyo Kediri, (Kediri : IAIT Press, 2008)

Asrohah, Hanun. Pelembagaan Pesantren; Asal-usul dan Perkembangan Pesantren di Jawa, (Jakarta: Depag RI, 2004)

Asyari, Zubaidi Habibullah. Moralitas Pendidikan Pesantren, (Yogyakarta: LKPSM, 1999)

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren; Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta; LP3ES, cet. 6, 1994)

Haedari, Amin. Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern. (Jakarta : Diva Pustaka, 2004)

Mulyani, Sri. Kepemimpinan dalam Perspektif Psikologi, (Depok; LSOD, 2010)

Rahardjo, Mudjia. Ed. Quo Vadis Pendidikan Islam: Membaca Realitas Pendidikan Islam, Sosial dan Keagamaan. (Malang : UIN-Malang Press, 2006)

Ritzer, George & Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern. terjmahan oleh Alimandan dari Modern Sociological Theory, (Jakarta: Kencana, 2004)

Steenbrink, Karel A. Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke-19, (Jakarta: Bulan Bintang, 1984)

Sukamto, Kepemimpinan Kyai dalam Pesantren, (Jakarta, LP3ES, 1999)

Susilo, Rachmad K. Dwi. Tokoh Sosiologi Modern, Biografi para Peletak Sosiologi Modern. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008)

Susilo, Suko. Memahami Kepemimpinan, (Surabaya: Jenggala Pustaka Utama, 2008)

Tjahjadi, Denny Dwi. Kepemimpinan dalam Prespektif Model, (Surabaya; Jenggala Pustaka Utama, 2010)

Turmudi, Endang. Perselingkuhan Kyai dan kekuasaan, (Yogyakarta: Elkiss, 2004)

Wahid, Abdurrahman. Pondok Pesantren Masa Depan, dalam Pesantren Masa Depan : Wacana Pemberdayaan dan Tansformasi Pesantren, (Jakarta : Pustaka Hidayah, 1999)

---------, Menggerakkan Tradisi, (Yogyakarta: L-Kis, 2001)

Wahid, Marzuki, dkk, Ed. Pesantren Masa Depan; Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesaantren. (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999)

Yukl, Gary. Kepemimpinan dalam Organisasi. terjmahan oleh Jusuf Udaya dari Leadership in Organization 3e (1994), (Jakarta: Prenhallindo, 1998)

Published
2016-01-05
How to Cite
Arifin, Z. (2016). Efektifitas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 40 ~ 64. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.258