OBLIGASI ANTARA PROFIT DAN RESIKO Sebuah Kajian Fiqih Normatif dan sosiologis

  • Ahmad Fauzi IAI-Tribakti

Abstract

Diantara salah satu bentuk investasi yang mempunyai peluang usaha yang sangat strategis buat Investor pemula adalah obligasi, ini dikarenakan investor pemula memandang risiko yang dapat dipediksi di awal dan merupakan efek pendapatan tetap, likuiditas tinggi pendapatan berupakupon atau bungadancapital gainatau selisih harga perdagangan obligasi. Salah satu wahana investasi di pasar modal yang sebenarnya menguntungkan tetapi sering kurang dieksplorasi investor ritel, yakni instrumen pendapatan tetap (fixed income) atau surat utang. Selama sebuah obligasi tidak default atau gagal bayar, saat jatuh tempo penerbit obligasi wajib untuk membayar kembali pokok obligasi pada nilai nominal.

Ulama kontemporer berpendapat bahwa hakikat dari obligasi adalah hutang dari pihak pengeluar hutang yang mengharuskan orang yang mengeluarkan membayar pokok hutang dan mengharuskan juga membayar tambahan atau keuntungan tertentu terlebih dahulu, bahkan jikalau menginginkan untuk mengembalikan maka diperbolehkan jelas ini yang disebut dengan Riba. Pendapat kedua menyatakan bahwa: Obligasi ini dalam bentuk seperti ini ukumnya halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta, Rake Sarakin, 1996), 88.

Konferensi DSI AlAzhar, Muharram 1385 H/ Mei 1965 M)

Keputusan No. 6 Sidang ke 9, Mekkah 12-19 Rajab 1406 H)

Tafsir al-Razy, 7/85.

Mulhak Tarajim

Ahmad Bin Muhammad al-Khalil, al-Ashum wa al-Sanadat, (Saudi, Darul Ibn Jauzi, 1424 H), 299.

Rahmi Jened, Perlindungan Hukum Investor Pemegang Obligasi dalam Rangka Perjanjian Perwaliamanatan, Surabaya: Universitas Airlangga, 2000.

Sunariyah, Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Yogyakarta: AMP YKPN, 2006, hlm. 223.

Published
2016-04-08
How to Cite
Fauzi, A. (2016). OBLIGASI ANTARA PROFIT DAN RESIKO Sebuah Kajian Fiqih Normatif dan sosiologis. Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(1), 159-180. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i1.208