Prison Islamic Boarding School: Efforts to Instill Morals in Prisoners in Correctional Institutions

  • Mohammad 'Ulyan Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia
  • Fauzi Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Nur Rofiq Universitas Tidar, Indonesia
Keywords: Islamic Boarding School, Prison, Prisoner

Abstract

Correctional institutions have complicated problems; the number of inmates is already over-capacity, prisons are places for courses on crime and terrorism, budget requirements are swelling, and the number of prison riots is increasing. Health problems exacerbate this during the covid 19 pandemic. The research method in this article uses qualitative research methods with a library approach. This paper contributes to the improvement of the system, especially in fostering Islam in correctional institutions through the pesantren program. The results state that it is necessary to strengthen the role of pesantren in correctional institutions to shape prisoners' morals for the better.

References

Alam, Masnur. Model Pesantren Modern: Sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini dan Mendatang. Disunting oleh Zulmuqim. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press, 2011.

Anggraini, Septiana Dwi. “Upaya Meningkatkan Motivasi Narapidana Mengikuti Pembinaan Pondok Pesantren Di Lembaga Pemasyarakatan.” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 5, no. 9 (2020): 957–69.

Arizal, Hafiz. “Bimbingan Keagamaan Terhadap Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.

Asyhari, Manshur. “Bimbingan Agama Islam Di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Batu Nusakambangan.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo, 2012.

Azhari, Nida. “Strategi tabligh KH Totoy Muchtar Gozali dalam membina akhlak narapidana : Studi deskriptif pada pesantren terpadu At-Taubah di lapas klas II B Cianjur.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019.

Azra, Azyumardi. Surau: Pcndidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.

Creswell, John W. Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. 4 ed. Boston: Pearson Education, Inc., 2012.

Darwin, Ilham Panunggal Jati. “Implikasi Overcapacity Terhadap Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia.” Cepalo 3, no. 2 (2019): 77–84. https://doi.org/10.25041/cepalo.v3no2.1847.

Ditjenpas. “Data Jumlah Anggaran Narapidana,” 2021.

———. “Data Jumlah Narapidana,” 2021.

Fauzi. “Model Kajian Pesantren: Studi Kritis terhadap Buku Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren karya Mastuhu.” Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 11, no. 3 (2006): 1.

Fitriana, Muhammad Azizan. “Studi Living Qur’an Di Kalangan Narapidana: Studi Kasus Pesantren At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan Kab. Cianjur-Jawa Barat.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 2 (2018): 65–98.

Hambali. “Globalisasi dan Pendidikan Pesantren.” At-Ta’lim 13, no. 2 (2014): 213–34.

Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Disunting oleh Candra Wijaya. Medan: LPPI, 2016.

Islamiyah, Siti Suwaibatul. “Pembinaan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Narapidana di Pesantren At-Taubah Lembaga Pemasyarakatan Klas I Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Kaloko, Ahmad Andre, Sofyan Hasan, dan Nashriana Nashriana. “Pembinaan Keagamaan Berbasis Pesantren Bagi Narapidana Penyalah Gunaan Pengedaran Narkotika di Lembaga Kelas III Banyuasin.” Sriwijaya University, 2019.

Kemendikbud. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Online,” 2021.

Madjid, Nurcholish. Bilik-Nilik Pesantren. Jakarta: Paramadina, 1997.

Milatillah, Hazran. “Pengaruh program pembelajaran pesantren terhadap sikap muhasabah diri narapidana anak : studi korelatif di Lapas Anak Kelas II A Sukamiskin Bandung.” Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2017.

Mutawally. “Lembaga Pemasyarakatan Berbasis Pesantren (Studi Pelaksanaan Pembinaan Narapidana Cianjur di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cianjur).” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.

Nana Sudjana, Dkk. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007.

Nurhadi, Nurhadi. “Kajian Tauhid Pelajaran Aqidah di Pondok Pesantren Al-Hidayah Rutan Kelas II B Pekanbaru.” Pandawa 2, no. 1 (2020): 1–24.

Parsan. “Sistem Pendidikan Pesantren Bagi Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Permisan Nusakambangan.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.

Pelani, Herman, Bahaking Rama, dan Wahyuddin Naro. “Kegiatan Keagamaan Sebagai Pilar Perbaikan Perilaku Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Sungguminasa Gowa.” Jurnal Diskursus Islam 6, no. 3 (2018): 444–58.

Permana, Firman Arief. “Faktor Sosial Penyebab Mantan Narapidana Menjadi Reisidivis (Studi Kasus Narapdiana Residivis di Lapas Kelas II B Kabupatan Garut).” Universitas Pendidikan Indonesia, 2019.

RI, UU. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan,” 1995.

Ridho, Mohamad Faisal. “Pola Pembinaan Mantan Narapidana di Pondok Pesantren At-Taibin Cibinong Bogor pada tahun 2000-2013.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Saefulloh, Muhammad Anang. “Pembinaan Narapidana Berbasis Pondok Pesantren di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pekalongan.” IAIN Pekalongan, 2018.

Sahid, Haidar Meshvara. “Pengaruh Program Pesantren Terpadu Terhadap Mental Kepribadian Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Garut.” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8, no. 1 (2021): 228–34.

Septian, Farid. “Pelaksanaan Deradikalisasi Narapidana Terorisme di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang.” Jurnal Kriminologi Indonesia 7, no. 1 (2010): 108–33.

Sewang, Anwar. Buku Ajar Sejarah Peradaban Islam. Parepare: STAIN Parepare, 2017.

Sugiono. Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung: Alfabeta, 2009.

Supriyanto, Supriyanto, Unang Wahidin, dan Muhammad Hidayat Ginanjar. “Implementasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Muslim di Pesantren Al-Hidayah Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii A Kota Bogor Tahun 2019.” Dalam Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2:186–201. STAI Al-Hidayah Bogor, 2019.

Untung, Moh. Slamet. Sejarah Sosial Pesantren Menurut Prof. KH. Saifuddin Zuhri. Disunting oleh Ahmad Ta’rifin. 2 ed. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018.

Wardhini, Savitri Restu, Rama Wijaya KW, dan Pasiska Pasiska. “‘Masuk Napi Keluar Santri’: Pembinaan Narapidana Berbasis Pesantren di Lapas Kelas II A Kota Lubuklinggau.” Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity 2, no. 2 (2020): 111–25.

Published
2022-01-29
How to Cite
Mohammad ’Ulyan, Fauzi, & Rofiq, N. (2022). Prison Islamic Boarding School: Efforts to Instill Morals in Prisoners in Correctional Institutions . Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 33(1), 83-98. https://doi.org/10.33367/tribakti.v33i1.1791