GURU PROFESIONALIS DALAM PANDANGAN ISLAM

  • Susanto Susanto

Abstract

Guru sebagai agen pembelajaran harus memiliki kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Tugas guru adalah mendidik. Mendidik adalah tugas yang sangat luas. Mendidik itu antara lain dilakukan dengan cara mengajar, memberikan dorongan, memuji, menghukum, memberi contoh, membiasakan.
Islam memberikan penghargaan yang tinggi terhadap guru. Sebenarnya tingginya kedudukan guru dalam Islam merupakan realisasi ajaran Islam itu sendiri. Islam memuliakan pengetahuan; pengetahuan itu didapat dari belajar dan mengajar, yang belajar adalah calon guru dan yang mengajar adalah guru.
Seorang guru yang profesional mampu mengembangkan komunikasi yang harmonis, penuh kasih sayang dengan para siswanya, agar para siswa dapat menikmati pelajaran yang disampaikan guru dengan nyaman tanpa adanya suatu beban. Kasih sayang dalam pergaulan, berarti guru harus lemah lembut dalam pergaulan; kasih sayang dalam mengajar; guru tidak boleh memaksa murid mempelajari sesuatu yang memanmg belum dijangkaunya.
Published
2013-03-04
How to Cite
Susanto, S. (2013). GURU PROFESIONALIS DALAM PANDANGAN ISLAM. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 21(1). https://doi.org/10.33367/tribakti.v21i1.118