MADZHAB IDEOLOGI OPEN SOCIETY DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Ali Imron

Abstract

Open society menyangkut realitas sosial empirik masyarakat Indonesia dalam pluralitas dan perbedaan-perbedaanya. Masyarakat yang dalam komunitasnya tidak lagi mempedulikan serta mempersoalkan perbedaan tanah air, agama, suku, bahasa, warna kulit, budaya, adat istiadat dan memiliki cita-cita terbuka dalam masyarakatnya yaitu untuk membentuk sebuah nation building, construst society building, conaction humanity, development of mentality, behavior and solidarity society, nation and state.
Open society atau masyarakat terbuka dalam masyarakat muslim, setidaknya terdapat dua bahasan; (1) Membahas tentang realitas sosial empirik masyarakat pluralis, termasuk di dalamnya masyarakat muslim yang sudah menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam komunitas masyarakat terbuka, disitu masyarakat muslim dituntut harus melakukan upaya-upaya riel dalam merubah sikap eksklusifitas menjadi sikap inklusifitas. (2) Dalam kajian open society disini masyarakat muslim seharusnya dapat memposisikan diri dalam wacana humanitas rahmatan lilalamien yang toleran.
Published
2013-03-04
How to Cite
Imron, A. (2013). MADZHAB IDEOLOGI OPEN SOCIETY DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 21(1). https://doi.org/10.33367/tribakti.v21i1.116