Metode Pembelajaran Terpadu untuk Mingkatkan Kreativas Verbal Dan Figural Pada Siswa Kelas Enam di SDN 2 Kenayang Tulungagung

  • Mentari Marwa IAI-Tribakti Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan adanya metode pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kreativitas verbal dan figural pada siswa kelas VI Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest One Group Design. Metode pembelajaran terpadu yaitu suatu pembelajaran yang memadukan berbagai materi dalam satu sajian pembelajaran agar siswa memahami keterkaitan antara satu materi dengan materi lain atau antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain dan partisipasi aktif dari siswa akan membuat siswa lebih mudah untuk mengingat dan mengembangkan kognitif, dinamika afektif dan psikomotorik anak secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas verbal pada anak kelas VI. Metode pembelajaran terpadu ternyata mampu meningkatkan kreativitas verbal siswa, dimana semua siswa mengalami peningkatan kreativitas verbal, dengan nilai Z = -2,041 dan p < 0,05. Hasil lain menunjukkan tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas figural, dengan nilai Z = -0,000 dan p > 0,05

References

Ancok, D. (1991). Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta: Pusat Kependudukan Universitas Gadjah Mada
Astuti, R. S. (2003). Semua Anak Bisa Kreatif. Dalam Familia. Majalah Keluarga Bulanan. Maret 2003. Yogyakarta: Kanisus
Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Liberty Press
Beck, J. (1997). Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Pustaka Delaprasta
Dagun, S. M. (1992). Makulin dan Feminim. Jakarta: Rineka Cipta.
Davidoff, L. (1991). Psikologi Suatu Pengantar: Jilid 2. Alih Bahasa: Marijuniati. Jakarta: Erlangga.
Hadi, S. (2000). Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi Offset
Hidayati, V. F. (2007). Perbedaan Efektivitas Metode Pembelajaran Terpadu dan Ceramah dalam Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja. Tesis (tidak diterbitkan). Semarang: Magister Profesi Psikologi Program Pasca Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata.
Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.
Karli, H. (2003). Head, Heart, Hand dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Bandung: Media Informasi.
Kusumawati, M.R. (2008). Metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas verbal dan figural pada siswa SD kelas VI. Tesis. Semarang: Magister Profesi Psikologi Program Pasca Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata.
Monk, F.J., Knoers, L & Haditono, S.R. (1998). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Munandar, S.C.U. (1987). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia
Nuryoto, S. (1993). Kemandirian Remaja Ditinjau Dari Tahap Perkembangan, Jenis Kelamin dan Peran Jens. Jurnal Psikologi Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada No. 2 (48-58)
Peck, U. (1991). Perilaku Organisasi. Alih Bahasa: Agus Darma. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Sandjaja, S. (2004). Pembelajaran Terpadu. Ungaran: Pondok Belajar Merpati
Sarwono, S.W. (2007). Ayahbunda. No. 7. Oktober. Jakarta
Urban, K.K. & Jellen, H.G. Test for Creative Thinking Drawing Production (TDT-DP).
Wiryawan, S.A. (2003). Kurikulum Terpadu. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret.
Published
2017-12-19
How to Cite
Marwa, M. (2017). Metode Pembelajaran Terpadu untuk Mingkatkan Kreativas Verbal Dan Figural Pada Siswa Kelas Enam di SDN 2 Kenayang Tulungagung. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(2), 212-240. https://doi.org/10.33367/psi.v2i2.447

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.