Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JOURNAL 
  1. Naskah merupakan hasil penelitian lapangan, studi kasus atau penelitian kepustakaan.
  2. Naskah sudah ditulis dalam bentuk format word.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan font cambria 11 Panjang naskah 3000-8000 kata diketik 1,5 spasi.
  4. Judul, Identitas Penulis, email, Institusi dan Abstract ditulis dalam 1 kolom Bahasa Indonesia dan inggris, kata kunci.
  5. Ukuran kertas A4 (21x29,7 cm) dengan batas-batas tepi (margin) adalah 3 cm atau bisa download di template jurnal

 

GENERAL GUIDELINES
  1. Manuscript is the result of field research, case studies,  or library research.
  2. Manuscript should be written in the Microsoft Word program.
  3. Manuscript should be written in either Bahasa Indonesia or English, in size 11 of Cambria, in single-spaced, and on 3000-8000 words in length.
  4. Title, Identity of the Author(s), Email, Affiliation(s), and Abstract should be written in 1 column in both Bahasa Indonesia and English along with the keywords.
  5. Paper size A4 24 (21 x 29,7 cm) wide with 2.5 cm from all margins. The template can be downloaded in a journal template
SISTIMATIKA PENULISAN
  1. Bagian awal: judul, nama penulis, email, institusi, abstrak dan kata kunci (Bahasa Inggris dan Indonesia)
  2. Bagian utama: Pendahuluan, metode, Paparan hasil dan pembahasan
  3. Bagian akhir: Simpulan (penutup), ucapan terima kasih (jika ada) dan daftar pustaka.
WRITING FORMAT
  1. First part : title, full name, email, affiliation, abstract, and keywords (Indonesian and English)
  2. Main part : introduction, methods, findings, and discussion
  3. Last part: Conclusions (concluding remarks), acknowledgment (if any) and references.
JUDUL DAN NAMA PENULIS
  1. Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf cambria font 11, spasi satu
  2. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata oleh, urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya.
  3. Alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf cambria 10 dan Nama perguruan tinggi
TITLE AND AUTHOR(S)’ IDENTITY
  1. Title is capitalized, bolded in 11 size of Cambria, single-spaced
  2. The author(s)’ name is written under the title without any title, may not be abbreviated, beginning with a capital letter, without beginning with the word “by.” The writing order starts from the first author followed by the second, third, and so on.
  3. Email addresses of all authors are written under the author(s)’ name in 10 size of Cambria along with the affiliation
Abstrak
Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel. Abstrak harus jelas, deskriptif dan memberikan gambaran singkat tentang masalah yang diteliti, mencakup alasan penelitian atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian, dan ringkasan hasil. Abstrak diakhiri dengan tanggapan mengenai pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia), dalam 1 paragraf, jarak 1 spasi, dan dengan jumlah antara 150–200 kata.
Abstract
Abstract must reflect the overall substance of the article content. The abstract must be clear, descriptive, and provide a brief description of the problem under study, including the reasons for the study, or the importance of the research topic, research methods, and summary of the results. The abstract ends with a response regarding the significance of the findings or a brief conclusion. The abstract should be written in 2 languages (English and Indonesian), in 1 paragraph, single-spaced, containing 150-200 words.
Kata Kunci: 3–5 Istilah
Kata kunci berisi ide-ide dasar atau substansi artikel yang mewakili bidang yang diteliti, dapat mempermudah pembaca untuk menemukan artikel, dan ditulis di bawah abstrak.
Keywords: 35 Keywords
Keywords contain basic ideas or substance of articles that represent the area being investigated which can make it easier for readers to find articles. Keywords are written under abstract.
PENDAHULUAN
Pendahuluan berisi uraian latarbelakang masalah yang mendasari penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, tinjuan teoritis, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar "gap analysis" pernyataan kebaruan ilmiah dan hipotesis (bila ada). Tinjauan pustaka tidak boleh terpisah dalam sub judul tetapi terintegrasi dengan penjelasan latar belakang penelitian sehingga dapat menunjukkan state of the art atau kebaruan temuan ilmiah. Bagian ini ditulis maksimum 20% dari badan artikel.
INTRODUCTION
Introduction contains an adequate background to show the gap of the study, objectives, and benefits, theoretical review, previous studies (state of the art) as a basis for "gap analysis" statements of the scientific novelty of articles, and hypotheses (if any). A literature review is not permitted to be written in a separate subheading but is integrated with an explanation of the background of the study to show the state of the art or the novelty of scientific findings. This section is written at a maximum of 20% of the manuscript.
METODE
Bagian ini terdiri dari identifikasi variabel, subjek penelitian, instrumen, dan metode, termasuk teknik analisis statistik yang digunakan (halaman maksimum adalah 10% dari total halaman naskah). Bagian ini harus menginformasikan kepada pembaca mengenai jenis dan  metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini. Pastikan bahwa informasi yang akurat dan tepat dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya. Hindari mengutip definisi secara langsung dari buku-buku pada bagian ini.
METHOD
This section describes in detail the identifying variables, research subjects, instruments, and methods, including the statistical analysis techniques used (in maximum 10% of the total manuscript pages). This section should inform the reader about the types and methods used by the authors in this study. Accurate and appropriate information should be ensured for further research. Quoting definitions directly from the books should be avoided in this section.
PAPARAN HASIL
Bagian paparan hasil terdiri dari statistik deskriptif, uji asumsi/ uji test, dan uji hipotesis, yang kemudian dianalisis secara berurutan atau terpadu (tidak lebih dari 15% dari keseluruhan halaman naskah). Harus berisi hasil analisis data. Jika memungkinkan, lengkapi dengan tabel / grafik / gambar yang berisi interpretasi analisis data agar mudah dipahami secara tepat. Tabel / grafik / gambar tidak boleh berisi data mentah yang belum dianalisis.
RESULT
In the Findings section, descriptive statistics, assumption tests, and hypothesis tests are presented along with the analysis in a sequential or integrated manner (no more than 15% of the entire manuscript). Thus, this section must contain data analysis results. If possible, tables/graphs/figures/ that contain interpretations of data analysis should be attached to make the data analysis can be easily understood. Tables/graphs/figures may not contain raw data that has not been analyzed.
PEMBAHASAN
Bagian ini berisi penjelasan dari temuan penelitian, dikaitkan dengan hasil penelitian sebelumnya yang dianalisis secara kritis dan dihubungkan dengan literatur/sumber yang relevan (jumlah minimal adalah 45% dari keseluruhan halaman naskah). Bagian pembahasan berisi interpretasi substansial dari hasil analisis dan perbandingan dengan temuan sebelumnya berdasarkan tinjauan literatur yang relevan, terbaru, dan literatur utama 10 tahun terakhir.
DISCUSSION
This section should critically explore the research findings, how the findings are related to the previous studies, and the relevance of literature/sources (should be at least 45% of the entire manuscript). This section allows you to present a substantial interpretation of the results of the analysis and comparison with previous studies based on a review of relevant, the most recent, and the main literature of the past 10 years.
SIMPULAN (PENUTUP)
Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian yang merupakan ringkasan temuan penelitian. Kesimpulan harus singkat, jelas, dan ringkas, berdasarkan temuan dan diskusi penelitian, ditulis dalam bentuk paragraf (bukan numerik/angka), terdiri dari sintesis temuan dari analisis data dan diskusi, dan menyoroti temuan baru yang memberikan kontribusi kepada pengembangan psikologi sebagai ilmu pengetahuan.
CONCLUSION
Conclusion must answer the research objectives which is a summary of research findings. The conclusion should be presented in a short, clear, and concise manner based on research findings and discussion and written in paragraph form (not numerical), consisting of the synthesis of findings from data analysis and discussion and highlighting findings new contribution to the development of psychology as a science.
UCAPAN TERIMA KASIH (JIKA ADA)
Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada sponsor, pendonor dana, narasumber, atau pihak-pihak yang berperan penting dalam pelaksanaan penelitian
ACKNOWLEDGMENT (IF ANY)
This section contains acknowledgment or thanks to sponsors, grants, resource persons, or parties who have an important role in conducting the study.
DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka dan semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel. Gunakan Aplikasi Referensi seperti Zotero, Mendeley, dll untuk keperluan sitasi (citation) dan daftar pustaka dengan format American Psychological Association (APA)
REFERENCES
References are sorted according to the alphabet. All that is referred to in the article must be written in this section and vice versa. Use Reference Applications such as Zotero, Mendeley, etc. for citation and references following the American Psychological Association (APA) format.
Contoh Penulisan Daftar Pustaka sebagai berikut.
Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah:
Brewer, M. B., & Pierce, K. P. (2005). Social identity complexity and outgroup tolerance. Personality and Social Psychology Bulletin, 31, 428-437.
Hyde, J., Hankins, M., Deale. A., & Marteau, T. M. (2008). Interventions to increase self-efficacy in the context of addiction behaviours: A systematic literature review. Journal of Health Psychology, 13, (5), 607-623.

Williams, D. L, Goldstein, G., & Minshew, N. J. (2006). The profile of memory function in children with autism. Neuropsychology, 20, (1), 21–29. doi: 10.1037/0894-4105.20.1.21

Pustaka yang berupa judul buku:
Azwar, S . (2007). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lunsford, A., & Ede, L. (2009). Child education: Perspective on teaching activities. Carbondale: Illinois University Press.

Willig, C. (2008). Introducing qualitative research in psychology: adventures in theory and method. (2nd ed.). London: McGraw-Hill Open University Press

Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:
Desiningrum, D. R. (2011). Future time perspective, goal orientation, and subjective well being in elderly. The Padjadjaran International Conference on Psychology (pp.17-23). Bandung, Indonesia: Faculty of Psychology, Padjadjaran University.

Pustaka yang berupa disertasi/tesis/skripsi:
Pratama, A. G. (2009). Kontribusi kesejahteraan subjektif pada religiusitas Islam, persepsi tentang penyakit, dan perilaku menjaga kesehatan diri dalam model perilaku memelihara kesehatan: Suatu upaya menemukan model perilaku memelihara kesehatan dengan taraf kecocokan optimal pada penderita HIV+. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.

Pustaka yang berupa Handbook:
Albarracin, Johnson, & Zanna. (2005). The handbook of attitudes. New Jersey: Erlbaum.

American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association. Sixth edition. Washington D.C.: American Psychological Association

Selengkapnya bisa dilihat template jurnal

The followings are the example of writing References.
Magazine or Scientific Journal Sources:
Brewer, M. B., & Pierce, K. P. (2005). Social identity complexity and outgroup tolerance. Personality and Social Psychology Bulletin, 31, 428-437.
Hyde, J., Hankins, M., Deale. A., & Marteau, T. M. (2008). Interventions to increase self-efficacy in the context of addiction behaviours: A systematic literature review. Journal of Health Psychology, 13, (5), 607-623.

Williams, D. L, Goldstein, G., & Minshew, N. J. (2006). The profile of memory function in children with autism. Neuropsychology, 20, (1), 21–29. doi: 10.1037/0894-4105.20.1.21

Books Sources:
Azwar, S . (2007). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lunsford, A., & Ede, L. (2009). Child education: Perspective on teaching activities. Carbondale: Illinois University Press.

Willig, C. (2008). Introducing qualitative research in psychology: adventures in theory and method. (2nd ed.). London: McGraw-Hill Open University Press

Proceeding or Seminar Sources:
Desiningrum, D. R. (2011). Future time perspective, goal orientation, and subjective well being in elderly. The Padjadjaran International Conference on Psychology (pp.17-23). Bandung, Indonesia: Faculty of Psychology, Padjadjaran University.

Dissertation or Thesis Sources:
Pratama, A. G. (2009). Kontribusi kesejahteraan subjektif pada religiusitas Islam, persepsi tentang penyakit, dan perilaku menjaga kesehatan diri dalam model perilaku memelihara kesehatan: Suatu upaya menemukan model perilaku memelihara kesehatan dengan taraf kecocokan optimal pada penderita HIV+. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung.

Handbooks Sources:
Albarracin, Johnson, & Zanna. (2005). The handbook of attitudes. New Jersey: Erlbaum.

American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association. Sixth edition. Washington D.C.: American Psychological Association

More information can be downloaded template jurnal