Author Guidelines

TATA CARA PENULISAN ARTIKEL JOURNAL AN-NAFS PEDOMAN UMUM

  1. Naskah merupakan ringkasan hasil penelitian literasi (meta analisis) atau Lapangan.
  2. Naskah sudah ditulis dalam bentuk format word.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan font cambria 11. Panjang naskah 3000-8000 kata diketik 1 spasi.
  4. Judul, Identitas Penulis, email, Institusi dan Abstract ditulis dalam 1 kolom Bahasa Indonesia dan inggris, kata kunci.
  5. Ukuran kertas adalah A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 3,5 cm untuk batas atas, bawah dan kiri, sedang kanan adalah 2,0 cm.

SISTIMATIKA PENULISAN

  1. Bagian awal: judul, nama penulis, email, institusi, abstrak dan kata kunci (Bahasa Indonesia dan Inggris)
  2. Bagian utama: Pendahuluan, metode penelitian, Paparan hasil penelitian dan pembahasan
  3. Bagian akhir: Simpulan (penutup), ucapan terima kasih (jika ada) dan daftar pustaka.

JUDUL DAN NAMA PENULIS

  1. Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf cambria font 11, spasi satu dengan jumlah kata minimal 3000- 8000 kata.
  2. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata oleh, urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya.
  3. Alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf cambria 10 dan Nama perguruan tinggi

ABSTRACT

  1. Abstrak berisi pernyataan tentang latar belakang masalah, fokus masalah, metode, serta temuan dan simpulan utama.
  2. Abstrak ditulis dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia), dalam 1 paragraf, jarak 1 spasi, dan dengan jumlah antara 150–200 kata jenis huruf cambria
  3. Kata kunci Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris dicetak tebal (bold).

ATURAN UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Setiap sub judul ditulis dengan huruf cambria font 11 dan dicetak tebal (bold).
  2. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 1,2 cm, antar alinea tidak diberi spasi. Kata asing ditulis dengan huruf miring.
  3. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus dieja.
  4. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.

REFERENSI
Penulisan referensi dan pustaka mengikuti gaya penulisan American Psychological Association (APA). Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan. Keprimeran literatur pustaka rujukan, usahakan minimum 50 persen dari literatur primer/ jurnal ilmiah, Buku-buku yang berisi konsep teori boleh dipakai sebagai acuan, tetapi usahakan maksimum hanya 50 persen saja. Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan. Cara pengutipan atau mensitasi sebaiknya menggunakan aplikasi Reference Manager (Zotero, Mendeley, dll)

Contoh Penulisan Daftar Pustaka lihat template jurnal