Author Guidelines

FORMAT PENULISAN NASKAH ARTIKEL BAKTI: JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun berupa atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan
  2. Naskah artikel berupa hasil pengabdian pada masyarakat di semua bidang.
  3. Naskah sudah ditulis dalam bentuk format word.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan huruf Time New Roman font 12 dan diketik 1,5 spasi. Panjang naskah sekitar 4000 – 8000 kata (termasuk daftar pustaka dan sitasi)dan
  5. Judul, Identitas Penulis, dan Abstract ditulis dalam 1 kolom.
  6. Ukuran kertas adalah A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 2,5 cm untuk batas atas, bawah dan kiri, sedang kanan adalah 3,0 cm.

Sistematika Penulisan

  1. Bagian awal: judul, nama penulis, email, institusi, abstraksi.
  2. Bagian utama: berisi pendahuluan, literature review, metodology, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan dan saran (jika ada).
  3. Bagian akhir: ucapan terimakasih (jika ada), keterangan simbol (jika ada), dan daftar pustaka.

Judul Dan Nama Penulis

  1. Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 12, spasi satu koma lima dengan jumlah kata minimal 4000 - maksimum 8000 kata.
  2. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata ”oleh”, urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya.
  3. Nama perguruan tinggi dan alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Romanfont 10.

Abstract

  1. Abstract  ditulis  dalam  bahasa  Inggris,  berisi  tentang  inti  permasalahan/latar  belakang penelitian,  cara  penelitian/pemecahan  masalah,  dan  hasil  yang  diperoleh.  Kata  abstrack dicetak tebal (bold).
  2. Jumlah kata dalam abstract tidak lebih dari 200 kata dan diketik 1 spasi.
  3. Jenis huruf abstract adalah Times New Roman font 11, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikan dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat.
  4. Abstract dilengkapi dengan Keywords yang terdiri atas 3-5 kata yang menjadi inti dari uraian abstraksi. Kata Keywords dicetak tebal (bold).

Aturan Umum Penulisan Naskah

  1. Setiap sub judul ditulis dengan huruf Times New Roman font 12 dan dicetak tebal (bold).
  2. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antar alinea tidak diberi spasi. Kata asing ditulis dengan huruf miring.
  3. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus dieja.
  4. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.

Referensi
Penulisan referensi dan pustaka mengikuti gaya penulisan Chicago Manual of Style 17th Edition (fullnote). Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan.

SUBMISSION PREPARATION CHECKLIST

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang diajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedang dalam proses review di jurnal lain.
  2. FIle artikel dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF,  atau WordPerfect.
  3. Teks artikel satu spasi; menggunakan ukuran fornt 12; dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada tempat yang tepat, bukan di akhir.
  4. Teks artikel harus mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan, yang terdapat di halaman About the Journal.
  5. Jika mengirimkan ke bagian peer reviewed jurnal, petunjuk dalam Memastikan blind review telah diikuti.