eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi <p>eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education is a peer-reviewed journal on Islamic Elementary Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by The Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Tribakti Kediri. The journal is published twice a year (March and September). The editors welcome scholars, researchers and practitioners of Islamic education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication.</p> <p>e-ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1550395462" target="_blank" rel="noopener">2656-7121</a></p> en-US ejournal.elbidayah@gmail.com (Ahmad Khoirul Mustamir) arif@iai-tribakti.ac.id (M. Arif Khoiruddin) Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Sertifikasi dan Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru di MI Misriu Al Hasan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1300 <p>Guru yang professional adalah guru yang berkompeten dibidangnya. Dengan sertifikasi, kompetensi guru akan lebih ditingkatkan lagi guna kualitas Pendidikan yang lebih baik. Untuk dapat mengikuti program sertifikasi tentu ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh para peserta sertifikasi. Pemenuhan persyaratan akan mempermudah dalam mendapatkan sertifikat pendidik. Setelah mendapat sertifikat pendidik guru harus terus berupaya meingkatkan kinerja dan profesionalitas sebagai bentuk tanggung jawab sebagai seorang guru professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Hasil penelitian ini yaitu, 1. Syarat dan pola yang dilalui oleh guru-guru di MI Misriu Al Hasan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ada tiga pola yang diikuti yaitu Portofolio, PLPG dan PPG, 2. Upaya yang telah dilakukan oleh guru sertifikasi di MI Misriu Al Hasan Kraton Mojo Kediri dalam meningkatkan profesionalitas diantaranya dengan meningkatkan kedisiplinan, mengunakan metode mengajar yang sesuai dan efektif, mempersiapkan diri dan materi yang telah direncanakan sebelum melaksanakan pembelajaran, memberikan problem solving pada siswa bermasalah dengan intensif serta mengikuti kegiatan organisasi profesi seperti PGIN dan KKG serta organisasi kemasyarakatan NU. Kegiatan penunjang lain berupa diklat dan seminar.</p> Ammar Kukuh Wicaksono, Syafik Ubaidila Copyright (c) 2020 Ammar Kukuh Wicaksono, Syafik Ubaidila https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1300 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0000 Efektifitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDIT Al Azhar Kota Kediri https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1335 <p>Salah satu permasalahan pembelajaran adalah ketepatan guru menggunakan metode pembelajaran. Bagi sekolah, permasalahan tersebut selalu dilatar-belakangi oleh ketidak mampuan guru dalam memilih dan melaksanakan metode pembelajaran. Dalam konteks inilah, penting mengkaji efektivitas metode Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA di SDIT AL Azhar Kota Kediri. Guna mendapatkan hasil penelitian, metode yang dilakukan peneliti adalah kualitatif diskriptif. Sumber data yang dihasilkan adalah hasil wawancara, pengamatan dan analisis dokumen. Semua data diolah dan diredukasi untuk dipaparkan sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, efektifitas metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA kelas SDIT Al Azhar Kota Kediri adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar, serta dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.</p> Makhfud, Ali Imron Copyright (c) 2020 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1335 Wed, 30 Sep 2020 06:47:53 +0000 The Qualified Islamic Religious Education Teachers as a Foundation in Learning at MI https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1178 <p>MI teachers especially those who teach Islamic Religious Education will have to do with the morals of students, where the benchmark of the final results of PAI education is the application of PAI in the daily lives of students, the success or failure of students in PAI learning can be seen from the attitudes of students, research using the research method of literature by using content analysis techniques from the literature. PAI teacher must know the characteristics of MI students, know the change in behavior from learning outcomes, learning achievement, teacher competence, and also must be able to understand and learn about how a good PAI teacher, so that when the PAI teacher already knows and even masters it, the PAI teacher can improve its quality, so that it can be used as a foundation to sustain the change in attitude of students in primary schools especially the scope of Madrasah Ibtidaiyah.</p> Muhammad Nurul Arifin Copyright (c) 2020 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1178 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0000 Implementasi Model ESQ Pada Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Kepanjen Malang https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1161 <p>Alam berfikir <em>postmodernisme</em> mengajarkan untuk meninjau ulang konsep-konsep pendidikan yang selama ini dianggap baku. Salah satunya adalah apakah cukup manusia hanya ditekankan untuk memiliki kecerdasan intelektual semata? Berangkat dari pertanyaan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau <em>Library Research</em>. Studi kepustakaan adalah teknik pengum-pulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-la-poran yang ada hubungannya dengan ma-salah yang dipecahkan. Dari hasil kajian ini, banyak ditemukan ragam kecerdasan yang justru lebih dianggap penting bagi kehidupan. Manusia bisa dianggap lebih kursial jika memiliki beberapa macam kecerdasan, yang diantaranya terdiri IQ (<em>Intelegence Quotient</em>), EQ (<em>Emosional Quotient</em>), SQ (<em>Spiritual Quotient</em>) dan kecerdasan yang <em>Emotional spiritual quostient</em> (ESQ) berperan krusial pada lembaga-lembaga pendidikan yang ber-basis Islam mampu mengembangkan pen-didikan Islam di Indonsia. Konsep yang bisa dikembangkan sebagai berikut: konsep kebebasan hati,&nbsp; rukun iman, rukun Islam, dan ketauhidan</p> Peni Catur Ningtiyas Copyright (c) 2020 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1161 Wed, 30 Sep 2020 07:03:18 +0000 Analisis Tingkat keterbacaan Buku Tematik Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Tahun Ajaran 2017-2018 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1223 <p>Tulisan ini mengkaji tentang tingkat keterbacaan buku tematik terpadu kelas rendah tingkat Madrasah Ibtidaiyah menggunakan dua alat analisis, yaitu grafik fry dan raygor. Kedua instrument ini digunakan untuk memberikan gambaran keyakan baca buku tematik untuk kelas rendah, yang nantinya bisa dijadikan salah satu pijakan untuk perbaikan buku teks ke depannya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (<em>Library Research</em>) alat analisisnya menggunakan dua alat analisis, yaitu grafik fry dan raygor.</p> <p>Hasil dari penelitian ini adalah: 1)<em>,</em> buku tematik kelas 1 menurut analisis grafik fry dari 8 buku tema yang ada tidak ada satu pun buku yang sesuai dengan level kelas 1, sedangkan menurut grafik raygor hanya ada satu buku yang sesuai, yaitu buku tema 1; 2) buku kelas 2 menurut hasil analisis grafik fry terdapat 2 tema yang sesuai, yaitu buku tema 4 dan 6, sedangkan menurut grafik raygor hanya terdapat 1 buku tema yang sesuai, yaitu buku tema 6; dan 3) buku kelas 3 menurut grafik fry hanya terdapat 1 buku tema yang sesuai yakni buku tema 3, sedangkan menurut grafik raygor terdapat 6 buku tema yang sesuai, yaitu buku tema 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.</p> Aly Mashar, Bintang Aji Copyright (c) 2020 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1223 Wed, 30 Sep 2020 07:15:08 +0000 Stretegi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar(Implementasi Program MEDP Di MI Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk) https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1231 <p><em>Bahwa u</em><em>ntuk mendapatkan hasil yang baik dalam pendidikan perlu strategi dan membina kerjasama yang baik antara sekolah, masyarakat dan pemerintah. Sekolah atau madrasah tidak akan mampu melakukan peningkatan pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang baik dan sesuai dengan yang diinginkan baik pemerintah maupun masyarakat. </em></p> <p><em>Disamping input yang baik, lulusan yang bermutu dipengaruhi oleh pelayanan, sumber daya manusia, sarana pendidikan yang sesuai dengan ketentuan melalui pengelolaan sumber daya sekolah yang ada sebagaimana yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah (</em><em>MI</em><em>)</em><em> Thoriqul Hud</em><em>a Sonopinggit Juwet Ngronggot Nganjuk.</em></p> <p><em>Dalam memenuhi sarana pendidikan yang memadai bagi lembaga suasta adalah merupakan sebuah tantangan berat karena berkaitan dengan pembiayaan, karena itu perlu bantuan pemerintah, yang salah satunya melalui program MEDP.</em></p> Bustanul Arifin Copyright (c) 2020 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1231 Wed, 30 Sep 2020 07:59:49 +0000 Pendidikan Spiritual Dalam Tradisi Istighosah Santri Pondok Pesantren Al Mahrusiyah III Ngampel https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1304 <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendidikan spiritual dalam tradisi istighotsah santri Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah III Ngampel. Pendidikan spiritual merupakan pendidikan yang menanamkan rasa cinta kepada Alloh di dalam hati seseorang yang menjadikannya mengharap ridho Alloh, baik di setiap ucapan, perbuatan, sikap dan tingkah laku. Itighotsah merupakan pengharapan adanya pertolongan dari Alloh, karena Alloh lah yang maha penolong segalanya dan hanya Alloh yang maha mengabulkan atas segala macam kebutuhan manusia yang menjadi keinginan serta kebutuhannya. &nbsp;Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif yang beranjak ari dua pertanyaan, yaitu ; 1) Bagaimana Proses Kegiatan Istighotsah 2) Bagaimana Perubahan Spiritual yang Dirasakan Setelah Mengikuti Istighotsah. Dengan adanya pertanyaan yang menjadi rumusan masalah tersebut, peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Tahap pra istighotsah, dilakukan pengoprakan. Tahap istighotsah, ada tiga bagian didalamnya, <em>pertama</em> Muqodimah, yaitu sholat sunat Tasbih, Witir dan Hajat. <em>Kedua</em> Isi, yaitu tawashul, tahlil dan membaca dzikir. <em>Ketiga</em> Penutup, membaca <em>Hisbus Salamah, Hisbun Nasar</em> dan do’a istighotsah. Tahapan pasca istighotsah. Melaksanakan sholat subuh berjama’ah. 2)&nbsp; menenangkan jiwa, karena di dalamnya terdapat hal-hal yang mendatangkan ketenangan, seperti sholat sunat, dzikrullah dalam pembacaan tahlil, tahmit, tasbih, takbir dan sholawat.</p> Fuad Hasim, Yasin Nurfalah Copyright (c) 2020 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1304 Wed, 30 Sep 2020 00:00:00 +0000 Pengembangan Pendekatan Somatic – Auditory – Visualization Intellectually (SAVI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Fikih Melalui Pembelajaran Jarak Jauh; Studi Di MTs Nidhomiyah Surowono Kecamatan Badas Kabupaten Kediri https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1350 <p>The outbreak of the coronavirus disease (Covid 19) in Indonesia has prompted the Ministry of Education and Culture and the Ministry of Religion to urge schools to organize distance learning. Because of this appeal, schools and madrasas organize distance learning activities, including MTs Nidhomiyah Surowono, Badas District. However, the distance learning of fiqh subjects is only providing assignments through the WA group and there is no feedback from the teacher. This phenomenon causes the problems solving skills of the students to become low. So research and development (R &amp; D) were done on the fiqh subjects to describe 1) the steps for developing somatic-auditory-visualization-intellectually (SAVI) approach through distance learning, and 2) the effectiveness of developing somatic-auditory-visualization-intellectually approach (SAVI) to increase the problem-solving skills on the fiqh subjects through distance learning. This research used the research and development (R &amp; D) approach Borg and Gall model that combined with the ADDIE model. The testing model used an experimental pretest-posttest control group design. The result of the pretest and posttest were analyzed by the test of normality, homogeneity, N-gain scores, and independent-sample t-test with IBM SPSS Statistics version 21. The results showed that the SAVI approach was quite effective in improving students' problem-solving skills. This can be seen based on the results of the pre-test and post-test in the experimental class compared to the control class. From the experimental class, it was obtained that the pre-test results had an average of 52, but after receiving the SAVI approach, the post-test score was 67. Far different from the control class whose initial class average score was 49 to 56. This is also supported by the mean results of the N-gain score for the experimental class was 33.5513 or 33.6 which was included in the moderate or moderately effective criteria.</p> Haizatul Masnaiyah, Sri Susanti Tjahja Dini Copyright (c) 2020 Haizatul Masnaiyah, Sri Susanti Tjahja Dini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1350 Mon, 05 Oct 2020 00:00:00 +0000