Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus

Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Kediri

  • Nisa Maya Sari Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Mahfudh Mahfudh Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Extracuriculer, Alqur’an Reading, Inclusion

Abstract

Inclusive school is a school that combines children with special needs with other normal children in one class and this school was implemented in Kediri two years ago SMPN 05 Kediri. In order to make it easier for children with special needs to understand the teachings of Islam at school, the school organizes extracurricular writing the Qur'an every Thursday. This study uses qualitative research methods with a case study approach because researchers want to see and understand directly how the extracurricular process is carried out. Data collection techniques, researchers used interviews, observation and documentation. With this extracurricular, children with special needs little by little can already recognize the Hijaiyah letters and read the book Iqra.

 

Sekolah inklusi merupakan sekolahan yang menggabungkan anak berkebutuhan khusus dengan anak normal lainnya dalam satu kelas dan sekolahan ini sudah terlaksana di Kediri dua tahun yang lalu SMPN 05 Kediri,. Agar anak berkebutuhan khusus lebih mudah memahami pelajaran agama Islam di sekolah, pihak sekolah mengadakan ekstrakurikuler bca tulis Al-Qur’an setiap hari kamis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, karena peneliti ingin melihat dan memahami secara langsung bagaimana proses ekstrakurikuler tersebut terlaksana. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.  Dengan adanya ekstrakurikuler ini, anak berkebutuhan khusus sedikit demi sedikit sudah bisa mengenal huruf Hijaiyah dan membaca buku Iqra

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Wahyu, “Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow learner”, Jurnal Ilmu Kesehatan Aisyah, (2016), vol.1/2: 53-59.

Anggranti, Wiwik, “Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis AL-Qur’an,” Jurnal Intelegensia, (2016) vol. 1/1: 101-119.

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran Bandung: tp 2019.

Darka, Ahmad, Bagaimana Mengajar Iqro’ dengan Benar, 01 ed. Jakarta: CV. Tunas Utama, 2009.

Filani Olyvia, “Satu juta anak berkebutuhan khusus,” http://m.Cnn Indonesia.com, read/2017/29/08/ Satu.juta.anak.berkebutuhan.khusus, 29 Agustus 2017, diakses tanggal 8 Januari 2019.

Hamsa, Mukhammadi, dan Setiyo Hartoto, “Survey Minat Siswa Kelas VII dan VIII di SMPN 1 Bangil dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Renang,”, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, (2015), vol.3/3: 783-788.

Hasanah, Nur Hafidhotul, “Efektifitas Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Siswa Kelas VII Mts N Sumberagung Jetis Bantul” (2013) Vol.10/1:59-86.

Ma’mun, Muhammad Aman, “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an,” Annaba: Jurnal Pendidikan, (2018), vol. 4/1: 53-62.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Muhammad Hafidz, Imla’ Aplikatif, Kompas Gramedia, 2017.

Nugroho, Kristiawan P. A, Dary, Risma Sijabat, “Gaya Hidup yang Mempengaruhi Kesehatan Anak Brkebutuhan Khusus,” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, (2017), vol. 2/1:

Sari, Maya, “Implementasi Kurikulum 2013 pada Anak Berkebutuhan Khusus(ABK) Studi Kasus SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta”, Journal of Disabilty Studies,(2016), vol. 3/1: 1-18.

Sulihandri, Hartanti, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusif Bagi Anak Tuna Rungu di SMA Negeri 1 Sewon,” Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016.

Suprihatiningrum, Jamil, “Persepsi Siswa Difabel Terhadap Praktik Pendidikan Inklusif Di Sma Inklusi Di Yogyakarta,”INKLUSI: Journal of Disability Studies (2016). vol.3/2,

Yin, Robert K., Studi Kasus: Desain & Metode , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Zaini, Raudho, “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Alam Medan,” Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri, Sumatera Utara, 2013.

Published
2019-10-19
How to Cite
Sari, N. M., & Mahfudh, M. (2019). Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 54-65. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i2.949