Meningkatkan Kemampuan Menghafal Hadits pada Siswa dengan Terjemah Lafdhiyah MIN 1 Kota Kediri

  • Dianis Izztul Yuanita Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Intan Lailatul Kurniawati Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Metode Terjemah Lafdhiyah, Kemampuan Menghafal Hadits

Abstract

Tulisan ini untuk mengetahui pembelajaran menggunakan terjemah lafdhiyah dan peningkatan kemampuan menghafal hadits pada siswa di Madrasah  Ibtida?iyah Negeri 1 Kota Kediri  mata  pelajaran al-Qur?an Hadits. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Siklus I dan Siklus II. Penerapan metode terjemah lafdhiyah dapat meningkatkan kemampuan menghafal hadits pada siswa. Hal ini dibuktikan dari meningkatnya hasil tes belajar siswa kelas V semester I pada materi menghafal hadits tentang menyayangi anak yatim. Temuan penelitian: (1) adanya teknik menerjemahkan perlafadh  (terjemah lafdhiyah) dengan menggunakan media kertas tempel dan nomor identitas siswa; (2) adanya peningkatan kemampuan menghafal hadits pada siswa dengan terjemah lafdhiyah dari Siklus I ke Siklus II.

This paper is to find out the learning using the lafdhiyah translation and the increase in the ability to memorize the hadith on students in the Islamic Elementary Public School 1 of Kediri City subject to the Qur'an Hadith. The type of research used is classroom action research (CAR) which consists of Cycle I and Cycle II. The application of the lafdhiyah translation method can improve the ability to memorize the hadith in students. This is evidenced by the increasing results of the first semester class V student learning tests on memorizing hadith material about loving orphans. Research findings: (1) the existence of the technique of translating lafadh (lafdhiyah translation) by using sticky paper media and student identity numbers; (2) there is an increase in the ability to memorize the hadith in students with the lafdhiyah translation from Cycle I to Cycle II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaliyah. Teori dan Praktik Terjemah Indonesia Arab. Depok: Kencana. 2017.
Anwar, Desy. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia. 2003.
Arikunto, Suharsimi, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.
Bukhari, Imam Al. Shahih al-Bukhari. t.tp. Dar al-Fikr. 1981.
Dahlan, Abdul Azis. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve. 1997.
Idri. Studi Hadith. Jakarta: Kencana. 2010.
Iskandar, Dadang dan Narsim. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap:Ihya Media. 2015.
Izzan, Ahmad. Ulumul Quran, Telaah Tekstualitas dan Kontekstualitas al-Quran. Bandung: Humaniora. 2011.
Khon, Abdul Majid. Ulumul Hadits. Jakarta: Amzah. 2013.
Khudlar, Syaikh Muhammad al. Ushl al-Fiqh. Beirut: Dr al-Fikr. 1988.
Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta : PT.Raja Grafindo persada. 2011.
Mariati, Siti dan Amaliya Iranty Ningsih, Upaya Meningkatkan Menghafal Hadits dengan Metode SAVI pada Mata Pelajaran Al-Qur?an Hadits Kelas III di MI Darun Najah Tulungan Sidoarjo, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam. Vol. VII, 1 . Juni 2016.
Muqsid, Abdul. Metode Penelitian al-Quran dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Press. 2015.
Proceeding Book ICGC?17. Islamic State Institute of Pontianak. Pontianak: Pontianak Islamic State Ins. 2017.
Purwati, Eni, dkk. Penelitian Tindakan Kelas Peket V. Surabaya: Lapis PGMI. 2009.
Qaththan, Syaikh Manna Al. Pengantar Studi Hadits. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. 2005.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Persada. 2013.
Subagyo, P. Joko. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2006.
Thahir, Ahmad. Fikih Sunnah untuk Anak. Surakarta: Ziyad Visi Media. 2014.
Wahid, Abdul dan Muhammad Zaini. Pengantar Ulumul Quran dan Ulumul Hadits. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh. 2016.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia, Cet II. Jakarta: PT. Mahmud Yunus. 1990.
Zahrah, Ab. Ushl al-Fiqh. t.tp.: Dr al Fikr, t.th.
Zuhayl, Wahbah al. Ushl al-Fiqh. Damaskus: Dr al-Fikr, 1986
Published
2019-09-07
How to Cite
Yuanita, D. I., & Kurniawati, I. L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Hadits pada Siswa dengan Terjemah Lafdhiyah MIN 1 Kota Kediri. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 1-14. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i2.721