Metode Snowball Thowing dalam Pembelajaran Matematika MI
Studi Tindakan Kelas Pada pada KD menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V MI Kunuzun Naja Wonotengah Purwoasri
Abstract
Kegiatan belajar mengajar disekolah dapat berlangsung dengan baik apabila ada komunikasi timbal balik antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Biasanya pengajaran dikelas masih berfokus pada guru sebagai satu-satunya narasumber pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi pembelajaran. Sehingga kejenuhan dan kurang aktifnya siswa menjadi problem utama kurang maksimalnya proses pembelajaran MI Kunuzun Naja Wonotengah Purwoasri selama proses pembelajaran. Matematika ini cenderung masih sering menggunakan metode teacher centered. Sehingga rata-rata siswa banyak yang mengalami kejenuhan dan pasif dalam pembelajaran.Dengan memperhatikan uraian singkat tersebut di atas, penulis mencoba untuk memberikan alternatif model pembelajaran, yaitu metode pembelajaran Snowball Throwing.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran ditemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran Snowball Throwing Telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa menghitung volume kubus dan balok (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran pembelajaran Snowball Throwing Telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa menghitung volume kubus dan balok.
References
Ria, Lancarwati Vivi. Peningkatan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII dengan Mengunakan Metode Snowball Throwing di SMP N 4 Satuatap Bawang Banjarnegara, Skripsi S1 Universitas Negeri Yogyakarta, (Yogyakarta: 2012), h, 18, tidak dipublikasikan.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003
Copyright (c) 2019 eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.