Metode Snowball Thowing dalam Pembelajaran Matematika MI

Studi Tindakan Kelas Pada pada KD menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V MI Kunuzun Naja Wonotengah Purwoasri

  • Fitrotin Nazah MI Kunuzun Naja Purwoasri Kediri
Keywords: Metode Snowball Throwling, Pembelajaran Matematika MI

Abstract

Kegiatan belajar mengajar disekolah dapat berlangsung dengan baik apabila ada komunikasi timbal balik antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Biasanya pengajaran dikelas masih berfokus pada guru sebagai satu-satunya narasumber pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi pembelajaran. Sehingga kejenuhan dan kurang aktifnya siswa menjadi problem utama kurang maksimalnya proses pembelajaran MI Kunuzun Naja Wonotengah Purwoasri selama proses pembelajaran. Matematika ini cenderung masih sering menggunakan metode teacher centered. Sehingga rata-rata siswa banyak yang mengalami kejenuhan dan pasif dalam pembelajaran.Dengan memperhatikan uraian singkat tersebut di atas, penulis mencoba untuk memberikan alternatif model pembelajaran, yaitu metode pembelajaran Snowball Throwing.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran ditemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran Snowball Throwing Telah terbukti  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa menghitung volume kubus dan balok (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran pembelajaran Snowball Throwing Telah terbukti  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa menghitung volume kubus dan balok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003

Published
2019-03-04
How to Cite
Nazah, F. (2019). Metode Snowball Thowing dalam Pembelajaran Matematika MI. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 79-96. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.680