Pengembangan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terintegrasi Games Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Ica Novita Sari Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Edhy Rustan Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Ihsan Institut Agama Islam Negeri Palopo
Keywords: Model Pembelajaran, , NNumbered Heads Together, Games

Abstract

Learning is a process of delivering knowledge carried out by the teacher. In the The objective of this developing approach is to understand the description of the needs analysis of the games-integrated Numbered Heads Together (NHT) learning model in Bahasa Indonesia subject, how to design games-integrated Numbered Heads Together (NHT) learning model in Bahasa Indonesia subject, and to measure the validity of games-integrated Numbered Heads Together (NHT) learning model. The type of this research is R&D and was developed using the ADDIE model which consists of the analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The data collection technique was carried out using interview guidelines given to fifth grade teachers to find out the curriculum used, and the problems experienced by the teacher during the learning process. As for the use of questionnaires and student knowledge tests, they were given to fifth grade students of SDN 9 Matekko as subjects to measure the level of understanding, knowledge and learning abilities of students. Needs analysis using tests showed that students lack of understanding of the essay material resulted in a score below the Cut Score Grading (KKM), and student questionnares showed that students liked the learning model that was carried out in groups and integrated with games. The design of the games-integrated NHT learning model is in the form of a guidebook that contains detailed syntax according to the learning objectives. The validity of the games-integrated NHT learning model showed valid result with a score of 79% for design validation, and very valid with a score of 90% for language validation, and 91% for validation of the learning model implementation

[Tujuan dilakukannya pengembangan ini adalah untuk mengetahui deskripsi analisis kebutuhan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terintegrasi games pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengetahui perancangan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terintegrasi games, dan mengetahui tingkat kevalidan model pembelajaran NHT (Number Heads Together) terintegrasi games. Jenis penelitian ini adalah R&D dan dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara yang diberikan kepada guru kelas V guna mengetahui kurikulum yang digunakan, dan masalah-masalah yang dialami guru selama proses pembelajaran. Adapun penggunaan angket dan tes pengetahuan siswa, diberikan kepada siswa kelas V SDN 9 Matekko sebagai subyek untuk mengukur tingkat pemahaman, pengetahuan dan kemampuan belajar siswa. Analisis kebutuhan menggunakan tes menunjukkan hasil bahwa kurangnya pemahaman siswa mengenai materi karangan sehingga diperoleh nilai dibawah KKM, dan angket siswa diperoleh hasil bahwa siswa menyukai model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dan diintegrasikan dengan games. Perancangan model pembelajaran NHT terintegrasi games berupa buku panduan yaitu berisi sintaks yang dirinci sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kevalidan model pembelajaran NHT terintegrasi games menunjukkan hasil valid dengan perolehan skor 79% untuk validasi desain, dan sangat valid dengan perolehan skor 90% untuk validasi bahasa, dan 91% untuk validasi penerapan model pembelajaran]

References

Aji, Sudi, Muhammad Nur Hudha, dan Astri Rismawati. “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika.” SEJ (Science Education Journal) 1, no. 1 (30 Mei 2017): 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830.

Andri, Andri, dan Ratih Sarni Purwanti. “Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Number Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Matematika.” J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (9 Mei 2019): 26–37. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.407.

Anggraini, Anita, dan Johan Syahbrudin. “Pentingnya Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbasis Praktik Penyelesaian Masalah dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7, no. 2 (1 April 2021): 17–26. https://doi.org/10.5281/zenodo.4657108.

Astrawan, I. Gede Budi. “Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDn 3 Tonggolobibi.” Jurnal Kreatif Online 3, no. 4 (10 Oktober 2014). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3080.

Atika, Nur, dan Zubaidah Amir Mz. “Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.” Suska Journal of Mathematics Education 2, no. 2 (30 November 2016): 103–10. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126.

Dadang Wino Hocky Oktavia, 3217113021. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar.” Skripsi, 15 Desember 2015. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2979/.

Ernawati, Ernawati. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa.” Jurnal Kreatif Online 1, no. 1 (10 Mei 2014). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2518.

Ginting, Nurlia. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gaya Magnet Di Kelas V SD.” Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED 1, no. 1 (4 September 2014). https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1257.

Hastuti, Hikmah Wiji, Sunan Baedowi, dan Qoriati Mushafanah. “Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar.” International Journal of Elementary Education 3, no. 2 (16 Juli 2019): 108–15. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.

Lisnawati, Lisnawati. “Pengembangan Modul Cerita Rakyat Terintegrasi Latar Cerita Daerah Sulawesi Selatan pada Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 4, no. 1 (21 April 2021): 59–74. https://doi.org/10.24256/pijies.v4i1.1824.

Marfuah, Iim, Mardiyana Mardiyana, dan Tri Atmojo Kusmayadi. “Pengembangan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan.” Jurnal Pembelajaran Matematika 2, no. 6 (19 Agustus 2014). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4536.

Putri, Darlya Ika. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI MAN 3 Medan T.A 2017/2018.” Undergraduate, UNIMED, 2018. http://digilib.unimed.ac.id/28698/.

Saidah, Naila, Parmin Parmin, dan Novi Ratna Dewi. “Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem Dan Pelestarian Lingkungan.” Unnes Science Education Journal 3, no. 2 (1 Juli 2014). https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357.

Siregar, Faridah Anum. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan.” Jurnal Pendidikan Fisika 1, no. 1 (2012): 33–38. https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3379.

Sumarsono, Adi. “Implementasi Model Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Berbasis Alam.” Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (17 Juli 2017): 70–83. https://doi.org/10.35724/magistra.v4i2.697.

Susanto, Joko. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di SD.” Journal of Primary Education 1, no. 2 (2012). https://doi.org/10.15294/jpe.v1i2.785.

Tania, Lisa. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5, no. 2 (9 Agustus 2017). https://ejournal.unesa.ac.id.

Wardianti, Yunita, dan Ria Dwi Jayati. “Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 1, no. 2 (25 Desember 2018): 136–42. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.366.

Winarni, Dyah Setyanigrum, Janatun Naimah, dan Yeni Widiyawati. “Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 7, no. 2 (2019): 91–100. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462.

Wiratman, A, M Mustaji, dan W Widodo. “The Effect Of Activity Sheet Based On Outdoor Learning On Student’s Science Process Skills.” Journal of Physics: Conference Series 1157 (Februari 2019): 022007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022007.

Yumarlin, M. Z. “Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar.” Jurnal Teknik 3, no. 1 (2013): 75–84.

Published
2022-03-31
How to Cite
Ica Novita Sari, Edhy Rustan, & Muhammad Ihsan. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terintegrasi Games Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 120-134. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i1.2501