Development of Quizizz Media for Online Learning for Class IV English Subjects at Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
This study aims to determine the feasibility of the media based on the responses of material experts and media experts, as well as to determine student responses to the use of Quizizz media in online learning of English subjects at MI Darul Huda Deyeng. The research method used is a type of Research and Development (R&D) by adapting the Dick and Carrey development model. The test subjects in this study were fourth grade students of MI Darul Huda Deyeng. The data collection instrument used is a questionnaire (questionnaire). The technique used in data collection is a questionnaire with a Likert scale. Analysis of the data used is descriptive analysis. From the results of the research conducted, it shows that the Quizizz media in online learning of class IV English subjects at MI Darul Huda Deyeng which has been developed based on the assessment responses from material experts has obtained a feasibility percentage of 80% and is included in the appropriate category, based on the assessment responses by media experts, it is obtained The percentage of eligibility is 82.66% which is included in the very feasible category, while student responses to the Quizizz media developed get a percentage of 82.82% included in the very feasible category.
[Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media berdasarkan tanggapan penilaian ahli materi dan ahli media, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media Quizizz dalam pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Inggris di MI Darul Huda Deyeng. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis Research and Devlopment (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Dick and Carrey. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Huda Deyeng. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuisoner). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dengan skala Likert. Analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media Quizizz dalam pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa inggris kelas IV di MI Darul Huda Deyeng yang telah dikembangkan berdasarkan tanggapan penilaian dari ahli materi memperoleh presantase kelayakan 80% dan termasuk dalam kategori layak, berdasarkan tanggapan penilaian oleh ahli media mendapat presentase kelayakan 82,66% yang termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan respon siswa terhadap media Quizizz yang dikembangkan memperoleh presentase 82,82% termasuk dalam kategori sangat layak]
References
Agustien, Relis, Nurul Umamah, dan S. Sumarno. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS.” Jurnal Edukasi 5, no. 1 (9 Juli 2018): 19–23. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.
Aini, Yulia Isratul. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu.” Kependidikan 2, no. 25 (2019). http://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/567.
Arif, Jira Rastal, Aiman Faiz, dan Lidiya Septiani. “Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 1 (2022): 201–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1804.
Biesta, Gert. Educational Research: An Unorthodox Introduction. Bloomsbury Publishing, 2020.
Dick, Walter, Lou Carey, dan James O. Carey. The Systematic Design of Instruction. Pearson, 2014.
Fitriyah, Fitriyah. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Melalui Penggunaan Aplikasi Google Classroom Di SDN Sudimoro Kecamatan Tulangan Sidoarjo.” Educatif Journal of Education Research 3, no. 2 (10 Maret 2021): 97–101. https://doi.org/10.36653/educatif.v3i2.71.
Fuad, A. Jauhar, dan Pranita Andhinasari. “Improving Student Learning Outcomes During The Covid-19 Pandemic Using Learning Videos and E-Learning.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 3, no. 2 (30 September 2021): 102–14. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i2.1876.
Fuad, A. Jauhar, dan Sandi Susilo. “Analisis Penggunaan Media Online Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Kota Kediri.” Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran 1, no. 1 (5 Agustus 2021): 58–70.
Haddar, Gamar Al, dan Maulana Adam Juliano. “Analisis Media Pembelajaran Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 6 (18 Oktober 2021): 4794–4801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512.
Heriawan, I. Gede Teguh, dan Putu Ida Arsani Dewi. “Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz Di Kaum Pelajar Masa Kini.” PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu 2, no. 2 (27 Oktober 2021). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/1685.
Hidayati, Issrina Dwika, dan Aslam Aslam. “Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4, no. 2 (17 Agustus 2021): 251–57. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038.
Imani, M. Naqqi, Rizka Oktaviyanti, dan Vicky Akhlan Romdhoni. “Inovasi Media Pembelajaran Linktree Dan Evaluasi Quizizz Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMP.” PISCES : Proceeding of Integrative Science Education Seminar 1, no. 1 (22 Desember 2021): 222–31.
Juliyanti, Nuria Ulfa Eka, Chindy Hanggara Rosa Indah, dan Munawwir Hadiwijaya. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Implementasi Ulangan Harian Siswa XI-A SMAN 1 Waru-Pamekasan.” Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) 1, no. 1 (26 Oktober 2021): 145–51.
Kristanto, Bagas Prima, dan Tri Nova Hasti Yunianta. “Development of Media Evaluation of Mathematics Learning Based Applications Quizizz with Problems PISA Content Quantity.” Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika 11, no. 02 (30 Agustus 2021): 64–72. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.12449.
Kurnia, Lani Dwi, Sri Haryati, dan Roza Linda. “Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Menggunakan Quizizz Pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 10, no. 1 (19 Januari 2022): 176–90. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.21727.
Magdalena, Ina, Azza Salsabila, Diah Ajeng Krianasari, dan Shabira Fairuza Apsarini. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III.” PANDAWA 3, no. 1 (31 Januari 2021): 119–28. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i1.1005.
Muzakki, Hawwin, Restu Yulia Hidayatul Umah, dan Khoirul Mudawinun Nisa’. “Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori Dan Penerapannya Di Masa Pandemi Covid-19.” Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 6, no. 2 (16 Desember 2021): 241–62. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164.
Nurfadhillah, Septy, Annisa Rachmadani, Cintana Shafa Salsabila, Dea Oktaviani Yoranda, Destri Savira, dan Siti Nurani Oktaviani. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz Pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06.” PENSA 3, no. 2 (30 Agustus 2021): 280–96. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1359.
Purba, Leony Sanga Lamsari. “Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I.” Jurnal Dinamika Pendidikan 12, no. 1 (2019): 29–39.
Rohmah, Nafilatur. “Media Pembelajaran Masa Kini: Aplikasi Pembuatan Dan Kegunaannya.” Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (17 Desember 2021): 127–32.
Siska, Jumiati, dan Muhammad Kristiawan. “Pengembangan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (14 Oktober 2021): 5035–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1570.
Swarniti, Ni Wayan. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa.” Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran 1, no. 1 (7 Agustus 2021): 133–44.
Widiyanti, Ifa Seftia Rakhma, dan Saeful Mizan. “Validasi Buku Penilaian Berbasis Literasi Sains (Bupena Berisi) Untuk Calon Guru Sekolah Dasar.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2 Februari 2021): 21–32. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.100.
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media, 2016.
Copyright (c) 2022 A. Jauhar Fuad, Khotimatul Khusna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.