Improving Student Learning Outcomes During The Covid-19 Pandemic Using Learning Videos and E-Learning

  • A. Jauhar Fuad Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Pranita Andhinasari SD Negeri 6 Klodan
Keywords: Learning Outcomes, Covid 19 Pandemic, Learning Videos and E-Learning

Abstract

The problem that arises in learning in the Covid-19 era is unilateral learning centered on teacher activities, by giving assignments. Students only work on assignments and then the work is photographed and sent via whatsapp, causing students to lack understanding of the material and reluctant to do assignments. The solution to the problems above is the use of video for learning and e-learning. This research phase begins with action planning, action implementation, observation and reflection. This stage is repeated until the expected increase in learning outcomes is achieved, and does not require further improvement. The final result analysis showed that in the pre-learning cycle the percentage of classical completeness was 27.28%. In the first cycle there was an increase in classical completeness reaching 54.5%. In the second cycle there was an increase in classical completeness reaching 91%. Thus, it can be concluded that the use of video for learning and e-learning during the covid-19 pandemic is able to improve student learning outcomes.

[Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran di era Covid-19 adalah pembelajaran sepihak yang dipusatkan pada kegiatan guru. Dengan pemberian tugas siswa hanya mengerjakan tugas kemudian karya tersebut difoto dan dikirim melalui whatsapp sehingga menyebabkan siswa kurang memahami materi dan enggan mengerjakan tugas. Solusi dari permasalahan di atas adalah pemanfaatan video untuk pembelajaran dan e-learning. Tahap penelitian ini dimulai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tahap ini diulangi sampai tercapai peningkatan hasil belajar yang diharapkan, dan tidak memerlukan perbaikan lebih lanjut. Analisis hasil akhir menunjukkan bahwa pada siklus pra pembelajaran persentase ketuntasan klasikal sebesar 27,28%. Pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan klasikal mencapai 54,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan klasikal mencapai 91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan video untuk pembelajaran dan e-learning di masa pandemi covid-19 mampu meningkatkan hasil belajar siswa]

References

Abidin, Zainul. “Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran.” Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidi-kan 1, no. 1 (November 8, 2017): 9–20.

Andrianto, Andrianto. “The Role Of Audio Visual Media In Increasing Interst In Learning Islamic Religious Education In Sdn Teloko.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (July 1, 2021): 71–91. https://doi.org/10.36768/abdau.v4i1.177

Apriyanti, Eka. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembe-lajaran Pkn Menggunakan Media Audiovisual Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6, no. 3 (March 21, 2017) https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19182.

Baharuddin, Ilham. “Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring Di Tengah Pandemi COVID-19.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 5, no. 2 (November 16, 2020): 79–88. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1377.

Damayanti, Putri Oktavia. “Efektivitas Media Video Berbasis Powerpoint Dalam Pembelajaran Daring Ter-hadap Hasil Belajar Tema 7 Sub-tema 3 Di Kelas IV B MINU Ngingas Waru Sidoarjo.” Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021. http://digilib.uinsby.ac.id/48170/

Fuad, A. Jauhar. “Domain Pemanfatan Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemik Covid-19 Pada Pendidikan Agama Islam.” Prosiding Muktamar Pemikiran Dosen PMII 1, no. 1 (July 27, 2021): 763–76.

Fuad, A. Jauhar, and Sandi Susilo. “Analisis Penggunaan Media Online Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 1 Kota Kediri.” Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran 1, no. 1 (August 5, 2021): 58–70.

Gusty, Sri, Nurmiati Nurmiati, Muliana Muliana, Oris Krianto Sulaiman, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Melda Agnes Manuhutu, Andri-asan Sudarso, et al. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Ibrahim, Doni Septumarsa, and Siti Partini Suardiman. “Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta.” Jurnal Prima Edukasia 2, no. 1 (January 1, 2014): 66–79. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.

Muhammad Rusli, Dadang Hermawan, and Ni Nyoman Supuwiningsih. Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi, 2020.

Novisya, Dira, and Festiyed Festiyed. “Meta Analisis Video Pembe-lajaran Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 5, no. 1 (December 21, 2019). https://doi.org/10.24036/jppf.v5i1.107421.

Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and Meidawati Suswandari. “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Mate-matika Kelas IV.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 3 (July 24, 2020): 265–76. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74.

Nugroho, Dimas, and Yudha Nurdian. “Pemicuan Pendidikan Kecakapan Hidup Anak Era Pandemi di Sumbersari Jember.” GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 5, no. 1 (May 2, 2021): 13–24. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i1.1955.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembe-lajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Riau: Penerbit CV. Sarmu Untung, 2020.

Raniah, Atalah, Jefiska Roman Prantista, Dwi Pangestuti Alfiana, Sangga Firman Aghisni, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani. “Dampak Pandemi Terhadap Pemanfaatan E-Learning Pada Sekolah Dasar Di Den Haag.” Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman 10, no. 1 (April 26, 2021): 111–24. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i1.251.

Rigianti, Henry Aditia. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7, no. 2 (July 1, 2020). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Setyorini, In. “Pandemi COVID-19 Dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?” Journal of Industrial Engineering & Management Research 1, no. 1 (July 5, 2020): 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.31.

Sihombing, Susi, Hizkia Ronaldus Silalahi, Jonas Ramza Sitinjak, and Hardi Tambunan. “Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan.” Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education 4, no. 1 (June 27, 2021): 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061.

Sukanto, Didik. “Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media E-learning sebagai Solusi Pembelajaran pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).” Syntax Idea 2, no. 11 (November 20, 2020): 834–50. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i11.679.

Sukmadewi, Ni Putu Rika. “Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran dalam Peningkatan Mutu Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi Masa Pandemi Covid 19).” PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu 1, no. 1 (June 22, 2021). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/1326.

Susmiati, Eri. “Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMPN 2 Gangga.” Jurnal Paedagogy 7, no. 3 (August 13, 2020): 210–15. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Published
2021-09-30
How to Cite
Fuad, A. J., & Andhinasari, P. (2021). Improving Student Learning Outcomes During The Covid-19 Pandemic Using Learning Videos and E-Learning. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 102-114. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i2.1876

Most read articles by the same author(s)