Manajemen Pendidikan Karakter pada Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler di MI Pembangunan UIN Jakarta

  • Bukhori Muslim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter, Intrakurikuler, Kokurikuler, Ekstrakurikuler

Abstract

Character education is one part of national development that is prioritized by the current government. In character education, every school/madrasah must integrate character values through activities, such as intra-curricular, co-curricular and extra-curricular activities. However, the fact is that the character education implemented by schools/madrasas has not been implemented properly. One of the causes is the implementation of management functions in schools/madrasa that are less than optimal. The purpose of this study was to analyze and describe the implementation of character education management in intra-curricular, co-curricular and extra-curricular activities at MI Pembangunan UIN Jakarta. This research uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are; Character education management refers to the management function, namely planning, organizing, implementing and supervising the 5 main values of education, namely religious, nationalist, independent, mutual cooperation and integrity in every intracurricular, cocurricular, and extracurricular activity.

[Pendidikan karakter menjadi salah satu bagian dari pembangunan nasional yang diprioritaskan pemerintah saat ini. Dalam pendidikan karakter setiap sekolah/madrasah harus mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan, seperti intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Namun faktanya pendidikan karakter yang diterapkan oleh sekolah/madrasah belum terlaksana dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah penerepan fungsi manajemen di sekolah/madrasah yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pendidikan karakter pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, di MI Pembangunan UIN Jakarta. Penelititan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; manajemen pendidikan karakter mengacu pada fungsi manajmen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang terintegrasi pada 5 nilai utama pendidikan, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas di setiap kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler]

References

Adetule, Prince jide. The Handbook on Management Theories. USA: Author House, 2011. https://www.google.co.id/books/edition/The_Handbook_on_Management_Theories/6ABUhfT0wo0C?hl=id&gbpv=1&dq=Handbook+on+Management+Theories&printsec=frontcover.

Baharuddin. Manajemen Pendidikan Islam : Transformasi Menuju Sekolah Madrasah Unggul / Baharuddin. UIN Maliki Press, 2010. https://www.onesearch.id/Record/IOS3597.slims-24126#toc.

Bahri, Saiful. “MANAJEMEN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta Selatan).” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Fransinatra, Ziko, Gita Sari Gustika, and Deci Ririen. “ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN NON FORMAL (LPPNF) TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU” 8, no. 2 (June 2019): 321–27. https://doi.org/https://doi.org/10.34006/jmbi.v8i2.115.

Hotman, Fritz, and S Damanik. “Hakikat Pancasila Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah.” Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 6, no. 2 (January 10, 2014): 49–60. https://doi.org/10.24114/JUPIIS.V6I2.2284.G1957.

Kemdikbud RI. Hari Sekolah (2017). http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud23-2017HariSekolah.pdf.

Kita, Kampus. “Problematika Pendidikan Di Sekolah Dasar.” 14 oktober, 2019. http://koranbogor.com/berita/kampus-kita/problematika-pendidikan-di-sekolah-dasar/.

Mulyono; Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=5202.

Nafiah, Wasilatun. “Manajemen Pendidikan Karakter (Studi Kasus Di SMP 2 Muhammadiyah Malang.” UIN Maulana malik ibrahim, 2019.

Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia (Edisi Revisi) |. Revisi. jakarta: Raja Grafinfo Persada, 2017.

Rokhman, Fathur, M. Hum, Ahmad Syaifudin, and Yuliati. “Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years).” Procedia - Social and Behavioral Sciences 141 (2014): 1161–65. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “View of Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Jurnal Ilmiah Biologi 6, no. 2 (2020): 214–24. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Setyowati, Eva Rusdiana Devi and Sri. “PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DI SDN AIRLANGGA 1/ 198 SURABAYA | RUSDIANA DEVI | Inspirasi Manajemen Pendidikan.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 7, no. 1 (2019): 1–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/28522/26100.

sugiyono‬. Metode Peneltian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). 10th ed. bandung: alfabeta, 2010.

Zuriyah, Nurul, Moh. Syaifuddin, and Marhan Taufik. Pendidikan Karakter ACPI: Model Pendidikan Karakter Bangsa Untuk Kemandirian Pangan Melalui Gerakan Aku Cinta Produk Indonesia. malang, 2017.

Published
2021-09-30
How to Cite
Muslim, B. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter pada Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler di MI Pembangunan UIN Jakarta. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 131-144. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i2.1799