Upaya Pengintegrasian Living Values Education (LVE) dalam Proses Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di MI Tunas Cendekia Cirebon

Keywords: Integrasi, Living Values Education, Pembelajaran IPA

Abstract

One of the problems in every learning process is the lack of life values for students, especially in science learning. The values of life or living values education are very important to be given to students so that the school can produce graduates who are not only superior in academia and cognitive, but in rustakter education and living values education (LVE). In this context, it is very important to review efforts to integrate living values education in the learning process of science grade IV at MI Tunas Cendekia Cirebon. In order to get the results of the research, the method carried out by researchers is a descriptive qualitative method. The resulting data source is the result of observation, interview, and documentation analysis. The entire data is processed and processed to be presented as a result of the research. The results showed that efforts to integrate living values education (LVE) in the learning process of science students in grade IV at MI Tunas Cendekia Cirebon are students able to understand the values of life and will affect the development of student character. Integration of Islamic education through living values education can also be done so that students can learn Islamic values in the process of science learning through living values education.

[Salah satu permasalahan pada setiap proses pembelajaran adalah kurangnya pemberian nilai-nilai kehidupan bagi siswa, khususnya pada pembelajaran IPA. Nilai-nilai kehidupan atau living values education sangat penting untuk diberikan kepada siswa agar sekolah dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul di bidang akademisi dan kognitif, tetapi dalam pendidikan karatakter dan living values education (LVE). Dalam konteks inilah, sangat penting untuk mengkaji upaya pengintegrasian living values education dalam proses pembelajaran IPA kelas IV di MI Tunas Cendekia Cirebon. Agar mendapatkan hasil penelitian, metode yang dilakukan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang dihasilkan adalah hasil pengamatan, wawancara, dan analisis dokumentasi. Keseluruhan data diolah dan diredukasi untuk dipaparkan sebagai hasil dari penelitian. Hasil penelitian menunjukan, upaya pengintegrasian living values education (LVE) dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas IV di MI Tunas Cendekia Cirebon adalah siswa mampu memahami nilai-nilai kehidupan dan akan berpengaruh pada perkembangan karakter siswa. Pengintegrasian pendidikan keislaman melalui living values education juga dapat dilakukan sehingga siswa dapat mempelajari nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran IPA melalui living values education]

References

Arafik, Muh. ‘Living Values Educational Program: Children Literature Instruction to Improve Character Values of Elementary School Students’: In Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020). Malang, Indonesia: Atlantis Press, 2020. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.241.

’Arofah, Fajrul. ‘PEMBELAJARAN IPA DAN IPS BERBASIS INTEGRASI DAN INTERKONEKSI DENGAN PAI (STUDI KASUS DI MIN MLANGEN SALAMAN DAN MI MA‟ARIF KEBONSARI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)’. IAIN SALATIGA, 2015.

‘Efektifitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDIT Al Azhar Kota Kediri’, n.d. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/pgmi/article/view/1335/765.

Fauzan, Fauzan. ‘Integrasi Islam Dan Sains Dalam Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru MI Berbasis KKNI’. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2017.

Ihsan, Fuad. Dasa-Dasar Kependidikan : Komponen MKDK. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.

Komalasari kokom, saprudin didin. Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.

Munadi, Muhammad. ‘Integrasi Islam Dan Ilmu Dalam Praktek Di Lembaga Pendidikan’. IAN SURAKARTA, 7 January 2016. https://iain-surakarta.ac.id/integrasi-islam-dan-ilmu-dalam-praktek-di-lembaga-pendidikan/.

M.Yusuf, Kadar. Tafsir Tarbawi : Pesan-Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan. 1st ed. Jakarta: Amzah, 2015.

Novianti. ‘INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH | Muspiroh | QUALITY’, 2014. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2099/1737.

Nufus, Hayati. ‘PEMBINAAN KARAKTER MAHASISWA BERBASIS LIVING VALUES EDUCATION’. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (30 May 2019): 148. https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.758.

‘Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Sarana Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar | Kamala | Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam’, n.d. https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/187/173.

‘PENGARUH LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK | Apriani | Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An’, n.d. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/1947/1129.

‘PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SD/MI | Prasetyo | JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)’, n.d. https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/29/9.

Sarah, S, Z K Prasetyo, and I Wilujeng. ‘Integration of Living Values into Physics Learning Based on Local Potentials’. Journal of Physics: Conference Series 1022 (May 2018): 012026. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012026.

Sulistiowati, Rahayu, Eko Budi Sulistio, and Ita Prihantika. ‘PELATIHAN PENDIDIKAN INTEGRITAS UNTUK GURU SMP MELALUI METODE LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI KECAMATAN LUMBOK SEMINUNG, KABUPATEN LAMPUNG BARAT’, n.d., 7.

Wahidin, Wahidin. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana, 2006.

widi, eka sulistyowati wisudawati asih. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Published
2021-03-06
How to Cite
Suci Muzfirah, & Muqowim. (2021). Upaya Pengintegrasian Living Values Education (LVE) dalam Proses Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV di MI Tunas Cendekia Cirebon. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 32-44. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1560