Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudlatul Athfal Ihyaul Islam Prasi Gading

  • Terza Travelancya Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Keywords: Keterampilan Berpidato, Metode Bercerita, Pengembangan Sosial

Abstract

The storytelling method is one of providing learning experiences for RA children by verbally telling stories to children. Storytelling is the process of introducing emotional forms and expressions to children, such as anger, sadness, joy, annoyance, and humor. This method is implemented because the objects to be studied are using story books. This research took place at RA Ihyaul Islam Prasi Gading. The purpose of this study was to determine how the teacher's storytelling method was applied in improving children's social emotional development. The research subjects were 2 teachers and 19 students, while the object of the research was the application of the teacher in improving children's social emotional development through storytelling methods. The approach used was descriptive qualitative. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The results showed that the social emotional development of children could not develop optimally.The development indicators are expressing emotions in accordance with existing conditions, recognizing manners and manners according to local socio-cultural values, understanding regulations and discipline. The indicator points are controlling emotions in a reasonable way, giving and returning greetings, obeying the rules of the game.

 

[Metode bercerita adalah salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak RA dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan. bercerita merupakan proses mengenalkan bentuk-bentuk emosi dan ekspresi kepada anak, misalnya marah, sedih, gembira, kesal, dan lucu.Metode ini dilaksanakan  karena obyek yang akan dipelajari menggunakan buku cerita. Penelitian ini bertempat di RA Ihyaul Islam Prasi Gading. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bercerita yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Subjek penelitian adalah 2 orang guru dan 19 anak didik, sedangkan objek penelitiannya adalah  penerapan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui metode bercerita.Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak belum dapat berkembang secara optimal. Adapun indikator perkembangannya yaitu mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada, mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat, memahami peraturan dan disiplin. Poin indikatornya yaitu mengendalikan emosi dengan cara yang wajar, memberi dan membalas salam, mentaati aturan permainan]

 

References

Abdul Wahab, Solichin. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Aqib, Zainal. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Bandung: Yrama Widya, t.t.

Faisal, Amir, dan Zulfana. Menyiapkan Anak Jadi Juara. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.

Gerungan. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Gunarti, Winda, Lilis Suryani, dan Azizah Muis. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Hartono, Andreas. EQ Parenting (Cara Praktis Menjadi Orangtua Pelatih Emos). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak (Edisi keenam). Jakarta: Erlangga, 2000.

Kemendiknas. “Peraturan Menteri Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.” Yogyakarta: Bina Insane Mulia, 2010.

Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Masitoh. Stategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Musbikin, Imam. Buku Pintar PAUD. Yogyakarta: Laksana, 2010.

Nugraha, Ali, dan Yeni Rachmawati. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Puspitasari, Amaryllia. Emotional Intelleegent Parenting. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.

Salim, Peter, dan Yenny Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press, t.t.

Setiawan, Guntur. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Suyanto, Slamet. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing, t.t.

Syaodih, Ernawulan, dan Mubiar Agustin. Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Terry, George, dan Leslie W. Rue. Dasar-dasar Manajemen (terj.). Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo, t.t.

Published
2021-03-19
How to Cite
Travelancya, T. (2021). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudlatul Athfal Ihyaul Islam Prasi Gading. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 57-71. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1541