Upaya Peningkatan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah

  • Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heny Mulyani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tria Budiani Maris Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tsania Fadilah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wardah Anis Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wilda Nur Aeni Adawiyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Pembelajaran Daring, Pendidikan Kewarganegaraan, Mind Mapping, STAD.

Abstract

This study seeks to find information related to the methods used in an effort to improve student achievement outcomes in online learning for civic education subjects at Madrasah Ibtidaiyah or Elementary Schools. In finding the information needed, researchers use a type of literature study research. Researchers reviewed several previous studies based on theories that were relevant to the problems found. The information obtained is then analyzed by referring to Miles and Hubberman where the information obtained is collected, processed and summarized. From the results of the analysis, it was found that using the mind mapping method and the STAD type cooperative model could improve learning outcomes as well as student creativity in Citizenship Education learning. Mind mapping can make it easier for students to understand a lesson that is recorded creatively, effectively, and efficiently in mapping their thoughts. This method really helps the learning process for Civics subjects, especially the Civics learning model is closely related to increasing children's creativity. Meanwhile, STAD should be grouped not randomly but according to the zoning of their respective houses. So that the presence or absence of a pandemic does not really affect learning with these methods.

 

[Penelitian ini berupaya mencari informasi terkait metode yang digunakan dalam upaya meningkatkan hasil prestasi siswa pembelajaran daring untuk mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar. Dalam mencari informasi yang dibutuhkan, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan. Peneliti mengkaji dari beberapa penelitian terdahulu berdasarkan teori yang relevan dengan permasalahan yang ditemukan. Informasi didapat tersebut kemudian dianalisis dengan mengacu kepada Miles dan Hubberman dimana infomasi yang didapat dikumpulkan, diolah, dan disimpulkan. Dari hasil analisis diperoleh bahwa dengan menggunakan metode mind mapping dan model kooperatif tipe STAD bisa meningkatkan hasil pembelajaran sekaligus kreativitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan mind mapping dapat mempermudah pemahaman peserta didik dalam suatu pembelajaran yang dicatat dengan kreatif, efektif, dan efisien dalam memetakan pikiran-pikirannya. Metode ini sangat membantu proses pembelajaran untuk mata pelajaran PKn, apalagi model pembelajaran PKn erat kaitannya dengan peningkatan kreativitas anak. Sementara untuk STAD hendaknya dikelompokan tidak secara acak namun sesuai zonasi rumahnya masing-masing. Sehingga ada ataupun tidak adanya pandemi, tidak terlalu mempengaruhi pembelajaran yang dilakukan]

References

Darusman, Rijal. “Penerapan Metode Mind Mapping (peta pikiran) Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP.” Infinity Journal 3, no. 2 (2014): 164–73.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 55–61.

Hidayat, Heri, Heny Mulyani, Ajeng Siti Fatimah, Amallia Sholihat, dan Ana Zulfia Latifah. “Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Islam: Islamic Educational Institution Concerning Islamic Education 21, no. 1 (2020): 38–50.

‪Lie, Anita. Cooperative Learning: Menerapka Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo, 2008.‬

LPKN. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nasional Nusantara, 2006.

Mahmud, Aspan R. H., Bonifasius Saneba, dan Jamaludin. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas IV SD Inpres Koyoan.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 5, no. 1 (2017): 44–52.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media, 2008.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar, 2009.

Tukiran, Banani Ma’mur, dan Eko Priyanto. “Model Pembelajaran Student Teams-Achievment Division (STAD).” Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019 “Pengembangan Sumberdaya menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal,” 366 362M.

Published
2021-03-28
How to Cite
Hidayat, Mulyani, H., Maris, T. B., Tsania Fadilah, Anis, W., & Adawiyah, W. N. A. (2021). Upaya Peningkatan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 93-101. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1484