Pendidikan Spiritual Dalam Tradisi Istighosah Santri Pondok Pesantren Al Mahrusiyah III Ngampel

  • Fuad Hasim Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Yasin Nurfalah INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI
Keywords: Pendidikan Spiritual, Tradisi,, Istighotsah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendidikan spiritual dalam tradisi istighotsah santri Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah III Ngampel. Pendidikan spiritual merupakan pendidikan yang menanamkan rasa cinta kepada Alloh di dalam hati seseorang yang menjadikannya mengharap ridho Alloh, baik di setiap ucapan, perbuatan, sikap dan tingkah laku. Itighotsah merupakan pengharapan adanya pertolongan dari Alloh, karena Alloh lah yang maha penolong segalanya dan hanya Alloh yang maha mengabulkan atas segala macam kebutuhan manusia yang menjadi keinginan serta kebutuhannya.  Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif yang beranjak ari dua pertanyaan, yaitu ; 1) Bagaimana Proses Kegiatan Istighotsah 2) Bagaimana Perubahan Spiritual yang Dirasakan Setelah Mengikuti Istighotsah. Dengan adanya pertanyaan yang menjadi rumusan masalah tersebut, peneliti memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Tahap pra istighotsah, dilakukan pengoprakan. Tahap istighotsah, ada tiga bagian didalamnya, pertama Muqodimah, yaitu sholat sunat Tasbih, Witir dan Hajat. Kedua Isi, yaitu tawashul, tahlil dan membaca dzikir. Ketiga Penutup, membaca Hisbus Salamah, Hisbun Nasar dan do’a istighotsah. Tahapan pasca istighotsah. Melaksanakan sholat subuh berjama’ah. 2)  menenangkan jiwa, karena di dalamnya terdapat hal-hal yang mendatangkan ketenangan, seperti sholat sunat, dzikrullah dalam pembacaan tahlil, tahmit, tasbih, takbir dan sholawat.

References

Abd al-Halīm Mahmūd Ali, Al-Tarbīyah al-Rūhīyah, (Qāhirah: Dār al-Tauzī’ wa al-Nasyr al-Islāmiyah, 1995).
Afrizal, Wawancara, Kelas Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah III Ngampel, 12 Juli 2020.
Akmansyah Muhamad. “Eksistensi Guru (Mursyid) Dalam Pendidikan Spiritual Perspektif Abu Hamid al-Ghozali.” IAIN Raden Lintang, 2015.
Al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulumuddin (Kairo: Dar al-Kutub al-Arabiyah).
Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Raneka Cipta, 2002).
Asif Muhamad Fadli Zamzami, Wawancara, Pengurus Jami’iyah Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah, 5 Juli 2020.
Asrul Anam. “Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Konsep Emotional Spiritual Qoutent.” Universitas Yudharta, 2018.
Ayyam Sayidul, Wawancara, Kantor Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah III Ngampel, 15 Juli 2020.
Buzan Toni, Kekuatan ESQ: 10 Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emosional Spiritual (Indonesia: PT Pustaka Delapratosa, 2003).
Dali Zulkarnain, “Menejemen Mutu Pondok Pesantran”, At-Ta’lim, Vol. 12, No. 1, (Januari 2013).
Daud Ali Muhamad, Pendidikan Agama Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2002).
Dewey, Demokracy and Education (New York: The Free Pers, 2005).
Djumaransjah Muhamad dan abdul Malik Karim Amrulloh, Pendidikan Islam , Menggali Tradisi, Meneguhkan eksistensi, (Malang: UIN Malang Perss, 2007).
Dzaky, Wawancara, Santri Pondok Pesantren Lirboyo HM. Al-Mahrusiyah, 10 Juni 2020.
Fauzi, Fuad. “Pendidikan Spiritual Dalam Mengembangkan Karakter Perspektif Imam Al-Gozali.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015.
Firman, Wawancara, Santri Pondok Pesantren Lirboyo HM. Al-Mahrusiyah, 10 Juni 2020.
Firza, Wawancara, Kantor Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah III Ngampel, 25 Juli 2020.
Fuad, A. Jauhar “Tlatah Dan Tradisi Keagamaan Islam Mataraman,” Jurnal Pemikiran Keislaman 30, no. 1 (January 31, 2019): 1–27, https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.659
Hafs Kholid, Wawancara, Kamar Anak Ndalem, Pondok Pesantren Lirboyo HM. Al-Mahrusiyah, 10 Juli 2020.
Hawwa Said, Pendidikan Spiritual (Yogyakarta: Mitra Pustaka, November, 2006).
J. Moleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002).
Jadid Nurul, Tujuan Santri, www.NurulJadid.net, diakses tanggal 20 Desember 2019.
Jejak Pendidikan. “Pengertian Pendidikan Spiritual,” Desember 2016. http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/pengertian-pendidikan-spiritual.html.
Khalidiyah Tuhfatul, “Istighotsah Gus Ali Mustofa Asady Dalam Membangun Emosional Spiritual Qoutient Pada Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional di Singosari Kabupaten Malang”, (Skripsi, UIN Malang, 2019).
Khoerudin Arif, Wawancara, Kantor Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah III Ngampel, 15 Juli 2020.
Khoerul Anam Muhamad, Wawancara, Kamar Timur Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah III Ngampel, 15 Juli 2020.
Kholid Afandi Muhamad Dkk, Pedoman ke-NU-an Kurikulum Madrasah Hidayatul Mubtadi-in Lirboyo (Kediri: Lembaga Bahtsul Masa-il, 2014).
Lubis Khoerudin. “Pembinaan Mental Spiritual Santri di Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid Kabupaten Tapanuli Selatan.” Analitica Islamica 7 (2018).
Ma’sum Ishomudin, Sejarah dan Keutamaan Istighotsah (Surabaya: PWLTN NU Jawa Timur/LTN Pustaka, 2018).
Mahzumi, M. Al-Qodhi Abi Saidil, and A. Jauhar Fuad. “Spiritual Education Through Ziarah Tradition In Syaikh Syamsuddin Al-Wasil Town Kediri City.” EL HARAKAH Jurnal Budaya Islam 21, no. 2 (December 3, 2019): 237–54. https://doi.org/10.18860/el.v21i2.7030
Mangestuti Retno. “Pengembangan Spiritulitas Remaja: Mengapa Remaja Laki-Laki Lebih Memerlukan Dukungan Keluarga Dalam Pengembangan Spiritualitas.” Jurnal Psikoislamika 14 (2017) : 32.
Max Manroe. “Pengetian Pendidikan.” Maxmanroe.com (blog), 14 Februari 2018.
Mohana, Wawancara, Mustahiq di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah III Ngampel, 4 Juli 2020.
Muhamad “Pendidikan Spiritual Santri Dalam Membaca al-Qur’an Pondok Pesantren Haji Mahrus (PPHM) Lirboyo Kediri.” (Skripsi, IAIT Kediri, 2017).
Muhamad Akhmansyah. “Eksistensi Guru Dalam Pendidikan Spiritual Perspektif Abu Hamid Al-Ghozali.” Al-Tazkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6 (2015).
Mulyana Dedy, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010).
Nafiul Karim Muhamad. “Pendidikan Spiritual Santri Dalam Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Haji Mahrus Lirboyo Kota Kediri.” IAI Tribakti, 2017.
Najmudin Ahmad, Wawancara, Kantor Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah III Ngampel, 15 Juli 2020.
Nur Falah Yasin. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dengan Kecerdasan Emosional.” Jurnal Tribakti 26 (2016).
Nur Said Ahmad. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual Intelektual Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa.” Journal of Universitas Negri Yogyakarta 7 (2018).
Quthub Muhamad, Manhaj al-Tarbīyah al-Islāmīyah, (Kairo: Dār al-Syuruq, 2004).
Rafli, Wawancara, Santri Pondok Pesantren Lirboyo HM. Al-Mahrusiyah, 10 Juni 2020.
Republika.com. “Pendidikan Spiritual,” 27 Maret 2013. https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/03/27/mkb6ak-pendidikan-spiritual.
Rustam Ibrahim. “Pesantren dan Pengabdian Masyarakat.” Jurnal At-Tahrir 16 (2016).
Satiadarma Montay P dan Fidelis E. Waruwu, Mendidik Kecerasan (Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2003).
Sayaodih Nana Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan”, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2005).
Suhailah Zain Al- Abidin Ahmad, Mas’uliyah al-Usrah Tahin al-Syababmin al-Irhab, (Lajnah al-Ilmiyahal-Mu’tamar al-Alami’an Mauqif al-Islam min al-Irhab, 2004).
Sumadi, Metodologi Penelitian (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998).
Suryaningrat Erwin. “Menanamkan Kecerdasan Spiritual Pada Anak.” At-Ta’lim 12 (2013).
Susanto Happy. “Perubahan Perilaku Santri.” Journal of Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2 (2016).
Susilo Suko, Metode Penelitian Kualitatif (Surabaya: Jenggala Pustaka Utama, 2013).
Tasmara Toto, Kecerdasan Ruhaniyah (Depok: Gema Insani Press, 2001).
Umi Nur Arifah Aninda. “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Prilaku Prososional Pada Remaja.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
W. Santrok Jhon, Adollocence, (Dalas: Texsas Univercity, 2007).
Wahab Abd dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011).
WikipediA, “Santri”, www.wikipedia.org/wiki/Santri, diakses tanggal 21 Desember 2019.
Yuliyatun.‘Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama’, jurnal dakwah STAIN Kudus, Vol.1, No. 1 (Desember, 2013), h. 155.” Jurnal Dakwah STAIN Kudus 1 (2013): 155.
Published
2020-09-30
How to Cite
Hasim, F., & Nurfalah, Y. (2020). Pendidikan Spiritual Dalam Tradisi Istighosah Santri Pondok Pesantren Al Mahrusiyah III Ngampel. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 89-100. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1304

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.