Sertifikasi dan Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru di MI Misriu Al Hasan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri

  • Ammar Kukuh Wicaksono Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Syafik Ubaidila INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI KEDIRI
Keywords: Guru,, Sertifikasi,, Profesionalitas

Abstract

Guru yang professional adalah guru yang berkompeten dibidangnya. Dengan sertifikasi, kompetensi guru akan lebih ditingkatkan lagi guna kualitas Pendidikan yang lebih baik. Untuk dapat mengikuti program sertifikasi tentu ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh para peserta sertifikasi. Pemenuhan persyaratan akan mempermudah dalam mendapatkan sertifikat pendidik. Setelah mendapat sertifikat pendidik guru harus terus berupaya meingkatkan kinerja dan profesionalitas sebagai bentuk tanggung jawab sebagai seorang guru professional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Hasil penelitian ini yaitu, 1. Syarat dan pola yang dilalui oleh guru-guru di MI Misriu Al Hasan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, ada tiga pola yang diikuti yaitu Portofolio, PLPG dan PPG, 2. Upaya yang telah dilakukan oleh guru sertifikasi di MI Misriu Al Hasan Kraton Mojo Kediri dalam meningkatkan profesionalitas diantaranya dengan meningkatkan kedisiplinan, mengunakan metode mengajar yang sesuai dan efektif, mempersiapkan diri dan materi yang telah direncanakan sebelum melaksanakan pembelajaran, memberikan problem solving pada siswa bermasalah dengan intensif serta mengikuti kegiatan organisasi profesi seperti PGIN dan KKG serta organisasi kemasyarakatan NU. Kegiatan penunjang lain berupa diklat dan seminar.

References

Al-Qur’an dan Tejemahnya. Bandung: CV Diponegoro, 2011.

Anwar, Muhamad. Menjadi Guru Profesional. Prenada Media, 2018.

BUKU 2 | Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru di Rayon LPTK. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2012.

Jejen Musfah. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana, 2012.

Maulidia, Rahmah. Kontribusi Pesantren pada MDGs: penguatan edukasi isu krusial kesehatan reproduksi dan safe motherhood. IMTIYAZ, 2015.

“Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan Yang Diangkat Sampai Dengan Akhir Tahun 2015 - Pendidikan Kewarganegaraan.” Diakses 14 Juni 2020. https://ainamulyana.blogspot.com/2017/12/permendikbud-nomor-no-37-tahun-2017.html.

Ristekdikti. Pedoman Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru. 1 ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, 2018.

Setiawan, Johan, dan Albi Anggito. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak Publisher, 2018.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-undang No.14 th 2005 tentang Guru & dosen. VisiMedia, t.t.

Wardan, Khusnul. Guru Sebagai Profesi. Deepublish, 2019.

Published
2020-09-30
How to Cite
Wicaksono, A. K., & Ubaidila, S. (2020). Sertifikasi dan Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru di MI Misriu Al Hasan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1300

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.