Analisis Tingkat keterbacaan Buku Tematik Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Tahun Ajaran 2017-2018

  • Aly Mashar IAIN Surakarta
  • Bintang Aji IAIN Surakarta
Keywords: Keterbacaan, Buku Tematik Siswa, Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

This paper examines the level of readability of integrated thematic books of low grade Madrasah Ibtidaiyah level using two analysis tools, namely fry and raygor charts. Both of these instruments are used to provide a picture of reading thematic books for low class, which later can be used as a platform for future improvement of textbooks. The form of this research is the library research (Library Research) analysis tool using two analytical tools, namely fry and raygor charts.The results of this study are: 1), grade 1 thematic books according to the fry chart analysis of 8 existing theme books, none of the books match the grade 1 level, whereas according to the raygor chart there is only one book that is suitable, namely theme book 1 ; 2) grade 2 books according to the results of fry chart analysis there are 2 suitable themes, namely theme books 4 and 6, whereas according to the raygor chart there are only 1 appropriate theme books, namely theme book 6; and 3) grade 3 books according to fry charts, there is only 1 suitable theme book, namely theme book 3, while according to raygor chart there are 6 appropriate theme books, namely theme books 3, 4, 5, 6, 7, and 8.

 

[Tulisan ini mengkaji tentang tingkat keterbacaan buku tematik terpadu kelas rendah tingkat Madrasah Ibtidaiyah menggunakan dua alat analisis, yaitu grafik fry dan raygor. Kedua instrument ini digunakan untuk memberikan gambaran keyakan baca buku tematik untuk kelas rendah, yang nantinya bisa dijadikan salah satu pijakan untuk perbaikan buku teks ke depannya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) alat analisisnya menggunakan dua alat analisis, yaitu grafik fry dan raygor. Hasil dari penelitian ini adalah: 1), buku tematik kelas 1 menurut analisis grafik fry dari 8 buku tema yang ada tidak ada satu pun buku yang sesuai dengan level kelas 1, sedangkan menurut grafik raygor hanya ada satu buku yang sesuai, yaitu buku tema 1; 2) buku kelas 2 menurut hasil analisis grafik fry terdapat 2 tema yang sesuai, yaitu buku tema 4 dan 6, sedangkan menurut grafik raygor hanya terdapat 1 buku tema yang sesuai, yaitu buku tema 6; dan 3) buku kelas 3 menurut grafik fry hanya terdapat 1 buku tema yang sesuai yakni buku tema 3, sedangkan menurut grafik raygor terdapat 6 buku tema yang sesuai, yaitu buku tema 3, 4, 5, 6, 7, dan 8]

References

Adelina, Novilana. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas I Tema Kegemaranku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Ananih, Euis, dan Nesa Nuthasanah. “Tingkat Keterbacaan Wacana Pada Buku Paket Kurikulum 2013 Kelas 4 Sekolah Dasar Menggunakan Formula Grafik Fry.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Subang 1(2) (2016).

Arif, Syamsul. “Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII dengan Grafik Raygor.” Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni 3 (2) (2016).

Astuti, Irene Maria Juli. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Merawat Hewan dan Tumbuhan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Budiman, Didin. Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Bahan Ajar Mata Kuliah Penjas, 2017.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Panduan Teknis Memahami Buku Siswa dan Buku Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

———. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pende-katan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Faisal. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Hendrafriana, Yusfana. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas I tema Diriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Holofatuz, N. “Analisis Tingkat Keterbacaan dalam Buku Teks Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Kelas 2.” NOSI 3(2) (2015).

Isnoyo, Setio. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas I tema Keluargaku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Kusumawati, Yuli. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas I Tema Peristiwa Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Moeleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Muhibba, Iba. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Peduli Lingkungan Sosial. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Nurdyansyah, dan Mutala’ah Nahdliyah. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas VI SD PGMI FAI. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah, 2018.

Nurhasanah. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Bersahabat dengan Semua Ciptaan Tuhan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

Nurhasanah, dan Lubna Asegaf. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas I tema Kegiatanku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Purnomosidi. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Kebersamaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Sari, Kusuma Dewi. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Permainan Tradisional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

———. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Perubahan di Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

Sinyanyuri, Sonya. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Bersahabat dengan Ciptaan Tuhan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

———. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Bumi dan Alam Semesta. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

Sunanih. “Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian dari Pengembangan Bahasa.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2 (1) (2017).

Taufina. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Pengalamanku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Yasa, Ketut Ngurah. “Kecermatan Formula Keterbacaan Sebagai Penentu Kefefktifan Teks.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 46 (2) (2013): 238–45.

Published
2020-09-30
How to Cite
Mashar, A., & Aji, B. (2020). Analisis Tingkat keterbacaan Buku Tematik Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Tahun Ajaran 2017-2018. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 49-61. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1223