Analisis Tingkat keterbacaan Buku Tematik Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Tahun Ajaran 2017-2018

  • Aly Mashar IAIN Surajarta
  • Bintang Aji IAIN Surakarta
Keywords: Keterbacaan,, Buku Tematik Siswa,, Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang tingkat keterbacaan buku tematik terpadu kelas rendah tingkat Madrasah Ibtidaiyah menggunakan dua alat analisis, yaitu grafik fry dan raygor. Kedua instrument ini digunakan untuk memberikan gambaran keyakan baca buku tematik untuk kelas rendah, yang nantinya bisa dijadikan salah satu pijakan untuk perbaikan buku teks ke depannya. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) alat analisisnya menggunakan dua alat analisis, yaitu grafik fry dan raygor.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1), buku tematik kelas 1 menurut analisis grafik fry dari 8 buku tema yang ada tidak ada satu pun buku yang sesuai dengan level kelas 1, sedangkan menurut grafik raygor hanya ada satu buku yang sesuai, yaitu buku tema 1; 2) buku kelas 2 menurut hasil analisis grafik fry terdapat 2 tema yang sesuai, yaitu buku tema 4 dan 6, sedangkan menurut grafik raygor hanya terdapat 1 buku tema yang sesuai, yaitu buku tema 6; dan 3) buku kelas 3 menurut grafik fry hanya terdapat 1 buku tema yang sesuai yakni buku tema 3, sedangkan menurut grafik raygor terdapat 6 buku tema yang sesuai, yaitu buku tema 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.

References

Arif, Syamsul dkk. 2016. “Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII dengan Grafik Raygor”. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni,3 (2).
Didin Budiman. 201. Karakteristik Siswa Sekolah Dasar.Bahan Ajar Mata Kuliah Penjas Universitas Muham-madiyah Sidoarjo.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. 2013. Panduan Teknis Memahami Buku Siswa dan Buku Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pende-katan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Euis Ananih, Nesa Nuthasanah. 2016.” Tingkat Keterbacaan Wacana Pada Buku Paket Kurikulum 2013 Kelas 4 Sekolah Dasar Menggunakan Formula Grafik Fry”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Subang,1(2).
Faisal. 2017. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendi-dikan dan Kebudayaan..
Holofatuz,N. 2015.” Analisis Tingkat Keterbacaan dalam Buku Teks Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Kelas 2”. NOSI, 3(2).
Iba Muhibba, dkk.Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Peduli Lingkungan Sosial. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Irene Maria Juli Astuti, dkk. 2017. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Merawat Hewan dan Tumbuhan.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ketut Ngurah Yasa. 2013. “Kecermatan Formula Keterbacaan Sebagai Penentu Kefefktifan Teks “.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46 (2): 238-245.
Moeleong, J Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Nurhasanah,dkk. 2015. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Bersahabat dengan Semua Ciptaan Tuhan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurdyansyah, Mutala’ah Nahdliyah. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas VI SD PGMI FAI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurhasanah dan Lubna Asegaf.2017.Buku tematik kurikulum 2013 Kelas I tema Kegiatanku. Jakarta: Kemen-terian Pendidikan dan Kebu-dayaan.
Novilana Adelina,dkk. 2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas I Tema Kegemaranku. Jakarta: Ke-menterian Pendidikan dan Kebu-dayaan.
Sari Kusuma Dewi, dkk. 2015. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Perubahan di Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Purnomosidi. 2017. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Kebersamaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari Kusuma Dewi.2015.Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Permainan Tradisional.Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Setio Isnoyo, dkk. 2017. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas I tema Keluargaku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sunanih. 2017. “Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian dari Pengembangan Bahasa”. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (1).
Sonya Sinyanyuri,dkk.2015.Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Bersahabat dengan Ciptaan Tuhan .Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sonya Sinyanyuri. 2015. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas III tema Bumi dan Alam Semesta. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Taufina. 2017. Buku tematik kurikulum 2013 Kelas II tema Pengalamanku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yuli Kusumawati,dkk. 2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas I Tema Peristiwa Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yusfana Hendrafriana ,dkk.2017.Buku tematik kurikulum 2013 Kelas I tema Diriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2020-09-30
How to Cite
Mashar, A., & Aji, B. (2020). Analisis Tingkat keterbacaan Buku Tematik Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah Tahun Ajaran 2017-2018. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 49-61. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1223

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.