Implementasi Model ESQ Pada Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Kepanjen Malang

  • Peni Catur Ningtiyas Universitas Islam Malang
Keywords: Implementasi,, ESQ,, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Alam berfikir postmodernisme mengajarkan untuk meninjau ulang konsep-konsep pendidikan yang selama ini dianggap baku. Salah satunya adalah apakah cukup manusia hanya ditekankan untuk memiliki kecerdasan intelektual semata? Berangkat dari pertanyaan di atas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan atau Library Research. Studi kepustakaan adalah teknik pengum-pulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-la-poran yang ada hubungannya dengan ma-salah yang dipecahkan. Dari hasil kajian ini, banyak ditemukan ragam kecerdasan yang justru lebih dianggap penting bagi kehidupan. Manusia bisa dianggap lebih kursial jika memiliki beberapa macam kecerdasan, yang diantaranya terdiri IQ (Intelegence Quotient), EQ (Emosional Quotient), SQ (Spiritual Quotient) dan kecerdasan yang Emotional spiritual quostient (ESQ) berperan krusial pada lembaga-lembaga pendidikan yang ber-basis Islam mampu mengembangkan pen-didikan Islam di Indonsia. Konsep yang bisa dikembangkan sebagai berikut: konsep kebebasan hati,  rukun iman, rukun Islam, dan ketauhidan

References

Agustian, Ary Ginanjar, 2007, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual’ ESQ, Emotional, Spiritual Quottient. The ESQ Way 165, 1 Ihsan 6Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: ARGA Publishing).

Agustian, Ary Ginanjar, 2006, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ POWER Sebuah Inner Journy Melalui Al-Ihsan, (Jakarta: ARGA).

Chambali, Soleh. 1951, Intan Berlian Laki Perempuan, (Surabaya: Penerbit Salim Nabhan dan Ahmad).

Eksan, Moch. 2000, Kiai Kelana Biografi Kiai Muchith Muzadi, (Yogyakarta: LKiS).

M. Sulton & Moh. Khusnuridlo, 2006, Manajemen Pondok Pesantren Dalam Perspektif Global, (Yogyakarta: Laks Bang PRESSindo).

Ma’arif, A.Syafi’I, dkk., 1991, Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, (Yogyakarta: Tiara Wacana).

Quthb Muhammad, 1993, Sistem Pendidikan Islam terj. Salman Harun, (Bandung: Al Maarif).

Soebahar, Abd Halim, 2003, Matrik Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia),

Zamroni, 2001, Paradigma Pendidikan Masa Depan, (Yogyakarta: Bigraf Publishing)

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Published
2020-09-30
How to Cite
Catur Ningtiyas, P. (2020). Implementasi Model ESQ Pada Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Kepanjen Malang . EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 37-48. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1161

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.