Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Perumusan Materi Pokok Madrasah Ibtidaiyah

  • Ahmad Noviansah Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Kebijakan Literasi Sekolah, Pendidikan Karakter

Abstract

National government policy to make regulations School literacy movement is an effort of the Ministry of Education and Culture in achieving one of its programs, which is to fulfill the nation's children from the age of development to read so that the potential of human resources increases and broadens public involvement in developing and cultivating literacy in Indonesia, the school litersation movement is also a comprehensive and ongoing effort to make schools the first learning organization to be based on, lack of interest in reading or ability literacy has an impact on people's lives. Conceptually, literacy is adopted and promoted by the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud), so that character education also arises to develop the character of the nation's children, character education is all that concerns good behavior, character, heart, soul, behavior, perosonality, nature , temperament, character, character, and nature.

 

[Kebijakan pemerintah Nasional untuk membuat peraturan Gerakan literasi sekolah (GLS) adalah suatu upaya Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mencapai salah programnya yaitu menunbuhkan anak bangsa dari usia perkembangan untuk membaca supaya potensi SDM meningkat dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuh kembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia, gerakan litersasi sekolah juga menjadi upaya yang dilakukan secara menyeluh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran pertama dikarnakan, rendahnya minat baca atau kemampuan literasi berdampak dalam kehidupan masyarakat. Secara konseptual pengertian literasi yang diadopsi dan disosialisasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sehingga timbullah juga pendidikan karakter untuk menumbuh kembangkan  karakter anak bangsa, pendidikan karakter merupakan semua yang menyangkut perangai baik itu budi pekerti, hati, jiwa, perilaku, perosonalitas, sifat, temperamen, tabiat, watak, dan sifat]

References

Dalyono, Bambang. “Implemtasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Bangun Rakaprima 03/02/Okto. n.d.

Fath, Zainal Al. “Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (Konsep Dan Implementasi).” Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1 No 2. n.d.

Firdaos, Yeti Rijal. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.” Al-Tadzkiyyah 8 No II. 2017.

Maisaro, Atik. “Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar” 1. n.d.

Nindya Faradina. “Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten.” Hanata Widya 6, no. 8. 2017.

Oktaviani, Ika. “Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah.” Prosiding Seminar Nasioanal, 2017.

Rahmayani, Putri. “Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Local.” Jpsd 3 No 2 n.d..

Rohman, Syaifur. “Memangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakam Literasi Sekolah” 2017.

Published
2020-03-31
How to Cite
Noviansah, A. (2020). Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Perumusan Materi Pokok Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1009

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.