Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan <p>The focus of this journal examines research in the field of Islamic economics, both literacy research or field research. The scope of journal studies includes economic education, business, finance, banking, management, Islamic financial institutions, economic law, fiqh muamalah, economic hadith, Ziswaf, taxes, dtc.</p> en-US ammar.kukuh@gmail.com (Ammar Kukuh) tantrigirl66@gmail.com (Sutantri) Tue, 30 Nov 2021 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1790 <p>Sebagai lembaga penyedia fasilitas jalur laut yang mempunyai misi untuk menghubungkan antara satu daerah dengan daerah lainnya, maka dari itu pelabuhan sangat dibutuhkan dalam mempermudah bongkar muat barang atau jasa. Pelabuhan merupakan sebuah fasilitas di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang maupun penumpang kedalamnya. Dalam fungsinya tersebut, berarti pelabuhan harus melayani segala bentuk kegiatan dan kepentingan yang berhubungan dengan kebutuhan orang yang akan berpergian dengan menggunakan sarana jasa angakatan laut. Oleh karena itu pelayanan yang diberikan kepada penumpang harus dilaksanakan secara optimal dan berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh&nbsp; fasilitas dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. populasi adalah seluruh pelanggan yang sudah menggunakan jasa pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dengan jumlah sampel 50 orang. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima,sedangkan fasilitas tidak berpengaruh.</p> Fitri Fadillah, Intisari Haryanti Copyright (c) 2021 Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1790 Thu, 30 Sep 2021 00:00:00 +0000 Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1963 <p>Ekonomi digital saat ini terus berkembang di dunia tak terkecuali di Indonesia, hal ini ditandai dari meningkatnya pengguna internet. Awal tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020. Terlebih saat&nbsp; pandemi covid-19 telah merubah mekanisme pelayanan jasa dan perilaku konsumen. Para&nbsp; pelaku usaha perlu berinovasi agar bagaimana bisa menyelaraskan kebiasaan baru para konsumen dari model jual beli konvensional menjadi <em>e-commerce</em>. Asosiasi Ecommerce Indonesia mencatat bahwa hingga Maret 2021 jumlah UMKM yang tergabung dalam berbagai <em>marketplace</em> telah mencapai kisaran 4,8 juta. Angka tersebut mengalami kenaikan dari akhir 2020 sebesar 3,8 juta. Namun ternyata kemajuan digitalisasi tak hanya mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha yang mampu berkembang dalam mengikuti kemajuan teknologi, namun juga menjadikan ketimpangan bagi yang tidak mampu mengikuti perkembangan digitalisasi. Penelitian ini adalah kajian pustaka dan hasil olah pikir peneliti. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan pendekatan kualitatif. Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari digitalisasi bagi perkembangan perekonomian Indonesia diantanya pangsa pasar luas, transaksi lebih mudah, produksi meningkat, pembayaran lebih sederhana, dan promosi lebih variatif. Sedangkan sisi <em>mudharat</em> diantaranya kurangnya serapan tenaga kerja, rentan terjadi penipuan, dan plagiarisme. Selain itu sektor yang potensial berkembang di era digitalisai diantanya sektor keuangan, sektor pertanian, dan sektor kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif.</p> Imma Rokhmatul Aysa Copyright (c) 2021 Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1963 Thu, 30 Sep 2021 00:00:00 +0000 E-Government: Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Syariah Di Pegadaian Cabang Malang https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1964 <p>Di era teknologi seperti sekarang ini PT. Pegadaian Syariah selalu melakukan inovasi, yaitu sebagai solusi keuangan menghadirkan ragam produk dan layanan yang tidak hanya menyediakan kebutuhan nasabah akan dana, akan tetapi juga kenyamanan dan kecepatan pelayanan. PDSS adalah inovasi yang dibuat guna menghadapi serbuan <em>financial technologi</em> (fintech) yang makin merangsek ke masyarakat. Namun, seberapa efektifitas pelayanan publik aplikasi PDSS untuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen serta kualitas pelayanan nasabah dalam penggunaan aplikasi tersebut. jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya sistem online yang diberikan oleh pegadaian dirasa cukup efektif untuk para nasabah yang ingin melakukan transaksi dimana saja. Namun, sistem pegadaian digital kurang berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya sosialisasi dari pihak pegadaian terhadap sistem pelayanan yang baru yaitu pelayanan secara online yang bisa diakses dengan mudah, gratis dan di download melalui appstore maupun playstore. Dapat ditarik kesimpulan komparatif kualitas pelayanan pengguna aplikasi ini dan manual untuk kualitas pelayanan nasabah sama-sama puas dalam bertransaksi namun nasabah lebih memilih melakukan transaksi secara online karena cukup menghemat waktu.</p> Iva Khoiril Mala Copyright (c) 2021 Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1964 Thu, 30 Sep 2021 00:00:00 +0000 Analisis Kelayakan Nasabah Dalam Pembiayaan Online Syariah Pada Aplikasi Berkah Fintek Syariah Surabaya https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1965 <p>Artikel ini membahas mengenai praktik pinjam meminjam uang berbasis teknologi (<em>financial technology</em>) yang dilakukan secara <em>online </em>dan tidak mensyaratkan adanya agunan, praktik tersebut memungkinkan terjadinya kredit macet. Adapun hal tersebut dapat timbul dari faktor nasabah seperti tindakan secara sengaja untuk tidak membayar hutang ataupun karena faktor kesalahan pihak lembaga keuangan dan kurangnya ketelitian dari tim analisis. Maka dari itu perlu untuk dipahami pentingnya menganalisis kelayakan nasabah agar tidak terjadi lagi kredit macet atau risiko yang lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan bagaimana proses pengajuan pembiayaan pada aplikasi pinjaman kredit <em>online </em>Berkah Fintek Syariah Surabaya dan untuk mendapatkan kejelasan bagaimana penerapan kelayakan nasabah dalam pembiayaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan dua sumber data, yaitu data primer (wawancara langsung) dan data sekunder (literatur buku-buku referensi) Dalam analisis data, penulis di sini menggunakan cara berpikir induktif yang berawal dari data dan informasi prosedur pengajuan pembiayaan dilanjutkan dengan menganalisis kelayakan nasabah dalam pemberian pembiayaan di aplikasi Berkah Fintek Syariah Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pemberian pembiayaan pada Aplikasi Berkah Fintek Syariah menggunakan 5 tahapan prosedur pembiayaan, yaitu proses pengajuan pembiayaan, proses analisis pengajuan pembiayaan, proses akad perjanjian, proses pencairan dana, dan pengembalian dana. Analisis kelayakan pembiayaan menggunakan metode 5C: <em>Character, Capacity, Collateral, Capital </em>dan <em>Condition of Economy</em>. Kelima metode tersebut digunakan dalam menganalisis kelayakan pembiayaan pada Aplikasi Berkah Fintek Syariah dengan mekanisme <em>scoring by system.</em></p> A. Afif Amrullah, Is’adurrofiq Is’adurrofiq Copyright (c) 2021 Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1965 Thu, 30 Sep 2021 00:00:00 +0000