Perencanaan Strategis Pengembangan Usaha Ekonomi Mikro Islam di Koperasi Pesantren Al-Qodiri Jember

  • Villatus Villa Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
Keywords: Perencanaan Strategis, Pengembangan Koperasi Pesantren

Abstract

Salah satu usaha yang termasuk unit ekonomi mikro Islam adalah koperasi syariah. Pada perkembangannya sampai saat ini, koperasi syariah menghadapi berbagai masalah, termasuk masalah pendanaan. Untuk menghadapi masalah tersebut, salah satu upaya strategis yang dapat dilakukan oleh adalah menerapkan perencanaan strategi yang baik agar dapat menentukan langkah yang yang tepat daam menghadapi segala permasalahan yang ada. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan strategi pengembangan usaha ekonomi mikro Islam di koperasi Pesantren Al-Qodiri Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Perencanan strategi pengembangan usaha ekonomi mikro Islam di koperasi Pesantren Al-Qodiri Jember melalui beberapa tahap, di antaranya: 1) analisis lingkungan baik lingkungan internal maupun eksternal koperasi pesantren Al-Qodiri Jember. 2) berdasarkan analisis SWOT posisi Koperasi Pesantren Al-Qodiri Jember berada pada kuadran II sehingga berada pada masa tumbuh dan membangun (grow and build). Strategi yang cocok bagi badan usaha yang berada pada posisi Grow and Build adalah strategi intensif  diantaranya adalah a) Memperluas dan memperkuat jaringan dan kerja sama dengan semua pihak yang terkait; b) Pengembangan dan perluasan koperasi pesantren Al-Qodiri Jember; dan c) Perluasan ekspansi pasar di beberapa tempat di luar pesantren.

References

AB Susanto, Manajemen Strategik Komprehensif. Jakarta: Erlangga, 2014.
Anissa Mayang Indri, “Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran”, Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17 No. 2, 2020.
Darmawan, R. S., & Fauzi, A.. “Implementasi Akad Ijarah Pada Pembiayaan Pendidikan di KSSU Harum Dhaha Kediri”. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), 2020, 51-65. https://doi.org/10.33367/at.v2i1.1127
Hery, Cara Cepat dan Mudah Memahami Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Nur S. Bukhori, Koperasi Syariah. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka, 2009.
Porter, Competitive Adventage, Creating and Sustaining Superior Performance, New York: The Free Pross, 1985.
Rahmawati, S., & Sutantri. “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri”. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 2019, 90-117. https://doi.org/10.33367/at.v1i2.1061
Rokhmat Subagyo, Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: Alim’s Publishing, 2016.
Sholihah, C. A., & Aysa, I. R. “Analisis Perhitungan Bagi Hasil Simpanan Mudharabah di KSSU Harum Dhaha Kediri”. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 2019, 72-89. https://doi.org/10.33367/at.v1i2.1060.
Tamalla, A. N., & Fauzi, A. “Strategi Kemandirian Berwirausaha Santri Perspektif Etika Bisnis Islam”. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 2021, 185-198. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1461
Umar Siswanto dkk., “Entrepreneurial Motivation in Pondok Pesantren”. Internatonal Journal Of Business and Behavioral Sciences (IJBBS), 3 (2), 2013.
Published
2022-03-30
How to Cite
Villa, V. (2022). Perencanaan Strategis Pengembangan Usaha Ekonomi Mikro Islam di Koperasi Pesantren Al-Qodiri Jember. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 4(1), 67-83. https://doi.org/10.33367/at.v4i1.1466