Strategi Kemandirian Berwirausaha Santri Perspektif Etika Bisnis Islam

  • Alyya Noor Tamalla Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Ahmad Fauzi Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Kemandirian Berwirausaha, Etika Bisnis Islam

Abstract

Kemandirian termasuk sebagai sumber tenaga kerja untuk menghasilkan produk yang berkualitas, baik berupa materi maupun barang dan jasa. Sebagai seorang individu, seorang wirausahawan juga harus mempunyai sesuatu hal yang utama mengenai perilaku, sikap dan kebiasaan yang tumbuh dan berkembang yang dapat dibentuk oleh suatu kondisi lingkungan maupun pengalaman dalam berwirausaha. Kegiatan berwirausaha di Pondok  Pesantren Darussalam Lirboyo meliputi koperasi, kantin, jual beli online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah kemandirian berwirausaha santri perspektif etika bisnis Islam studi kasus pondok pesantren Putri Unit Darussalam Lirboyo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pelaksanaan kemandirian kewirausahaan yang terdapat di Pondok Pesantren Unit Darussalam Lirboyo Kota Kediri, hal ini dapat dibuktikan dengan dibentuknya usaha yang dijalankan. didalam pondok pesantren meliputi kantin, koperasi, dan kegiatan jual beli online. Pelaksanaan Kemandirian Berwirausaha Santri di Pondok Pesantren Putri Unit Darussalam Lirboyo Kediri Perspektif Etika Bisnis Islam. Dibuktikan dengan tetap memperhatikan Prinsip, Manajemen, Marketing, Harga yang digunakan sebagai panduan dalam menjalankan sebuah bisnis atau usahanya.

References

Anwar, Muhammad, Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia, 2014.
Roisah, Alfi, “Motivasi Berwirausaha ”, Ekonomi Syariahdan Bisnis Islam, 2018.
Alma, Buchari, Kewirausahaan, Bandung :Alfabeta, 2011.
Idris, Hadits Ekonomi dalam Prespektif Islam Hadist Nabi, Jakarta :Kencana, 2015.
Ayub, Muhammad, Understanding Islam Finance Keuangan Syariah, Jakarta : Kompas Gramedia, 2007.
Djakfar, Muhammad, Etika Bisnis, (Jakarta: Penebar Plus, 2012), h. 29.
hasan, Ali, Manajemen Bisnis Syari’ah, yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Hidayah, Novita Sa’adatul, 2015, “Persaingan Bisnis Pedagang Pasar”Ganefo Mranggen Demak Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam, UIN Walisongo, Semarang.
Khamidah, Nur “Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Life Skill Santri di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim Dua’fa Madani” Yogyakarta, 2018.
Published
2021-09-30
How to Cite
Tamalla, A. N., & Fauzi, A. (2021). Strategi Kemandirian Berwirausaha Santri Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 185-198. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1461