Analisis Kelayakan Nasabah Dalam Pembiayaan Online Syariah Pada Aplikasi Berkah Fintek Syariah Surabaya

  • A. Afif Amrullah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Is’adurrofiq Is’adurrofiq Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Kelayakan Nasabah, Aplikasi Pinjaman Kredit Online, 5C

Abstract

Artikel ini membahas mengenai praktik pinjam meminjam uang berbasis teknologi (financial technology) yang dilakukan secara online dan tidak mensyaratkan adanya agunan, praktik tersebut memungkinkan terjadinya kredit macet. Adapun hal tersebut dapat timbul dari faktor nasabah seperti tindakan secara sengaja untuk tidak membayar hutang ataupun karena faktor kesalahan pihak lembaga keuangan dan kurangnya ketelitian dari tim analisis. Maka dari itu perlu untuk dipahami pentingnya menganalisis kelayakan nasabah agar tidak terjadi lagi kredit macet atau risiko yang lainnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan bagaimana proses pengajuan pembiayaan pada aplikasi pinjaman kredit online Berkah Fintek Syariah Surabaya dan untuk mendapatkan kejelasan bagaimana penerapan kelayakan nasabah dalam pembiayaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan dua sumber data, yaitu data primer (wawancara langsung) dan data sekunder (literatur buku-buku referensi) Dalam analisis data, penulis di sini menggunakan cara berpikir induktif yang berawal dari data dan informasi prosedur pengajuan pembiayaan dilanjutkan dengan menganalisis kelayakan nasabah dalam pemberian pembiayaan di aplikasi Berkah Fintek Syariah Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pemberian pembiayaan pada Aplikasi Berkah Fintek Syariah menggunakan 5 tahapan prosedur pembiayaan, yaitu proses pengajuan pembiayaan, proses analisis pengajuan pembiayaan, proses akad perjanjian, proses pencairan dana, dan pengembalian dana. Analisis kelayakan pembiayaan menggunakan metode 5C: Character, Capacity, Collateral, Capital dan Condition of Economy. Kelima metode tersebut digunakan dalam menganalisis kelayakan pembiayaan pada Aplikasi Berkah Fintek Syariah dengan mekanisme scoring by system.

References

Andi Nursyahriana, dkk. Analisis Faktor Penyebab Terjaidnya Kredit Macet. Universitas Mulawarman : Forum Ekonomi, 2017. Volume 19, No. 1, 2017.
Andini, Ully dkk. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal (Studi Di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati). Universitas Brawijaya : Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 12, Hal. 7-11, 2016.
Chrismastianto, I. A. W. “Analisis Swot Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia”. (Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 133-144), 2017.
Hari Widowati . “OJK Temukan Indikasi Debitur P2P Lending yang Sengaja Tak Mau Bayar”. (Katadata, 14 November 2018), diunduh melalui https://katadata.co.id/hariwidowati/digital/5e9a55981f812/ojk-temukan-indikasi-debitur-p2p-lending-yang-sengaja-tak-mau-bayar, pada 5 Maret 2020.
Ikatan Bankir Indonesia. Mengelola Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011.
Istiqamah, I. Analisis Pinjaman Online Oleh Fintech Dalam Kajian Hukum Perdata. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum. 6 (2), 291-306, 2019.
___________________ Analisis Pinjaman Online Oleh Fintech Dalam Kajian Hukum Perdata. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum. 6 (2), 291-306, 2019.
Jamaluddin, F. “Mitigasi Resiko Kredit Perbankan”. (Al-Amwal: Journal of Islamic Economic Law, 2018). 3(1), 83-95.
Nurjati, A. F. A. I. S. “Pinjaman Online Dalam Perspektif Fikih Muamalah Dan Analisis Terhadap Fatwa DSN-MUI NO. 117/DSN-MUI/IX/2018”. Vol 21 No. 2, 2020.
Otoritas Jasa Keuangan. “Peraturan Otoritas Jasa Keuangan”. NOMOR 77 /POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, 2016.
Santi, M. Peran Pinjaman Dana Berbasis Online Melalui Aplikasi Terhadap Perekonomian Di Indonesia. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam. 6(02), 116-127, 2019.
Sugiyono. “Metodelogi Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D”. Bandung : CV Alfabeta, 2019.
Published
2021-09-30
How to Cite
Amrullah, A. A., & Is’adurrofiq, I. (2021). Analisis Kelayakan Nasabah Dalam Pembiayaan Online Syariah Pada Aplikasi Berkah Fintek Syariah Surabaya. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 167 - 184. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1460