E-Government: Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Syariah Di Pegadaian Cabang Malang

  • Iva Khoiril Mala Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Efektivitas Pelayanan, IT, Pegadaian Digital Service Syariah

Abstract

Di era teknologi seperti sekarang ini PT. Pegadaian Syariah selalu melakukan inovasi, yaitu sebagai solusi keuangan menghadirkan ragam produk dan layanan yang tidak hanya menyediakan kebutuhan nasabah akan dana, akan tetapi juga kenyamanan dan kecepatan pelayanan. PDSS adalah inovasi yang dibuat guna menghadapi serbuan financial technologi (fintech) yang makin merangsek ke masyarakat. Namun, seberapa efektifitas pelayanan publik aplikasi PDSS untuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen serta kualitas pelayanan nasabah dalam penggunaan aplikasi tersebut. jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya sistem online yang diberikan oleh pegadaian dirasa cukup efektif untuk para nasabah yang ingin melakukan transaksi dimana saja. Namun, sistem pegadaian digital kurang berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya sosialisasi dari pihak pegadaian terhadap sistem pelayanan yang baru yaitu pelayanan secara online yang bisa diakses dengan mudah, gratis dan di download melalui appstore maupun playstore. Dapat ditarik kesimpulan komparatif kualitas pelayanan pengguna aplikasi ini dan manual untuk kualitas pelayanan nasabah sama-sama puas dalam bertransaksi namun nasabah lebih memilih melakukan transaksi secara online karena cukup menghemat waktu.

References

Beni Pekei, (2016), Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi. Buku 1.Jakarta Pusat : Taushia
Bharata, Atep A., (2003), “Dasar-Dasar Pelayanan Prima”, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.
Chesanti, Puspa C., Setyorini, Retno, (2018), Pengaruh E-Service Quality terhadap kepuasan pelanggan sebagai pengguna Aplikasi PLN Mobile, Jurnal Penelitian Pendidikan, Universitas Telkom Bandung
Crystalia, Ones G., (2015), “Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fitriana, Diah N., (2014), “Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng Surabaya)”, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 2, Nomor 1, Januari 2014.
Gunawan, B., dan Pratama, F. A, (2018), “Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi”, 1 ed. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Handayani, Nida, (2017), Efektivitas Website dalam Pelayanan Elektronik Pemerintah Kota Depok, Jurnal Swatantra, Volume 15, Nomor 1, Januari 2017
Hilda, Nurul, (2014), “Strategi Inovasi Layanan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II”, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 2, Nomor 1, Januari 2014.
Krisnasari, Hastanti R., (2013), Pengaruh Indikator-Indikator Kualitas Layanan Dari Bagian Layanan Mahasiswa Dan Kualitas Produk Portal Mahasiswa Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Journal of Industrial Engineering & Management Systems Vol. 6, No 1, February 2013.
Layaman & Andriyani Novi. (2017). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi serta Dampaknya pada Kepuasan Nasabah Bank Jabar Banten Syariah Cirebon, Al Amwal, https: / / garuda.ristekbrin.go.id/ documents/ detail/617110, 9 (1), 2017, diakses pada tanggal 24 Februari 2021.
Lembaga Administrasi Negara, (2017), “Modul: Pelatihan Dasar Calon Pns Pelayanan Publik”, LAN, Jakarta.
Lindawaty, Debora S., Dharmanintias, Dewi S., Ardiyanti, Hardrini, dan Khatarina, Riris, (2018), Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.
Maryam, Siti, (2007), “Pergeseran Kebijakan Dalam Pelayanan Publik Pada Badan Usaha Milik Negara (Bumn) (Dalam Perspektif Hukum Dan Kebijaksanaan Publik)”, Tesis. Program Magister Ilmu Hukum, Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro, Semarang.
Pegadaian Syariah (2018), Pegadaian Digital Syariah. https://syariah.digital.pegadaian.co.id/ bantuan/ syarat-ketentuan
Tjiptono, F. & Chandra, G,. (2016). Service, Quality dan Satisfaction, Yogyakarta : C.V Andi Offset
Published
2021-09-30
How to Cite
Mala, I. K. (2021). E-Government: Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Syariah Di Pegadaian Cabang Malang. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 154 - 166. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1459