Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima

  • Fitri Fadillah STIE Bima
  • Intisari Haryanti Stie bima
Keywords: Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Sebagai lembaga penyedia fasilitas jalur laut yang mempunyai misi untuk menghubungkan antara satu daerah dengan daerah lainnya, maka dari itu pelabuhan sangat dibutuhkan dalam mempermudah bongkar muat barang atau jasa. Pelabuhan merupakan sebuah fasilitas di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang maupun penumpang kedalamnya. Dalam fungsinya tersebut, berarti pelabuhan harus melayani segala bentuk kegiatan dan kepentingan yang berhubungan dengan kebutuhan orang yang akan berpergian dengan menggunakan sarana jasa angakatan laut. Oleh karena itu pelayanan yang diberikan kepada penumpang harus dilaksanakan secara optimal dan berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh  fasilitas dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. populasi adalah seluruh pelanggan yang sudah menggunakan jasa pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dengan jumlah sampel 50 orang. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima,sedangkan fasilitas tidak berpengaruh.

References

Aswad, S, Reliaze, R & Wangdra, R et al. (2018) Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center, JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6 (2) : 77.
Hisam, M, W, Sanyal, S, & Ahmad, M, et al. (2016), International Review Of Management and Marketing, The impact of service quality on custumer satisfaction: A study on selected retail stores in india, 6 (4).
Masrin, I, & Hasibuan, E, et al. (2019), Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Trans Padang, Indra Masrin dan Elis Hasibuan Fakultas Ekonomi UMSB, 1 (1) : 9-19.
MZ, H, et al. (2014), Analisis Pengaruh Pelayanan Jasa Service Sepeda Motor Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Astra Motor Plaju Palembang, Jurnal Desiminasi Tekhnologi,2 (2), : 173-182.
Nofitasari, Alwi Suddin, & Rahayu Triastity, et al. (2016), Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Nggone Koncoku Coffe House Di Surakarta (Survey Pada Pelanggan Nggone Koncoku Coffe House Di Surakarta), Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16 (2) : 253-259.
Priansa, et al. (2017), Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontenporer, Alfabeta, Bandung.
Suyitno, et al. (2017), Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dan Kompetensi Pegawai Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai, Journal Of Applied Business Administration, 1 (2): 124-133.
Sugiyono, et al. (2008), Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dan R&D, Bandung.
Sugiyono, et al. (2015), Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, et al, (2017), Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dan R&D, Alfabeta,CV, Bandung.
Pasuraman, Wijaya, Tony, et al. (2011), Manajemen Kualitas Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Published
2021-09-30
How to Cite
Fadillah, F., & Intisari Haryanti. (2021). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125 - 139. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1457