Strategi Fundraising Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Kota Kediri

  • Istiqomah Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Ahmad Fauzi Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Strategi Fundraising, Dana Zakat

Abstract

Penghimpunan (fundraising) dana zakat merupakan suatu upaya atau proses kegiatan dalam rangka menghimpun dana zakat serta sumber daya lainnya dari masyarakat baik individu, kelompok, maupun organisasi yang akan disalurkan dan di dayagunakan untuk mustahik. Dalam kegiatan fundraising diperlukannya strategi yang tepat guna menyukseskan tujuan dari fundraising secara efektif. Ada beberapa strategi fundraising yang perlu diperhatikan antara lain: menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Strategi yang tepat sangat berepengaruh besar terhadap jalannya zakat di setiap lembaga. Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nurul Hayat Kediri memiliki peran penting dalam menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan sumber data berasal dari hasil wawancara dan dokumen-dokumen yang ada kemudian dianalisis menggunakan SWOT lalu ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang dilakukan, LAZ Nurul Hayat Kediri berada pada posisi strategi agresif yaitu lembaga LAZ Nurul Hayat Kediri memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Beberapa strategi tersebut yaitu: 1) peningkatan kerjasama dengan DKM 2) memberikan beasiswa kepada mahasiswa prodi zakat 3) memperkenalkan produk ke target customer 4) menjaring muzakki dari kalangan pengusaha.

References

Abidah, Atik, Analisis Strategi Fundraising Terhadap Peningkatan Pengelolaan Zis Pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo,‖ Kodifikasia Vol. 10, no. No. 1 (Tahun 2016)
Al-Qur‘an, at-Taubah: 103.
Azwar, Martavevi , Zakat Dan Kesejahteraan Sosial,‖ Jurnal ISLAMINOMIC Vol. V, no. No. 2 (Agustus 2016).
Badan Pusat Statistik Kota Kediri, Statistik Angkatan Kerja Kota Kediri Tahun 2019 (Kediri: BPS Kota Kediri, 2019)
Daftar Masjid / Musholla Di Kota Kediri, Jawa Timur | Profil Masjid / Musholla,‖ Dream.co.id, diakses 17 Juli 2020, https://www.dream.co.id/.
Lubis, Deni, Dedi Budiman Hakim, dan Yunita Hermawati Putri, ―Mengukur Kinerja Pengelolaan Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS),‖ JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) Vol. 3, no. No. 1 (Juni 2018)
Nugroho, Hendri dan Dian Anubhakti, Analisa Dan Penerapan E-Commerce Pada Sporty Kuy Store Dengan Pendekatan Business Model Canvas,‖ Jurnal IDEALIS Vol. 3, no. No. 1 (Januari 2020)
Permatasari, Bella, Pelaksanaan Fundraising Di Lembaga Amil Zakat Infak Dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Solo (Studi Berdasarkan Undang-Undang No 23 Tahun 2011)‖ (PhD Thesis, IAIN Surakarta, 2018)
Prasetyo, Agus Dwi, wawancara online Analisis SWOT strategi fundraising LAZ Nurul Hayat Kediri, 28 Mei 2020, Kantor Pusat LAZ Nurul Hayat Kediri.
Purnamasari, Dian dan Achmad Firdaus, Analisis Strategi Penghimpunan Zakat Dengan Pendekatan Business Model Canvas,‖ HUMAN FALAH Volume 4, no. No. 2 (Juli- Desember 2017)
Purnamasari, Dian dan Achmad Firdaus, ―Analisis Strategi Penghimpunan Zakat Dengan Pendekatan Business Model Canvas,‖ HUMAN FALAH Volume 4, no. No. 2 (Juli- Desember 2017)
Rangkuti, Freddy, ANALISIS SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cet. 24 (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2018)
Sari, Dian Purnama , Analisis Strategi Penghimpunan Zakat Dengan Pendekatan Business Model Canvas,‖ HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam”. Vol 1, no. 1 (2017)
Wibisono, Yusuf, Mengelola Zakat Indonesia (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)
Published
2021-03-28
How to Cite
Istiqomah, & Fauzi, A. (2021). Strategi Fundraising Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(1), 99-124. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1456