Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Bank Muamalat Indonesia

  • Ika Nurfitriani Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: CAR, NPL, LDR, ROA

Abstract

Penilaian tingkat kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah secara konsolidasi mencangkup penilaian terhadap beberapa factor seperti: Profil resiko, Good Corporate Govermance, Rentabilitas dan permodalan. Return On Asset (ROA) adalah salah satu rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan secara keseluruhan, keuntungan yang diperolah perusahaan dapat menutup kemungkinan kerugian didalam kegiatan perkreditan dan perdagangan surat-surat berharga. Penilaian parameter ROA dapat menggunakan beberapa variabel diantaranya CAR, NPL dan LDR. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan rasio keuangan berupa CAR, NPL, dan LDR untuk mengetahui nilai ROA Bank Muamalat Indonesia, lalu dilanjutkan dengan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dapat diketahui bahwa seluruh data yang digunakan pada penelitian ini berdistribusi normal. Sampel yang digunakan adalah laporan keuangan bulanan Bank Muamalat Indonesia periode Januari 2011 hingga Desember 2016, diperoleh sampel 70 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Uji Parsial pada penelitian menunjukkan bahwa CAR dan NPL berpengaruh positif terhadap ROA, sedangkan LDR tidak berpengaruh terhadap ROA dengan taraf signifikansi 0.002 serta prosentasi sebesar 58%.

References

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005.
Irham Fahmi, Pengantar Perbankan Teori dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA, 2014.
Kamsir. Bank dan Lembaga Keuangan Lainya. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada, 2008.
Laporan Tahunan Bank Muamalat Indonesia Tahun 2016.
Lukman Dendawijaya. Manajemen Perbankan; Edisi Revisi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009.
Martono. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Cetakan Keempat Ekosinia, 2010.
Rivai, Andria Permata Veithzal. Credit Management Handbook. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada. 206.
Salinan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/SEOJK 03/2014 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.
Published
2021-03-27
How to Cite
Nurfitriani, I. (2021). Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Bank Muamalat Indonesia. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(1), 50-67. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1453