Analisa Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Kediri

  • Sutantri Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Pengelolaan, Zakat, Badan Zakat

Abstract

Sebagai ibadah amaliyah, zakat mempunyai dimensi dan fungsi sosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah SWT dan juga merupakan perwujudan solidaritas sosial, rasa kemanusiaan dan keadilan. Zakat juga sebagai pembukti persaudaraan muslim sebagai pengikat batin antara yang kaya dengan yang miskin. Serta sebagai jembatan antara yang kuat dengan yang lemah. Zakat hukumnya wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat. Maka harus dihitung dengan seksama zakat yang harus dikeluarkan. Hal ini dapat dibantu oleh BAZNAS maupun LAZ. Peranan zakat sangat penting, untuk itu badan atau lembaga amil zakat harus berhati-hati dalam pengelolaan zakat, karena merupakan amanah dan tanggung jawab besar dari para muzakki. Baznas Kota Kediri merupakan salah satu lembaga pengelola zakat yang mempunyai tugas pokok mengumpulkan, mendistribusikan dan memperdayakan zakat, infaq dan shodaqoh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dengan sifat penelitian adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber primer adalah pengelola zakat di Baznas Kota Kediri. Data sekunder dari dokumen dan buku-buku penunjnag. Analisa yang diterapkan adalah kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, menyimpulkan bahwa pengelola zakat oleh Baznas Kota Kediri sudah efektif, dilihat dari beberapa hal sebagai berikut : 1. Dana zakat yang terkumpul sudah banyak, sehingga penyaluran sudah luas. 2. Pendayagunaan zakat secara produktif sudah diterapkan 3. Amil fokus dalam pengelolaan zakat 4. Sosialisasi yang baik kepada masyarakat.

References

As-sayyid Sabiq, Syaikh. Panduan Zakat. Bogor : Pustaka Ibnu Katsir. 2005.

Beik, I.S., & Mukhlis A.. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat

Kepatuhan Membayar Zakat: Studi Kasus Kabupaten Bogor, Journal al Muzara'ah,(2013) vol 1(1):1-106.

Hafidhuddin. Peran Strategis Organisasi Zakat dalam Menguatkan Zakat di Dunia, Jurnal Al-Infaq, (2011).

Hafidhudin, Didin. Panduan Praktis Tentang ZIS. Jakarta : Gema Ismani. 2008.

Hosen, Ibrahim. Kerangka Landasan Pemikiran Islam. Jakarta : Kelompok Pemikiran Masalah-Masalah Keagamaan Departemen Agama. 2004

Kasri, R.A. . Effectiveness of Zakah Targetting in Allevating Poverty in Indonesia, Jurnal Al Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, (2016).

Kurni, Hikmat dan Ade Hidayat. Panduan Pintar Zakat. Jakarta : Qultum Media. 2008.

Muhtar Sadili, Amru. Problematika Zzakat Kontemporer. Jakarta : Forum Zakat. 2003.

Mahfudz, Sahal. Nuansa Fiqh Sosial. Yogyakarta : Lkis. 2003.

Rasyid, Sulaiman. Fiqh Islam. Bandung : Sinar Baru Algesindo. 2000

Rosyidah, A.T.M.. Implementasi Undang -undang Nomor 23 Tahun 2011 Terhadap Legalitas Pengelolaan Zakat oleh Lembaga Amil Zakat (Studi pada beberapa LAZ di Kota Malang), Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, (2012).

Tunggal Handayani, Putot. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Giri Uatma. 2002.

Zainuddin Abdul Aziz, Syaikh. Fakhul Mu’in. Surabaya : Haromen Jaya. 2002.

Published
2020-03-31
How to Cite
Sutantri. (2020). Analisa Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kota Kediri. Journal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), 105-120. https://doi.org/10.33367/at.v2i1.1134

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.