Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fried Chicken di Rocket Chicken Bandar Kota Kediri

  • Dhea Febriana Elmiliasari Institut Agama Islam Negeri Kediri
Keywords: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Pertumbuhan bisnis makanan dan minuman masih tercatat sebagai bisnis yang mengalami pertumbuhan tinggi di berbagai belahan dunia. Banyak bermunculan outlet yang menawarkan produk makanan dan minuman dalam berbagai bentuk. Hal ini disebabkan makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi semua orang. Salah satunya restoran cepat saji Rocket Chicken. Pemberian harga dan kualitas produk yang baik pada pembeli akan mempengaruhi pembeli dalam melakukan keputusan pembelian. Apabila harga dan kualitas produk yang diterima sesuai dengan yang  diharapkan, maka harga dan kualitas produk dipersepsikan baik dan memuaskan. Pembeli yang merasa puas akan harga dan kualitas produk maka akan melakukan pembelian ulang terhadap suatu produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada responden dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen fried chicken di Rocket Chicken. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 7,156 + 0,262X1 + 0,616X2. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa harga cukup berpengaruh terhadap keputusan pembelian fried chicken sebesar 0,431 atau 43,1%. Dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian fried chicken sebesar 0,760 atau 76,0%. Secara simultan harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian fried chicken sebesar 0,665 atau 66,5% sedangkan 33,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini seperti lokasi dan promosi yang juga memegang peranan penting dalam keputusan pembelian selain harga dan kualitas produk .

References

Abd Karim Basir, Agus Achmad Suhendra, Sari Wulandari, “Analisis Kebutuhan Produk Keripik Kentang Usaha Kecil Menengah Cumelly Menggunakan Integrasi Food Quality Dan Model Kano”, E-Proceeding Of Enggineering : Volume 2, Nomor 3 Issn : 2355-9365,(Desember 2015),7501-7502.

Ghanimata dan Kamal (2012), Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian, Diponegoro Journal Of Management Vol I No 2.

http://rocketchickenindonesia.com/ diakses pada tanggal 10 september 2018

Kotler Dan Amstrong. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ke 9 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia. 2003.

__________________, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Terj Imam Nurmawan, Jakarta Erlangga, 2001.

__________________, Prisip – Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12, Jakarta:Erlangga,2008.

__________________, Bauran Pemasaran Edisi 4. Jakarta: PT. Penhalindo. 2010.

Leon, Schiffman dan Kanuk Leslie Lazar, Perilaku Konsumen Edisi 7.

Manampiring, Andrew F. dan Irfan Trang. “Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian Mobil di PT. Astral Internasional Tbk Malalayang”. Jurnal EMBA. Vol. 4. No. 1. 2016.

Mandasari, Vina (2011), Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining : Studi Kasus xyz. Jurnal generic vol 6 no 1.

Nisak, Cholifatun, Pengaruh Harga, Keberagaman Model Produk, Kualitas Informasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Toko Tas Online Sabila Store, Jurnal Universitas Diponegoro.

Sujarwendi, Wiratman. Belajar Mudah SPSS Untuk Penelitian Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Ardana Media. 2008.

Supangat, Aditya Hangga. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 6 No 9. 2017.

Walker, Boyd I, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Ahli Bahasa Oleh Imam Nurmawan, Jakarta:Erlangga, 1997.

Published
2020-03-31
How to Cite
Elmiliasari, D. F. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fried Chicken di Rocket Chicken Bandar Kota Kediri. Journal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(1), 66-83. https://doi.org/10.33367/at.v2i1.1128

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.