Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri

  • Silvia Rahmawati Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Sutantri Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Analisis SWOT, Daya Saing

Abstract

Abstrak

Analisis SWOT merupakan suatu indifikasi dari berbagai faktor secara teratur dan logis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats). Daya saing merupakan suatu kemampuan perusahaan terhadap keunggulan yang telah diciptakan. Untuk penelitian ini Pendekatan yang di gunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi dan Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan dan triagulasi. Dari hasil penelitian: 1) kondisi daya saing usaha grosir dan eceran toko surabaya ampel kota kediri berpotensi kuat untuk meningkatkan daya saing dengan faktor kekuatan yang dimiliki dan berpengaruh pada daya saing yakni tidak memiliki masalah permodalan, produk bermutu, lokasi strategis, harga terjangkau, dan melayani dengan ramah. 2) bahwa Usaha Grosir Dan Eceran Toko Surabaya Ampel berada pada kuadran 1, yaitu mendukung strategi yang agresif. Strategi yang dapat ditempuh ialah Mempertahankan pelayanan yang baik untuk pelanggan dan Meningkatkan kualitas produk serta menambah jumlah varian produk dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: CV. Penerbit diponegoro, 2012.

Cravens, David W., Pemasaran Strategis, Jakarta: Edisi Ke Empat, Jilid 2, Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama, 1998.

Diyanti, Yulihar, Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Usaha Tahu Di Desa Hajoran Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, 2018.

Elyarni, Reca dan Hermanto, Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP, Jurnal Metris, 17 Oktober 2016.

Firdaus, Muhammad, Dasar dan Strategi Pemasaran Syariah, Jakarta: Renaisan, 2005.

Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung. Manajemen Syariah dalam Praktek. Jakarta: Gema Press 2003.

Hakim, Abdul Halim, Analisis SWOT Dalam Kehidupan, disiarkan dari ceramah jumat, 15 Januari 2010. Di unduh pada tanggal 30 april 2019 pukul 23.10 WIB. http://salmanitb.com/2010/01/18/analisis-swot-dalam-kehidupan/

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo, 2001.

Kuncoro, Mudrajad. ‚Ekonomika Industri Indonesia : Menuju Negara Industri Baru 2030?, Yogjakarta: Penerbit Andi, 2007.

Musa, Husbeis dan Mukhamad Najib, Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi, Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia, 2014.

Muslich. Etika Bisnis Islami: Landasan Filosofis, Normatif, dan Substansi Implementatif. Yogyakarta: Ekonisia, 2004.

Porter, Michael E., Keunggulan Bersaing Menciptakan Dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Jakarta: Bina Rupa Aksara, 1994.

Siagian, Sondang P., Manajemen Strategik, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2000.

Solihin, Ismail, Manajemen Strategik, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2012.

Srinadi, Ni Luh Putri, Analisis SWOT Sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus: Usaha Jasa Dekorasi X), Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016 SENTIKA 2016, Yogyakarta 2016.

Suryatama, Erwin dan Adi Pamungkas, Lebih Memahami Analisis SWOT Dalam Bisnis, Surabaya: Ditjen Peternakan, 2014.

Syafaruddin, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Medan: Perdana Publishing, 2012.

Yusanto, Muhammad Ismail & Muhammad Karebet Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
Published
2019-09-23
How to Cite
Rahmawati, S., & Sutantri. (2019). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri. Journal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 90-117. https://doi.org/10.33367/at.v1i2.1061