Manajemen Radio Suara Muslim Surabaya
Manajemen Media Islam atau Islami
Abstract
Indonesia dengan penduduknya yang mayoritas muslim merupakan sasaran yang tepat ketika membangun sebuah industri media Islam atau membangun industri media dalam sudut pandang religius, salah satu radio Islam di Indonesia ialah Radio Suara Muslim yang terletak di Surabaya namun dengan namanya yang berlogokan Islam apakah stasiun radio dengan konteks islam selalu dalam manajemen Islam ataukah konteks Islam dalam berdirinya sebuah stasiun radio hanyalah menjadi sebuah konsumsi simbol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen dalam Radio Suara Muslim Surabaya merupakan manajemen media Islam atau Islami. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling karena tidak semua sampel memiliki kriteria yang sesuai dengan fenomena yang diteliti. Didapatkan hasil penelitian bahwa manajemen Radio Suara Muslim Surabaya hampir mendekati dengan manajemen Islam yang Islami dengan disandarkan pada tiga syarat media Islam menurut Satrio Arismunandar dintaranya 1) Media Islam harus dimiliki oleh orang Islam, 2) Media Islam sedikit banyak harus mengemban misi dakwah dan menyebarkan nilai-nilai ajaran Islam, 3) Media Islam harus menerapkan aturan, etika, dan nilai-nilai ajaran Islam dalam menjalankan bisnis perusahaan media dan aktivitas keredaksian (editorial) dan Radio Suara Muslim Surabaya memberlakukan kebijakan standart minimal 7 amalan harian.
References
Al-Buraey, A.Muhammad. 1986. Islam LandasanAlternatif Administratif Pembangunan. Jakarta : CV Rajawali
Arismunandar, Satrio. 2018. Media Islam, Media Islami, dan Perbedaannya dengan Media Lain
Effendi, Onong Uchjana. 1986 Human Relation dan Public Relation dalam Manajemen. Bandung : Alumni
Julitriarsa, Djati dan John Suprihanto. 1998. Manajemen Umum Sebuah Pengantar. Yogyakarta: BPFE
Maarif, Zainul. 2018. Islam dan Islami dalam Syiar Nusantara. dalam Kompasiana.com
Muhammad. 2005. Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Ekonisia
Romli, Asep Syamsul dan M. 2009. Dasar-Dasar Siaran Radio. Bandung: Nuansa
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
Sudibyo, Agus. 2004. Ekonomi Politik Media Penyiaran. Yogyakarta:LkiS
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet
Terry, George R. 1991. Prinsip Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Widjaja, HA. 2000. Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rineka Cipta
Winardi. 1986. Asas-asas Manajemen. Bandung: Alumni
Yanuar Nugroho, Shita Laksmi. Jurnal Lanskap Industri Media di Indonesia
Zainarti. 2014. Jurnal Iqra’ Volume 08 No.01: Manajemen Islami Perspektif Al-Qur’an