Pengorganisasian Industri Media Islam

Regenerasi Industri Media Islam Menjadi Industri Media Syariah

  • Ellyda Retpitasari IAI Tribakti Kediri
Keywords: Pengorganisasian Industri, Media Islam, Regenerasi Industri Media Islam, Industri Media Syariah

Abstract

Tulisan ini membahas keberadaan media, khususnya media Islam sebagai media dakwah dan informasi bagi masyarakat Muslim di Indonesia. Berangkat dari fenomena empirik saat ini, masyarakat Indonesia dengan mayoritas muslim lebih memilih mengonsumsi media konvensional dibandingkan di media Islam. tulisan ini mengkritisi keberadaan media Islam yang seharusnya menjadi diversity of content, namun justru menjurus kepada content terkait radikalisme dan kurangnya manajemen yang baik. Tulisan ini menawarkan sebuah konsep baru dari industri media Islam dengan nama dan konsep yang berbeda yakni media syariah.  Media syariah dikonsepkan menjadi agen perubahan sosial melalui media, sehingga produk media tidak hanya berhenti di content, namun memberikan efek terhadap perubahan perilaku masyarakat (behavior) dan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan nilai-nilai keislaman dalam pengelolaan dan konten.

References

Iim Rohimah , Etika dan Kode Etik Jurnalistik Dalam Media Online, KOMUNIKA, Vol 11, No 2 Juli- Desember 2017

Yanuar Nugroho, Dinita Adriani Putri, Shita Laksmi,Memetakan Lanskap Industri Media Kontemporer di Indonesia. Jakarta: Centre for Innovation Policy and Governance, 2013

Shabri Abd. Majid, Regulasi Perbankan Syariah: Studi Komparatif Antara Malaysia dan Indonesia, Universitas Syiah Kuala, Jurnal Media Syariah, Vol XVI No 1 Juni 2014

Mochtar Efendi, Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam, (Jakarta: Bharatara Karya aksara, 1986)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002), hal 708

Saefrudin, Pengorganisasian Dalam Manajemen. Jurnal Al Hikmah Vol 5 No 2 Oktober 2017

Published
2019-08-07
How to Cite
Retpitasari, E. (2019). Pengorganisasian Industri Media Islam: Regenerasi Industri Media Islam Menjadi Industri Media Syariah. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 2(1), 31-43. Retrieved from https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/kopis/article/view/1051

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.