Petunjuk Penyerahan Naskah

Author Guidelines/Juknis Penulisan

Penulisan artikel untuk Jurnal Mahasiswa Tribakti (JM-T) Institut Agama Islam Tribakti Kediri berpedoman pada Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah yang diterbitkan Oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIT Kediri dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Penulisan Artikel

  • Artikel karya ilmiah ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1,5 (satu koma lima dengan ukuran kertas A4 dan margin 2,5 cm (baik atas, bawah, kanan, maupun kiri)
  • Panjang keseluruhan artikel (termasuk sitasi dan blibiografi) tidak kurang dari 3.000 kata dan tidak lebih dari 6.000 kata.
  • Artikel karya ilmiah dimaksud memuat bagian bagian :
  1. Judul ; ditulis dengan singkat dengan huruf kapital yang fokus pada topik penelitian; serta tidak lebih dari 15 kata, judul artikel tidak harus sama persis dengan judul skripsi.
  2. Nama penulis; ditulis tanpa gelar akademik, penulis utama adalah mahasiswa dengan dosen  pembimbing  sebagai anggota dan di bawah masing-masing nama di cantumkan afiliasi serta alamat korespondensi ( alamat surel/email atau nomor telpon);
  3. Abstrak; ditulis dalam bahasa inggris dan tidak melebihi dari 150 kata.
  4. Kata kunci; membuat kata kata utama 3 sampai 5 kata, kata utama dalam penelitian;
  5. Pendahuluan; memuat hal hala yang melatarbelakangi penelitian, tinjauan teori, permasalahan penelitian serta tujuan penelitin;
  6. Metoda Penelitian; memuat metode penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data dalam rangka mencapai tujuan penelitian yang telah dirumuskan;
  7. Hasil dan Pembahasan; membuat hasil dan data yang didapatkan dalam peneliitian yang ditampilkan dalam bentuk deskripsi kalimat dan/atau table dan atau gambar, serta pembahasan mengenai hasil yang ditemukan dalam hasil penelitian;
  8. Kesimpulan dan Saran; memuat simpulan dari tujuan yang ingin dicapai, saran lanjutan yang dapat ditindaklanjuti; dan
  9. Daftar Pustaka; memuat daftar bahan bacaaan yang dirujuk dalam mendukung penelitian.

B. Prosedur Penerbitan Artikel

  • Mahasiswa menyiapkan draft artikel karya ilmiah sesuai format yang telah ditetapkan.
  • Draft artikel karya ilmiah mahasiswa direview oleh Dosen Pembimbing Skripsi mahasiswa yang bersangkutan.
  • Draft artikel karya ilmiah mahasiswa diserahkan bersamaan dengan draft laporan hasil penelitian/ skripsi kepada Pembimbing Skripsi untuk dikoreksi.
  • Dosen pembimbing skripsi memprioritaskan mengoreksi draft Artikel Karya Ilmiah mahasiswa dan mengarahkan sesuai dengan format yang ditetapkan.
  • Artikel karya ilmiah mahasiswa yang telah direview dan disetujui oleh Dosen Pembimbing dibuktikan dengan lembaran persetujuan pembimbing (lampiran II).
  • Mahasiswa menyerahkan soft copy artikel karya ilmiah dalam format mswords beserta bukti pesetujuan dari Dosen Pembimbing kepada masing-masing kaprodi untuk diperiksa.
  • soft copy artikel karya ilmiah yang telah diterima dan diperiksa oleh kaprodi diserahkan kepada editorial office untuk diunggah ke laman Jurnal Online Mahasiswa.
  • P3M selaku managing editor bertugas menyortir dan layout artikel yang telah diunggah dan kemudian mempublikasikannya sesuai dengan issu.
  • Hanya 15-20 artikel terbaik dari masing prodi yang akan diterbitkan dalam jurnal ini, sementara sisanya akan diternitkan dalam bentuk prosiding.