Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk

  • Nur Isna Indah Kurniawati SDN 52 Nganjuk
Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Multikultural

Abstract

Kepala  Madrasah  merupakan pemimpin  professional  di  lembaga  pendidikan yang mempunyai  peran sangat  penting dan sangat strategis dalam mewujudkan suatu tujuan ,  mengingat  posisinya  yang secara struktural sebagai  pimpinan  legal  formal  memiliki  kekuasaan  penuh  pada  lembaga  yang dipimpinnya.   Kepala  madrasah  merupakan  pimpinan  tertinggi  dalam  lembaga pendidikan . Gaya kepemimpinan kepala madrasah sangatlah mempengaruhi terwujudnya madrasah yang memenghasilkan manusia manusia yang bertakwa, berbudi pekerti luhur, dan manusia yang menguasai teknologi informasi.  Atas  dasar  itu,  penelitian  ini  difokuskan  pada gaya  Kepemimpinan  kepala madrasah tsanawiyah Al-Huda Mojoduwur Ngetos Nganjuk. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. (2) Mendeskripsikan Strategi yang Digunakan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk.(3) Mendeskripsikan Interaksi Sosial kepala Madrasah dengan Seluruh Warga Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala madrasah tsanawiyah Al-Huda adalah Demokrasi. (2) Strategi yang Digunakan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk yaitu niat (perencanaan), kemitraan (andil), dan evaluasi. (3) Kepala madrasah menjalin interaksi sosial secara horizontal dengan guru dan karyawan madrasah tsanawiyah Al-Huda Ngetos Nganjuk dan menjalin interaksi sosial secara vertikal dengan siswa siswi madrasah tsanawiyah Al-Huda Ngetos Nganjuk

References

Arifin, Zaenal. (2016). Efektifitas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 40 ~ 64. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.258

Asmani, J.M. (2012) Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Diva Press,

Burhanuddin, 2013. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,.

Danim, S. (2010), Visi Baru Manajemen Sekolah,PT Bumi Aksara, Jakarta.

Dwiyanto, A. (2010) Reformasi Birokrasi, kepemimpinan dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Emzir. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ghozali, et.al. 2011. Administrasi Sekolah, Cahaya Budi, Jakarta.

Gunawan, I. (2015) Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Bumi Aksara,Jakarta.

Hendiyat Soetopo dan Wasty Suemanto (2011), Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Bina Aksara, Bandung.

Hidayah, N. (2016) Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah DalamMeningkatkan Mutu Pendidikan. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Kaloh, J. (2010) Kepemimpinan Kepala Daerah. Sinar Grafika, jakarta.

Mardalis. (2014) Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara,Jakarta.

Muhaimin (2010) Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah/Madrasah. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Mulyadi (2010) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. UIN Maliki Press , Malang.

Mulyasa, H.E. (2011) Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, H.E. (2012) Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta.

Nawawi, H. 2011. Administrasi Pandidikan, CV Haji Masagung, Jakarta.

Noor, I.(2011) Manajemen Kepemimpinan Muhammad SAW: Mencontoh Teladan Kepemimpinan Rasul untuk Kesempurnaan Manajemen Modern. Mizan, Bandung.

Putra, N. (2013) Metode Penelitian Kualitatif Manajemen, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Qomar,M. (2012), Manajemen Pendidikan Islam, Erlangga, Malang.

Raihani (2010) Kepemimpinan Sekolah Transformatif. LkiS, Yogyakarta.

Sardiman AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Shulhan, M. (2010), Administrasi Pendidikan, PT Bina Ilmu, Jakarta.

Soim (2011), Profes ikeguruan, Lembaga Studi Cinta Ilmu (eLScI), Jakarta.

Sondang, S. 2011. Teori dan Praktek Kepemimpinan, Renika Cipta, Jakarta.

Suprayogo, I. (2011) Menuju Indonesia Baru. UIN Maliki Press, Malang.

Susilo, S. (2013) Dasar-Dasar Psikologi Sosial. Jenggala Pustaka Utama.Tathagati, A.(2016) Orang Kreatif Memimpin Dunia. , Jakarta: Progressio.

Sutisna, O. (2011), Administrasi Pendidikan, Bandung: Angkasa.

Wahid, S. (2011). Berguru Pada Realitas. , Malang: UIN Maliki Press.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Madrasah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Parsada.

Published
2018-08-01
How to Cite
Kurniawati, N. I. I. (2018). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 261-276. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.717