Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berwawasan Multikultural Di MTs Negeri 1 kediri

  • Bagus Fatoni Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasajana IAI Tribakti Kediri
  • Moh. Turmudi Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Berbasis Multikultural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (menjelaskan) manajemen pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di MTs Negeri 1 Kediri, meliputi nilai-nilai kultural yang dikembangkan, manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dalam kehidupan sehari-hari dan dampaknya terhadap minat peserta didik untuk belajar di MTs Negeri 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil  penelitian ini menunjukkan 1) Perencanaan pembelajaran menekankan integrasi nilai-nilai multikultural; jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial termuat dalam Recana Program Pembelajaran (RPP) maupun dalam silabus; 2) pelaksanaan pembelajaran menerapkan nilai-nilai multikultural dalam perencanaan, namun yang paling menonjol adalah nilai kebersamaan dan saling menghargai tanpa mencari perbedaan; 3) Evaluasi hasil pembelajaran menggunakan model evaluasi dengan memperhatikan tiga ranah yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif, dan yang lebih ditekankan dalam pendidikan agama Islam adalah ranah afektif.

References

Abdul Rahman Shaleh, 2000, Pendidikan Agama dan Keagamaan, Visi, Misi dan Aksi, Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa.
Abd Rachman Assegaf, 2009, Kata Pengantar dalam Syamsul Kurniawan, Pendidikan Dimata Soekarno; Modernisasi Pendidikan Dalam Pemikiran Soekarno, Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Abdul Majid dan Dian Andayani, 2005, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi; Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya
Abu Ahmadi & Noor Salimi, 2004, Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Ahmadi, 2005, Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme, Teosentris, Yoyakarta: Pustaka Pelajar
Ainul Yaqin, 2005, Pendidikan Multikultur; Cross-Kultur Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan,Yogyakarta: Pilar Media
Andre Ata Ujan, dkk, 2009, Multikulturalisme Belajar Hidup Dalam Perbedaan, Jakarta Barat: PT. Indeks
Al-Quran dan Terjemahannya. 1990. Semarang: Menara Kudus
Choirul Mahfud, 2010, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Darwin Syah, 2007, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Gaung Persada
Deddy Mulyana, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Siswa Rosdakarya
Farida Hanum, Sisca Rahmadonna, 2009, Implementasi Model Pembelajaran Multikultural di Sekolah Dasar di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta: Stranas
Jauhar Fuad, Perguruan Tinggi Dan Pendidikan Multikultural, Jurnal Pemikiran Keislaman 22, no. 2 (March 3, 2013), http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/88
Hartono, Bagaimana Menulis Tesis Yang Baik, Malang: UMM Press
Imam Machali Mustofa, 2004, Pendiidkan Islam dan Tantangan Globalisasi; Buah Pikiran Seputar Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Yogyakarta: Ar Ruz Media
Lexy J. Moeloeng, 2006, Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Lina Setyana, 2011, Implementasi Konteks Multikultural dalam Pembelajaran Bahasa Indonesisa Melalui Hidden Kurikulum. http://cintabasindo. blogspot.co.id
Melayu S.P Hasibuan, 2007, Manakemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam : Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Muhaimin, 2003, Arah Pengembangan Pendidikan Islam ; Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, hingga Redefinisi Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Bandung: Nuansa
Nurani Soyomukti, 2010, Teori-teori Pendidikan; Tradisional , (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kuantitatif, Kualiatatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 1996, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Solo : Rineka Cipta
Sumadi Suryabrata, 1992, Metodologi Penelitian, Jakarta, Rajawali Press
Sunarto (Dosen PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung) , Sistem Pembelajaran PAI Berwawasan Multikultural
Tilaar, 2004, Multikulturalisme, Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pemdidikan Nasional, Jakarta: Grasindo
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winamo Surakhmad, 1990, Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik, Bandung: Penerbit Tarsio
Zakiah Daradjat, et.al. 1995, Metodik Khusus Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Published
2018-08-01
How to Cite
Fatoni, B., & Turmudi, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Berwawasan Multikultural Di MTs Negeri 1 kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 251-260. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.716

Most read articles by the same author(s)