Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Di SDI Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk

  • Anwar Anwar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 3) Tanjunganom Nganjuk
Keywords: Model Pembelajatan Terpadu,, SDI Darush Sholihin Nganjuk

Abstract

Peneliti ini dibingkai dalam topik besar program implementasi model pembelajaran terpadu yang difokuskan agar dapat meningkatkan keefektifan peserta didik di SDI Darush Sholihin Nganjuk. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini meliputi pertanyaan: 1). Bagaimanakah implementasi model  pembelajaran terpadu di SDI Darush Sholihin Nganjuk. 2). Bagaimana implementasi model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran di SDI Darush Sholihin Nganjuk. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu;  Pengamatan terlibat (participant observation), Wawan cara mendalam (indepth interview)  dan Dokumentasi. Data yang terkumpul setelah data dikumpulkan, lalu pengkodean kemudian diolah dan disajikan serta dibahas lalu dikumpulkan. Penelitian ini berhasil memperoleh temuan sesuai pertanyaan permasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Pembelajaran terpadu di SDI Darush Sholihin menggunakan beberapa macam model yang digunakan berdasarkan pola pengintegrasian materi atau tema. Berdasarkan pola tersebut, terdapat sepuluh model pembelajaran terpadu yang dipakai SDI Darush Sholihin yaitu: (1) terpisah ( fragmented ), (2) terhubung (connected), (3) tersarang (nested), (4) terurut (sequenced), (5) terbagi (shared), (6) terjaring (webbed), (7) terikat (threaded), (8) terpadu (integrated), (9) terbenam (immersed), (10) jaringan (networked), Adapun bentuk atau model pembelajaran terpadu yang dirancang di SDI Darush Sholihin adalah bentuk tematik (terjala/webbed) untuk kelas bawah (1-3). 2) Keefektifan pembelajaran terpadu tercermin dari bermaknanya pembelajaran. Pembelajaran yang bermakna menghasilkan siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar yang menyenangkan, sehingga terjadi komunikasi dua arah guru dan murid. Pembelajaran yang menyenangkan jika guru kreatif dan terdapat variasi cara belajar sehingga menghasilkan prestasi belajar yang baik

References

Dedi, M. (2012), Bermutu Pendidikan dan Berdaya Saing. PT remaja rosdakarya, Bandung.
Departemen Pendidikan Nasional. (2010) Pembelajaran Terpadu D-II PGSD
Dick, Walter, Lou Carey, & James O. Carey. (2011) The Systematic Design of
Dimyathi, M. S. (2017) http://www.republika.co.id /cetak_detail.asp? id=82163& katid=3.Diakses tanggal 25 Maret 2017.
Dimyati dan Mudjiono. (2012) Belajar dan Pembelajaran. PT Asdi Mahasatya, Jakarta.
Djamarah, S. B dan Zain, A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Emzir. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Raja Grafindo
Emzir. (2012), Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data,Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Fogarty, Robin. (2011) The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Skylight Publishing Inc, Palatine.
Frazee, B. M. & R. A. Rudmitski. (2012) Integrating Teaching Methods. Delmar Publishers, Washington.
Gillian, C and Dixon, H. (2011) Integrated Learning: Planned Curriculum Units
Gunawan, I. (2015) Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik, Bumi
Gunawan,I. (2015), Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik, Bumi Aksara, Jakarta.
Hamalik, O. (2010) Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.
Hartono. (2011) Pendidikan Integratif. Stain Press, Purwokerto.
Huda, M. (2013) Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Instruction (5th ed). Addison-Wesley Educational Publishers Inc, New Jakarta.
Kozma, Robert B., Laowren W. Belle, and George W.Williams. (2012) Instructional Techniques in Higher Education. Educational Technology Publ, Englewood Cliffs.
Majid, A. (2012) Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rosda.
Mardalis. (2014), Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara, Jakarta.
Mathews, Barbara dan Pauline Cleary. (2011) The Integrated Curriculum in Use. Ashton Scholastic, New York.
Mayer, Richard E. (2012) Designing Instruction for Constructivist Learningdalam Reigeluth, Charles M. Instructional Design Theories and Model Volume II: A New Paradigm of Instructional Theory. Lawrence Erlbaum Associates, Publ. Mahwah
Morisson, Gary R., Steven M. Ross, and Jerrold E. Kemp. (2010) DesigningEffective Instruction (3th ed). John Wiley & Sons, Inc, New York Persada, Jakarta.
Prabowo. (2011) Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium III. Makalah. Disampaikan pada Seminar dan Lokakarya Jurusan Fisika FMIPA Unesa Bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia (HFI) dengan Tema Optimalisasi Peranan Fisika Menghadapi Perkembangan IPTEK Milenium IIII pada tanggal 10 Pebruari 2011.
Pusat Kurikulum. (2010) Model Kurikulum Inovatif Pendidikan Dasar. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Putra, N. (2013), Metode Penelitian Kualitatif Manajemen, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Reigeluth, Charles M. (2011) What is Instructional-Design Theory and How Is It Changing? dalam Reigeluth, Charles M. Instructional Design Theories and Model Volume II: A New Paradigm of Instructional Theory. (p.5-29) Lawrence Erlbaum Associates, Publ. Mahwah. S-2 Pendidikan Dasar. Depdiknas, Jakarta.
Semiawan, Conny, R. 2011. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Indeks. Jakarta.
Soetarno Joyoatmojo. 2013. Pembelajaran Efektif: Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Menuju Penyediaan Sumber Daya Insani yang Unggul. Sebelas Maret University Press, Surakarta. Stage 3. Bookshelf Publishing, Gosford.
Subroto, T. H dan Herawati, I. S. (2011) Pembelajaran Terpadu. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.
Sulasmi, S. (20011) Implementasi Model Pembelajaran Terpadu pada Sekolah Inklusi (Tesis). Program Pascasarjana UNS, Surakarta.
Suparman, A. (2011). Desain Instruksional, PAU-PPAI, Universitas Terbuka,
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media, Maguwoharjo.
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara, Jakarta.
Trianto. (2011) Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

Walter, W and Robert, A. (2012). Planning Effective Instruction. Allyn and
Winataputra, U. S. (2011). Model-Model Pembelajaran dalam Toeti Soekamto dan Udin Saripudin Winataputra. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran.PAU-PPAI, UT, Jakarta.
Zamroni. (2013) Pendidikan Populis Berbasis Budaya. Pidato Dies Natalis ke-63 Tahun 2013 FIP UNY.
Published
2018-08-01
How to Cite
Anwar, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Di SDI Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 241-250. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.715