Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring)

Studi Pada Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika di MI Daya Muda Al-Islam Takat Kampungbaru Tanjunganom Nganjuk

  • Nurul Kholisiyah MIN 7 Tanjungtani Prambon Kab. Nganjuk
  • Dianis Izztul Yuanita Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Strategi REACT, Mata Pelajaran Matematika

Abstract

Kemampuan siswa terhadap pelajaran matematika di MI perlu terus ditingkatkan, mengingat perkembangan dunia saat ini menuntut berbagai perhitungan yang lebih rumitid. Tidak terkecuali siswa di Madrasah Ibtidaiyah Daya Muda Al-Islam  Takat Kampungbaru Tanjunganom Nganjuk yang saat ini masih tergolong rendah. Terlihat dari nilai ulangan semester II tahun pelajaran 2015/2016, yaitu: dari 119 siswa hanya 21% yang tuntas belajar secara klasikal (dikatakan tuntas apabila nilainya 75) sedangkan yang tidak tuntas 79%. Mengatasi permasalahan di atas, diperlukan strategi REACT yang menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental.Fakus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT  pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam. (2) Kemampuan apa saja yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam dilakukan dengan 4 proses tahapan, pertama proses relating siswa diberi rumus kemudian mengaitkannya dengan kehidupan nyata, kedua proses experiencing yaitu siswa melakukan eksplorasi rumus dengan pengalaman nyata siswa, ketiga siswa menerapkan pengalaman dalam kehidupan nyata untuk memecahkan soal matematika, keempat proses cooperating siswa bersama dengan kelompoknya melakukan diskusi untuk memecahkan soal bersama-sama, kelima proses tranferring siswa melakukan presentasi dari hasil diskusi bersama kelompoknya setelah memecahkan soal matematika. (2) Kemampuan siswa yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam adalah: pertama  kemampuan relating siswa sudah cukup baik hal ini dibuktikan dengan hasil tes ulangan harian.Kemampuan experiencing dengan 8 indikator sudah mencapai nilai rata-rata yang baik. Kemampuan applying dari 5 indikator,3 aspek kurang baik. Kemampuan cooperating siswa,  6 siswa  dengan 5 indikator sudah menunjukkan nilai rata-rata yang baik, Kemampuan tranferring siswa rata-rata sudah baik, walaupun siswa masih berlum terbiasa mengkomunikasikan hasil diskusi dengan presentasi di depan kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad (2004) Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Ali, Sayuthi. (2002), Metodologi Penelitian Agama. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (1998), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Berns, Robert G. and Erickson, 2001. Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. The Highline Research work. No 5 pp 1-7

Crawford, M. (2001). Teaching Contextually: Research, Rational, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics Science. Tersedia: http://www.cord.org 11 Desember 2015

Dale, Parnell, (2000). Contextual Theacing Work. Increasing Student Achievement Texas. CCI Publishing.

Dalyono, M. (2005) Psikologi Pendidikan, Jakarta: Asdi Mahasatya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Depdiknas

Furchan, Arif . (2000), Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hamalik, Oemar (2008) Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara

Herman, Hudojo, (2005) Pengembangan Kurikulumdan Pembelajaran Matematika, Malang: UNM

http://herupramono-belajarmatematika.blogspot.com/2011/04/konstruktivisme-piaget.html. di akses pada 24 Desember 2015

http://zainurie.wordpress.com/2007/04/13/pembelajaran-matematika-realistik-rme/. di akses pada 24 Desember 2015

Jihat, Asep (2008) Pengembangan Kurikulum matematika, Yogyakarta : Multi pressindo.

Johnson, Elaine B. (2002), Contextual Teaching and Learning. California. Corwin Press

Kokom, Komalasari, (2010). Pembelajaran kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Jakarta Refika Aditama.

Lincoln, YS. and Egon G. Guba, (1995), Naturalistic Inquiry, Hill, Caifornia: Sage Publications.

M. Masykur & Abdul Halim Fathani, (2008) Mathematical Intelligence, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Masnur, Muslich, (2009). Pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual, Jakarta Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J (2012), Metodologi Penelitian Kealitatif Rosdakarya, Bandung.

Nasution, (2005) Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara

Ratna Wilis Dahar. (2010) Teori-teori Belajar. Jakarta: P2LPTK.

Robert, E Slavin.. (2000). Educational Psychology Theory and Practice. United States of America: Allyn & Bacon.

Sanjaya, Wina (2009), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina (2009), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Soejadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Stone, Randi (2007) Cara-cara Terbaik Mengajarkan Matematika. Jakarta: Corwin Press.

Subarinah, Sri. (2006) Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Mataram: Depdiknas.

Wiriaatmaja, Rochiati (2007), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Rosdakarya, Bandung.

Yuli, Esti Widayanti, et. all., (2009), Pembelajaran Matematika MI Edisi Pertama, Surabaya: Aprinta.

Published
2018-08-01
How to Cite
Kholisiyah, N., & Yuanita, D. I. (2018). Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring). Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 195-204. Retrieved from https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/711