Implementasi Permenag Nomor 2 Tahun 2008 Dan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Di MAN Prambon Nganjuk

  • Novita Rahmah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Nganjuk
Keywords: Implementasi Permenag Nomor 2 Tahun 2008, Implementasi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016

Abstract

Implementasi Permenag Nomor 2 Tahun 2008 dan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar  Kompetensi Lulusan perlu dikuatkan dalam pelaksanaan di lapangan karena ditengarai di MAN Prambon muncul permasalahan pedagogik guru yang belum maksimal, sarana dan prasarana pembelajaran yang belum lengkap, input siswa kurang berkualitas, sebagian tamatan SMP kurang mampu mempelajari Mapel Bahasa Arab. Minat, motivasi dan disiplin belajar siswa kurang maksimal, dan belum maksimalnya pos-pos pembiayaan untuk kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler serta pembiayaan kegiatan pengembangan diri karena minimnya sumber pendapatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Bentuk Implementasi Permenag No. 2 Tahun 2008 dan Permendikbud Nomor 20 tahun 2016  tentang Standar Kompetensi Lulusan di MAN Prambon Nganjuk bagi guru PAI dan Bahasa Arab  adalah berikut: a) Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan strategi dan metode mengajar yang sesuai, mengadakan penilaian dan analisis hasil belajar, serta evaluasi, mengadakan program remidi dan pengayaan, b) Pengadaan tes peminatan pada siwa baru untuk penempatan jurusan. 2) Implikasi  Implementasi Permenagsebagai berikut: a) Implikasinya didasarkan pada pada tujuan pendidikan nasional, b) didasarkan pada ruang lingkup standar kompetensi lulusan, c) dilakukan dengan cara mengadakan monitoring dan evaluasi, d) dilaksanakan berdasar kebijakan kepala madrasah, e) dijalankan dengan baik sesuai dengan rencana. 3) Faktor-faktor Pendukung antara lain: a) Kondisi riil standar isi yang bagusdan Respon komite dan siswa sangat baik. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya antara lain: fasilitas untuk memenuhi terlaksnanya kurikulum 13 sangat terbatas.

References

Arikunto, S. (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).
Arikunto,S. Suhardjono, dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Ary, Donald, dkk. Introduction to Research In Education. Penerjemah Arief Furchan, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).
Benny A. Pribadi, , Model Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Dian Rakyat, 2009).
Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Umum, Pedoman Integrasi Life Skills dalam Pembelajaran Madrasan Aliyah, (Jakarta: Depag RI, 2005).
Faisal, Sanafiah. Metodologi Penelitian Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).
Firdaus, dan Hanafi, Penyelenggaraan Wajar Dikdas Sembilan Tahun 2004 2010 (Jakarta: Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI).
Ghozali, A. dan Fuaduddin, Kepemimpinan Kepala Madrasah yang Efektif (Jakarta: Depag RI Balai Diklat Keagamaan Pusdiklat Administrasi, 2005).
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Mengajar (Jakarta: Sinar Baru Algensindo, 2002).
Handoko, Manajemen Edisi II (Yogyakarta: BPFE, 1996).
Kundandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008).
Mappiare, AAT, Dasar-dasar Metodologi Riset Kualitatif, (Malang: Jenggala Pustaka Utama, bersama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2009).
Moleong, LJ., Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).
Mulyana, D., Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya (Bandung: Remaja Rosydakarya, 2001).
Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).
Mulyasa, E., Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Narbuko, C dan Achmadi, A., Metodologi Penelitian (Jakarta: Bumi Aksara, 2002).
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, (Bandung: Tarsito, 1988).
Paraba, H., Wawasan Tugas Tenaga Guru dan Pembina Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Friska Agung Insani, 2000).
Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Jakarta, BNSP, 2005).
Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan (Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi, 2006).
Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Mapel PAI dan Bahasa Arab (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2008).
Riduan, Metode dan Teknik Penyusunan Tesis (Bandung: Alfabeta, 2006).
Riyadi, S., Metodologi Penelitian (Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo, 1997).
Sudjana, Metode Statistika, (Tarsito: Bandung, 2005).
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Alfabeta, 2005).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2008).
Surachmad, Winarno, Dasar dan Tehnik Research (Bandung: Tarsito, 1978).
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian (Jakarta: Rajawali Press, 1990).
Tarsa, HM., Basic Kompetensi Guru (Jakarta: Proyek Pembinaan Calon Tenaga Kependidikan Biro Kepegawaian Setjen Depag RI, 2003).
Tim Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Depag RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003).
Tim Dirjen Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agamar RI, (2010), Modul Pelatihan Penjaminan dan Pengendalian Mutu Pendidikan Madrasah, (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010).
Tim Pembina Mata Kuliah. (2001), Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik (Surabaya: Puslitabmas Universitas Wijaya Putra, 2001).
Tim Penyusun, (2006), Panduan Penulisan dan Penilaian Skripsi. (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2006).
Tarsa, HM. (2003), Basic Kompetensi Guru (Jakarta: Proyek Pembinaan Calon Tenaga Kependidikan Biro Kepegawaian Setjen Depag RI, 2003).
Tim Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, (2011), Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum melalui Bagian Proyek Peningkatan Tenaga Teknis Pendidikan Agama Islam, 2011).
Tim Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Depag RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003).
Tim Dirjen Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agamar RI, (2010), Modul Pelatihan Penjaminan dan Pengendalian Mutu Pendidikan Madrasah, (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010).
Tim Pembina Mata Kuliah.(2001), Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik (Surabaya: Puslitabmas Universitas Wijaya Putra, 2001).
Tim Penyusun, (2006), Panduan Penulisan dan Penilaian Skripsi. (Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2006).
Widuroyekti, Barokah, (2008), Optimalisasi Kinerja Guru dalam Menciptakan Sekolah yang Efektif dalam MPA 259. (Surabaya: Kanwil Depag Jawa Timur, 2008).
Wijayanti, Peningkatan Mutu Pendidikan dalam MPA 250, Juli 2007. (Surabaya: Kanwil Depag Propinsi Jawa Timur).
Zayadi, A. dan Aziz, AA., Desain Pengembangan Madrasah (Jakarta: Depag RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004).
Published
2018-08-01
How to Cite
Rahmah, N. (2018). Implementasi Permenag Nomor 2 Tahun 2008 Dan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Di MAN Prambon Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 183-194. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.710